Potret Baju Adat yang Dipakai Iriana Jokowi, Puan hingga Sri Mulyani dan Retno Marsudi

Puan Maharani Kenakan Pakaian Adat Dayak Iban Hadiri Sidang Tahunan MPR
Sumber :
  • Youtube DPR RI

JAKARTA – Hari ini Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 digelar. Acara yang dimulai sekitar pukul 09.30 WIB ini selalu menjadi perhatian publik. 

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Pasalnya sejumlah pejabat negara selama beberapa tahun belakangan ini terlihat menggunakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia ketika menghadiri acara sidang ini.

Selain Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana Jokowi, Ketua DPR RI dan sejumlah Menteri perempuan seperti Sri Mulyani hingga Retno Marsudi Rini juga tampak mencuri perhatian publik dengan pakaian yang mereka kenakan.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Lantas seperti apa potret mereka? Berikut ini rangkumannya.

1. Iriana Joko Widodo

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Ibu negara RI ini nampak anggun menggunakan kebaya brukat panjang berwarna kuning yang dipadukan dengan kain tenun berwarna senada serta selendang yang diselempangkan di pundak kanannya.

Iriana juga nampak memilih menata rambutnya dengan sanggul, dan selop hitam berhak rendah serta handbag hitam.

2. Wury Ma'ruf Amin

Istri Wapres ini terlihat menggunakan kebaya nasional berwarna  jingga muda dipadukan dengan selendang berwarna senada lengkap dengan pin di yang disematkan dekat dadanya.

Kebaya ini dipadukan Wury dengan kain songket Bali bernuansa gelap. Wury juga memilih menggunakan selop berwarna hitam untuk alas kakinya. Untuk tatanan hijab sendiri cukup simple dengan kerudung model segitiga. 

3. Puan Maharani

Puan Maharani Kenakan Pakaian Adat Dayak Iban Hadiri Sidang Tahunan MPR

Photo :
  • Youtube DPR RI

Ketua DPR RI Puan Maharani diketahui menggunakan pakaian adat Dayak Iban dari Kalimantan Barat. Puan juga terlihat menggunakan aksesoris yang diikatkan di kepalanya, serta gelang yang memiliki motif senada dengan pakaian adat yang dikenakannya.

Pakaian adat yang dikenakan Puan dilengkapi motif ruit besai atau ruit penawan. Motif ini mengandung makna kebesaran, untuk orang orang besar, lambang dari kebesaran dan keperkasaan.

4. Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani memilih untuk menggunakan pakaian cerah serba pink. Dirinya terlihat menggunakan tunik berwarna shooking pink yang dipadukan dengan kain tenun berwarna pink.

Selain itu, Sri Mulyani juga menambahkan aksesoris berupa selendang yang senada dengan rok tenunnya.  Dia juga telihat menyanggul rambutnya.

Untuk aksesoris Sri Mulyani terlihat menenteng tas rotan berwarna coklat dengan bagian penutupnya berwarna pink serta kalung. 

5. Retno Marsudirini

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, terlihat menggunakan pakaian adat dari Toraja, Sulawesi Selatan. Pakaian adat Toraja yang dikenakan Retno ini terdiri dari baju lengan pendek dan rok berwarna merah.

Terdapat pula Kandaure, kalung yang terbuat dari manik-manik untuk melengkapi penampilannya. Dirinya juga terlihat menggunakan ikat kepala yang difungsikan sebagai bando.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya