5 Jenis Bedah Plastik yang Paling Banyak Diminati, Rhinoplasty Hingga Liposuction

Pasien konsultasi ke dokter.
Sumber :
  • The Clinic Beautylosophy.

BANDUNG – Bedah plastik menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik dan memperbaiki penampilan. Kini, tak sedikit orang yang ragu pergi ke klinik-klinik kecantikan untuk melakukan bedah plastik. 

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Dokter bedah plastik, dr. Ade Sari Nauli Sitorus, SpBP-RE dari The Clinic Beautylosophy Bandung, mengungkapkan, ada beberapa prosedur bedah plastik yang paling banyak dicari para pasiennya. Apa saja? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya. 

Menurut wanita yang akrab disapa dokter Ades itu, prosedur bedah plastik pertama yang paling best seller adalah Rhinoplasty. Ini merupakan pembedahan untuk memperbaiki bentuk atau penampilan hidung. 

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

"Namun tidak hanya untuk alasan estetika, rhinoplasty juga dilakukan untuk mengubah bentuk hidung untuk alasan kesehatan, seperti kesulitan bernapas, memperbaiki cacat bawaan pada hidung dan bentuk hidung yang rusak akibat kecelakaan," papar dokter Ades dalam keterangannya, dikutip Senin 14 Agustus 2023. 

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Kemudian, prosedur bedah plastik kedua yang tak kalah diburu adalah breast implant atau implan payudara. Prosedur ini dilakukan untuk mengubah ukuran, bentuk dan kontur payudara seseorang. 

"Yang ketiga adalah facelift, yaitu prosedur bedah yang dapat mengangkat serta mengencangkan jaringan wajah yang mengendur," jelasnya. 

Lalu, kata dokter Ades, prosedur bedah plastik selanjutnya adalah liposuction atau sedot lemak. Ini merupakan prosedur bedah yang dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan. 

"Terakhir, yang juga banyak saya tangani adalah Upper & Lower Blepharoplasty. Yaitu tindakan operasi untuk kelopak mata bagian atas dan bawah," pungkas dokter Ades. 

Dokter Ades sendiri dikenal sebagai dokter bedah plastik yang sudah berkompeten dan berpengalaman. Berpraktik di The Clinic Beautylosophy Bandung, dia merupakan dokter spesialis aesthetic surgeon bersertifikasi di Bandung. Berikut beberapa fakta mengenai dokter Ades. 

- Merupakan alumni Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).
- Tergabung dalam asosiasi Society of Rhinoplasty Surgeon of South Africa (SORSSA).
- Menjadi bagian dalam Rhinoplasty Society of Asia (RSA).
- Tergabung dalam Aesthetic Multispeciality Society.
- Salah satu member aktif Indonesia Association of Plastic Reconstructive and Aesthetic Surgeon (InaPRAS) American Society of Plastic Surgeons (ASPS).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya