17 Desainer Kenamaan Hadirkan Kekayaan Wastra Nusantara dalam Pagelaran Sabang Merauke

Pagelaran Sabang Merauke 2023
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Sebuah kolaborasi apik menghiasi panggung JIExpo Theatre, Kemayoran, Jakarta pada 19 dan 20 Agustus 2023. Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara' menampilkan tak kurang dari 203 penari tradisional dan modern yang menghipnotis penonton dengan keindahan gerak tari.

Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris

Diorganisir oleh iForte dan BCA, pagelaran ini menyajikan ragam koreografi yang mencerminkan kekayaan dan keragaman budaya warisan leluhur bangsa Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Tampil di bawah komando Sandhidea Cahyo Narpati sebagai lead koreografer, pertunjukan ini turut didukung oleh beberapa koreografer berbakat dan seniman tari daerah. Scroll lebih lanjut ya.

Sandhidea Cahyo Narpati mengungkapkan, partisipasi 203 penari kali ini merupakan peningkatan signifikan dari pagelaran sebelumnya yang melibatkan 144 penari. Eksplorasi gerak sesuai dengan tema mengenai pahlawan Nusantara menjadi tantangan tersendiri. Strategi unik diterapkan untuk mengakomodasi 500 adegan dengan memaksimalkan satu penari untuk menampilkan 5 hingga 6 scene.

Hollywood Vintage-Era Vampire, Jadi Inspirasi Desainer Muda Pamer Karya di IFW 2024

Lebih dari sekedar pertunjukan, pagelaran ini juga menjadi representasi penghormatan kepada para pahlawan nusantara. Setiap gerakan, koreografi, dan penyajian panggung disusun dengan cermat untuk menyampaikan pesan dan substansi kepada penonton, mengaitkan benang merah tentang pahlawan Nusantara dengan cara yang indah, dinamis, dan harmonis.

Mengenang Sang Prajurit Tangguh, Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo

Dua jam pertunjukan ini menginterpretasi 31 lagu daerah dan nasional dalam 31 nomor koreografi yang semuanya baru 100%. Seniman tari asal Bali, Gunk Mas, dan penari kawakan, Mugiyono Kasido, merupakan beberapa nama yang ikut serta dalam pagelaran ini. Ada juga penyanyi seperti Mirabeth Sonia yang tak hanya menyanyi tetapi juga menampilkan koreografi silat.

“Pagelaran ini menjadi gambaran kekayaan budaya Indonesia, bahkan beberapa seniman mengatakan bahwa Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ adalah terjemahan dari Pancasila. Saya merasa senang sekaligus bangga bergabung di pertunjukan ini, karena bisa menyebarluaskan kepada masyarakat luas mengenai keberagaman Nusantara dan mengajak mereka untuk lebih mencintai Tanah Air," ujar Mugiyono.

Isyana Sarasvati di Pagelaran Sabang Merauke

Photo :
  • ist

Dalam aspek musikal, kolaborasi antara musisi seperti Dian HP, Avip Priatna, Dunung Basuki, Ammir Gita, dan Meidy Ratnasari berhasil menciptakan 31 aransemen lagu yang menggabungkan orkestra dan choir dari Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers.

Tak berhenti pada musik dan tari, Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara' juga menghadirkan kekayaan wastra Nusantara melalui 17 desainer kenamaan dari Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI). Koleksi wastra ini dipamerkan oleh finalis Miss Mega Bintang Indonesia 2023 dan Miss Grand Indonesia 2023, Ritassya Wellgreat.

Para desainer telah melakukan eksplorasi selama berbulan-bulan terhadap kearifan lokal dan budaya warisan leluhur dari Sabang hingga Merauke. Mereka bekerja sama untuk menciptakan pakaian yang selaras dengan lagu dan menjadi representasi etnik budaya maupun pahlawan nusantara.

Ini adalah pekerjaan besar yang menunjukkan kompleksitas dan keragaman budaya Indonesia. Pameran ini juga menjadi representasi Pancasila dan ajakan untuk lebih mencintai Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya