Cyber Xotic Jadi Tema Jakarta Fashion Trend 2024, Apa Keunikannya?

Jakarta Fashion Trend 2024.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi.

JAKARTA – Acara fashion tahunan, Jakarta Fashion Trend (JFT), kembali digelar di tahun 2024 ini. Pagelaran fashion yang diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter itu berlangsung pada Rabu 24 Januari 2024, di Tananusa, Gedung Sarinah, Jakarta Pusat.

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Saat ditemui, Erika Ardianto selaku Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter menjelaskan bahwa pihaknya membuka kesempatan kepada para desainer untuk bisa ikut ambil bagian mempresentasikan karya yang sesuai dengan tema. Jakarta Fashion Trend 2024 sendiri mengangkat tema Cyber-Xotic. Apa itu? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

"Kami membuka desainer baik dari Jakarta sampai ke luar daerah untuk bisa (ikut), tapi memiliki standar yang kami tentukan. Jadi intinya harus sesuai dengan tema Cyber-Xotic, tapi mungkin dipresentasikan dengan style mereka masing-masing," kata Erika Ardianto di sela-sela acara tersebut.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Photo :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

Berbicara soal tema, Cyber-Xotic sendiri digagas oleh Ichwan Thoha. Tema ini mengusung tampilan berbagai desain busana yang memadukan budaya atau wastra Indonesia dengan pesatnya dunia digital, dalam siluet busana yang ultra modern, out of the box, namun tetap bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari. 

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

“Jakarta Fashion Trend kali ini membawa semangat melintas berbagai sekat, layaknya kecepatan era digital yang membawa banyak perubahan dalam gaya hidup kita, namun tetap harus berpijak pada akar budaya Indonesia.  Sebuah tantangan untuk meramunya dan menghasilkan busana siap pakai yang berselera global," kata Erika Ardianto.

Pada penyelenggaraan di tahun 2024 ini, Jakarta Fashion Trend menampilkan Fashion Parade karya 51 fashion desainer. Terdiri atas 15 fashion desainer konvensional, 8 fashion desainer syar’i, dan 4 fashion desainer kids atau anak. Desainer tersebut berasal dari berbagai kota di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Kediri, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Buton Tengah, dan Surabaya.  

Koleksi busana yang ditampilkan di panggung Jakarta Fashion Trend 2024 memiliki berbagai gaya sesuai tren yang berkembang di Indonesia dan dunia, mulai dari etnik kontemporer, urban wear, party wear, kids wear, modest wear, dan busana muslim syari

"Kita ada booth jadi teman-teman bisa berbelanja, kalau pengunjung dan juga undangan ataupun umum bisa berbelanja, kemudian bisa juga menyaksikan beberapa brand. Mereka presentasi produknya juga," kata Erika Ardianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya