Adikarya Batik Nusantara 2023, Upaya Melestarikan Kekayaan Budaya Bangsa

Ilustrasi pakaian batik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

JAKARTA – Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) Jawa Tengah bekerja sama dengan LimaSatu Kreatif Indonesia sebagai Co-Organizer, berencana untuk merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober dengan mengadakan Adikarya Batik Nusantara 2023 (ABN2023). Acara ini akan diselenggarakan di Kota Solo, sebuah kota yang dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan batik di Indonesia.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Dirancang oleh dua pelopor budaya, Tuty Adib dan Tuty Cholid, ABN2023 bertujuan menjadi sebuah agenda tahunan dalam memperingati Hari Batik Nasional. Scroll lebih lanjut.

"Selain pameran akan berlangsung pagelaran fashion show dari para desainer dan pelaku industri fashion serta talkshow," kata Tuty Adib, salah satu inisiator acara dalam keterangan tertulisnya.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Dengan menggabungkan elemen seni, budaya, dan kreativitas, ABN2023 berkomitmen untuk melestarikan dan memajukan kekayaan budaya bangsa.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Selain pameran batik yang akan berlangsung selama lima hari di Atrium Solo Square mulai dari tanggal 4 hingga 8 Oktober 2023, acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukkan menarik. Di antaranya adalah Fashion Show dari desainer ternama dan model papan atas, serta Talkshow Inspiratif dari para pelaku industri fashion dan UMKM di Indonesia.

Tak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan keunikan Royal Gala Dinner di Taman Pracima Tuin Mangkunegaran pada tanggal 6 Oktober 2023. 

"Acara ini akan menyajikan makanan khas Pracima Tuin Mangkunegaran untuk tamu-tamu VVIP dalam suasana istana yang menawan," kata Tuty Cholid.

Sebagai salah satu puncak acara, Malam Penganugerahan akan digelar untuk menghargai kontribusi dari pelaku industri batik di Indonesia. Beberapa kategori penghargaan meliputi Seniman Batik Muda Berprestasi, Karya Seni Batik Heritage pada Kain, Kayu & Kulit, hingga Tokoh & Maestro Batik. Sementara itu, akan ada pula Fashion Show kolaboratif dengan Bank Indonesia yang berjudul 'Harmonizing Heritage: Unveiling Indonesian Elegance In Muslim & Batik Fashion'.

Poster Acara Batik Nusantara

Photo :
  • ist

"Tema ini dipilih sebagai penghargaan terhadap keberagaman Budaya di Indonesia, menonjolkan persatuan negara melalui mode serta sebagai bukti keanggunan busana Muslim yang tak lekang oleh waktu dan daya pikat Batik yang abadi sehingga dapat menjembatani antar generasi dan budaya," kata Tuty Cholid.

Fashion Show akan dihiasi oleh enam desainer ternama Indonesia, seperti Itang Yunasz, Tuty Adib, Tuty Cholid, Naniek Rachmat, Musa Widyatmojo, dan Deden Siswanto.

"Adikarya Batik Nusantara adalah perayaan budaya Indonesia yang luar biasa dan merupakan kesempatan emas untuk memahami serta merasakan kekayaan warisan Batik Nusantara," tutur Eka Nugraha, perwakilan dari LimaSatu Kreatif Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya