Tren Gaun Pernikahan 2024 dari Warna Mencolok Hingga Bunga-Bunga

Gaun pernikahan karya Hian Tjen.
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

JAKARTA – Pernikahan menjadi momen yang sakral bagi setiap pasangan calon pengantin. Ada banyak hal untuk dipersiapkan oleh pengantin mulai dari tradisi apa yang akan digunakan,  lokasi pernikahan hingga gaun apa yang dikenakan mempelai wanita.

Kemenparekraf Kick Off Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024, Diawali Dua Kota Ini

Berbicara mengenai pemilihan gaun pengantin adalah salah satu aspek paling krusial dalam persiapan pernikahan. Gaun pengantin tidak hanya menjadi simbol penting dalam perayaan tersebut, tetapi juga mencerminkan kepribadian dan gaya pengantin.

Jelang tahun 2024, tren gaun pengantin juga mengalami perubahan. Berkaca pada New York Bridal Fashion Week 2024. Berikut ini beberapa tren gaun pernikahan yang bisa jadi referensi kalian seperti melansir laman Vogue. 

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

1. Floral Appliques

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Salah satu tren yang menonjol adalah penggunaan applique untuk menciptakan momen bunga 3D yang unik. Seperti desain  mawar di bagian dada gaun di Alexandra Grecco dalam ajang fashion show New York Bridal Fashion Week hingga tekstur kelopak bunga berwarna putih dan hijau muda di sepanjang gaun kolom yang menakjubkan dari Monique Lhuillier hingga tambahan organza pada jubah dan jaket yang netral gender, desain ini membuktikan bahwa bunga-bunga bermekaran di dunia dan musim pernikahan mendatang.

2. Structural Shapes

Setelah munculnya siluet gaya slip tahun 90an, para desainer dihadapkan pada sisi maksimalisme mereka. Pilihan gaun musim ini tidak kalah dengan rok gaun pesta megah, ledakan kain tulle dan renda yang tebal, serta aplikasi boning yang menarik untuk menciptakan bentuk yang artistik. 

3. Dramatic Overskirts

Karena banyak pasangan saat ini memilih tampilan kedua (dan ketiga) pada pernikahan mereka. Sejumlah desainer telah menemukan cara untuk memberikan opsi yang memungkinkan pengantin wanita mendapatkan lebih banyak keuntungan. 

Bagi mereka yang menginginkan bentuk dramatis hanya untuk sebagian acara pernikahannya, rok overskirt memberikan fleksibilitas untuk menghilangkan lapisan kain dengan mudah dan memperlihatkan siluet yang lebih pas. Beberapa desainer seperti Enaura mengikuti tren ini dengan memadukan gaun ramping dengan rok luar cantik dengan fulltrain untuk menciptakan kontras bentuk yang elegan.

4. Bold Color

Tahun depan, jangan selalu berharap melihat pengantin berpakaian putih. Warna adalah pemandangan umum pada presentasi musim ini. Warna merah muda dan biru pastel menciptakan sentuhan indah dan unik pada koleksi di Ines Di Santo dan Honor, sementara Galia Lahav dan Nadia Manjarrez menawarkan desain dalam warna hitam untuk pernikahan gotik. Banyaknya mini look di seluruh koleksi juga menawarkan sentuhan warna bagi pasangan yang ingin melupakan tradisi usai upacara.

Berkaitan dengan pernikahan, pameran pernikahan WeddingMarket akan kembali digelar pada  4 hingga 5 November 2023 nanti di The Krakatau Grand Ballroom, Green Terrace, TMII. Acara ini akan  menggandeng lebih dari 100 vendor pernikahan terbaik yang mencakup 15+ kategori berbeda dalam gelaran pameran kali ini.

Para profesional di bidangnya ini akan memamerkan karya-karya terindah yang mereka miliki. Mereka pun akan menampilkan harmonisasi unsur-unsur pada pernikahan nasional dan tradisional dalam kemasan yang unik dan menarik, sesuai dengan konsep acara WeddingMarket Fair ini.

Mulai dari busana pengantin hingga perhiasan, dekorasi, fotografi, catering, dan banyak lagi, dapat ditemukan dalam acara pameran ini. Para calon pengantin pun dapat dengan leluasa berkonsultasi langsung bersama para ahli dan profesional yang siap memberikan saran berharga untuk membantu mereka merencanakan pernikahan impian.

Selain itu, event yang menjadi penutup rangkaian acara pameran WeddingMarket Fair tahun 2023 ini juga akan menghadirkan talk show menarik seputar pernikahan bagi para pengunjung. Tentunya, ada banyak inspirasi pernikahan mengikuti tren terkini yang bisa diperoleh. Tak hanya itu saja, berbagai promo, diskon, hadiah langsung dan grand prize berupa sepeda motor, smartphone, perhiasan berlian, paket honeymoon dan voucher hotel bintang 5 menanti.

“Pameran pernikahan ini sangat bermanfaat bagi calon pengantin yang sedang mencari vendor pernikahan dan inspirasi pernikahan mulai dari busana hingga dekorasi semuanya ada untuk memenuhi kebutuhan para calon pengantin” ujar Andina Julie dalam keterangan resminya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya