10 Produk Lokal Ini Jadi Pilihan Favorit Pecinta Belanja Sepanjang 2023

produk lokal favorit
Sumber :
  • shopee

JAKARTA – Produk lokal Indonesia kini semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat untuk dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan. Meningkatnya minat ini tak terlepas berkat inovasi kreatif dari para brand lokal dan UMKM yang mampu menciptakan beragam produk lokal berkualitas dengan mengangkat potensi budaya dan bahan baku lokal yang dipadukan dengan tren masa kini. 

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Konsisten mewadahi pertumbuhan bisnis pelaku usaha, melalui kampanye 12.12 Birthday Sale yang masih berlangsung hingga 12 Desember, Shopee menyuguhkan berbagai pilihan produk lokal favorit untuk para pengguna dengan segudang penawaran menarik, antara lain Pesta Gratis Ongkir Rp0, Gebyar Promo, dan
Bonus Akhir Tahun 12M.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, “Dengan mutu kualitas yang semakin tinggi, produk lokal telah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam berbagai kebutuhan sehari-hari. Sebagai mitra setia bagi UMKM, kami berkomitmen senantiasa mendampingi perjalanan perkembangan bisnis para pelaku usaha melalui ekosistem terintegrasi yang inovatif dan inklusif. Kami bertekad untuk selalu menciptakan ruang bagi para pelaku usaha lokal agar semakin inovatif dan berdaya demi menghadirkan berbagai
solusi terbaik untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Salah satunya melalui kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini, kami ingin menyajikan lebih banyak produk lokal berkualitas yang dapat dimiliki para pengguna serta penawaran terbaik yang menguntungkan.”

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG


Melihat besarnya minat dan apresiasi masyarakat terhadap produk lokal, di momen spesial kampanye 12.12 Birthday Sale kali ini Shopee membagikan 10 Produk Lokal Favorit Pilihan Sobat Shopee Sepanjang Tahun 2023 mulai dari kategori fesyen, aksesoris, kecantikan, hingga makanan dan jajanan Nusantara:

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

1. Produk Fesyen

Sebagai kebutuhan Sandang, produk fesyen lokal menjadi salah satu kategori produk lokal favorit para pengguna sepanjang tahun ini. Setidaknya terdapat tiga produk fesyen lokal yang paling banyak dicari. Mulai dari Celana Kulot, sebuah setelan pakaian yang dijahit melalui kombinasi sempurna antara gaya trendi dan kenyamanan. 

Produk fesyen lokal berikutnya adalah Rok Batik Lilit, yang menggabungkan keanggunan tradisional dan sentuhan modern. Seiring berkembangnya tren outfit berkain tradisional di kalangan generasi muda, keunikan dan kenyamanan Rok Batik Lilit berhasil menjadi daya tarik para srikandi Indonesia. 

Selain itu, hadir pula produk Hijab Pashmina lokal favorit para perempuan muslimah yang ingin fleksibilitas desainnya memungkinkan mereka untuk mix & match dengan berbagai gaya. Bahan yang lembut dan ringan memberikan kenyamanan sepanjang hari.

2. Produk Aksesoris

produk lokal favorit

Photo :
  • shopee

Sebagai pelengkap gaya fesyen, di kategori aksesoris terdapat dua produk aksesoris lokal yang berhasil menarik perhatian para pengguna Shopee.  Pertama adalah Dompet yang selalu diandalkan menjadi teman setia dalam menyimpan berbagai dokumen dan materi penting dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam saku-saku fungsional yang dibalut dengan desain stylish, dompet dapat memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mencari kepraktisan dalam menjalani rutinitas. 

Produk lokal berikutnya adalah, Sepatu Sneakers karya brand lokal. Lahirnya beragam desain yang inovatif, ditambah dengan bahan berkualitas tinggi, berhasil membuat sepatu sneakers karya brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dalam beraktivitas.

Tren ini turut dirasakan oleh Adhitya Caesarico, selaku Owner Aerostreet, mengatakan “Selama beberapa tahun terakhir, kami melihat meningkatnya tren bangga mengoleksi sepatu sneakers ciptaan brand lokal. Hal ini tentunya tak lepas dari upaya dan strategi brand lokal dalam membangun budaya pop di masyarakat lewat inovasi sepatu sneakers yang semakin trendy mengikuti perkembangan preferensi skena sneakers global." 

"Melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap koleksi sneakers dari Aerostreet pun mendorong kami untuk mulai mengembangkan produk basic apparel yang tentunya juga cocok digunakan oleh para penggemar sneakers Aerostreet. Memang tak dapat dipungkiri, kehadiran rangkaian kampanye dan program dari Shopee berperan signifikan dalam membangun minat dan kecintaan masyarakat terhadap produk-produk lokal karya Aerostreet.”

3. Makanan dan Jajanan Tradisional

Berbicara tentang makanan dan jajanan Nusantara, tahun ini Basreng dan Sambal menjadi bintangnya. Basreng, singkatan dari Bakso Goreng merupakan sebuah olahan kuliner yang menggoda selera dengan kelezatan dan kegurihan rasanya. Sebagai menu kuliner yang sangat familiar di Indonesia hingga dunia dan dibalut dengan selera kekinian, Basreng berhasil menjadi pilihan favorit baru para pecinta kuliner lokal. Selain itu, beragam varian sambal dengan rasa autentik dari berbagai penjuru nusantara turut menjadi pilihan favorit penikmat kuliner di tahun ini. Sebagai warisan rasa Indonesia, sambal memiliki citarasa pedas yang kaya akan kenikmatan rempah-rempah. Kini terdapat banyak sekali UMKM lokal yang mampu mengkreasikan beragam olahan sambal dengan citarasa kuliner khas Nusantara.

4. Produk Kecantikan dan Perawatan Diri

Produk kecantikan dan perawatan diri lokal tak ketinggalan menjadi favorit pengguna Shopee di tahun ini. Dengan kandungan bahan baku alami, melahirkan produk perawatan dan kecantikan dengan kandungan vitamin yang sesuai dengan karakteristik kulit masyarakat Indonesia. Seperti Sunscreen yang menjadi salah satu produk lokal favorit tahun ini, mampu memberikan perlindungan optimal dari sinar matahari di cuaca tropis untuk menjaga kulit dari efek buruk paparan matahari. Kemudian, ada Toner sebagai produk lokal favorit berikutnya yang mampu menjaga kelembaban dan menyegarkan kulit wajah selama seharian. Sementara itu, Lipstik pun turut menjadi pilihan favorit masyarakat berkat keramahan bahan bakunya serta warna-warni lipstik
yang begitu variatif.

Paragon mengatakan "Kecantikan bukan sekedar penampilan, tapi juga perasaan positif yang muncul dari dalam hati, kami sangat bersyukur ketika produk kecantikan dan perawatan dari Wardah dan Make Over berhasil meningkatkan perasaan positif perempuan, sehingga meningkatkan kepercayaan diri untuk terus menebar kebermanfaatan bagi sekitar. Layaknya sebuah perjalanan kecantikan, kami akan terus menciptakan inovasi untuk menghadirkan lebih banyak produk berkualitas yang berasal dari ingredients terbaik, melewati riset, diolah menggunakan advanced technology, dan berkolaborasi dengan mitra terbaik dari hulu ke hilir. Termasuk kolaborasi bersama Shopee, sebagai ecommerce platform terpopuler yang memberikan dukungan
memajukan industri kecantikan dan perawatan diri dalam negeri.”

Dalam mendorong roda perekonomian UMKM di Indonesia, selama beberapa tahun terakhir Shopee telah menciptakan kanal khusus, bernama Shopee Pilih Lokal yang didedikasikan menjadi wadah bagi produk-produk lokal terkurasi untuk meningkatkan jangkauan bisnisnya. Melalui fitur Shopee Pilih Lokal, Shopee berinisiatif untuk memberikan kemudahan dan ruang yang lebih luas bagi pelaku usaha lokal dalam berkarya dan berinovasi. Tak hanya sampai di situ, Shopee juga memperluas kesempatan bagi UMKM untuk semakin berkembang hingga
kancah dunia melalui Program Ekspor Shopee. Melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor, para brand lokal dan UMKM dibimbing untuk memahami tren pasar internasional dan menyelaraskan mutu produk dengan preferensi global.

"Shopee berkomitmen untuk terus menghadirkan lebih banyak inisiatif dan solusi digital terdepan untuk menjadikan UMKM sebagai pilar utama ekonomi Indonesia dengan menghubungkan ragam produk terbaik hasil karya UMKM dengan kebutuhan masyarakat Semoga kampanye 12.12 Birthday Sale kali ini dapat membantu para brand lokal dan UMKM di tanah air dalam mengembangkan kapasitas bisnisnya, sekaligus menciptakan lebih banyak produk lokal berkualitas yang dicintai,” tutup Monica Vionna.

Bagaimana, apakah kamu sudah menemukan produk lokal favoritmu? Mumpung kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale masih berlangsung hingga 12 Desember 2023 mendatang, yuk temukan produk lokal favorit untuk memenuhi berbagai kebutuhanmu sehari-hari sambil menikmati berbagai penawaran menarik, seperti Pesta Gratis Ongkir Rp0, Gebyar Promo, dan Bonus Akhir Tahun 12M. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mendapatkan Flash Sale iPhone 3x Sehari 12rb di momen Shopee Gajian Sale pada 25 November nanti! 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya