Pentingnya Pakai Sunscreen Sejak Usia Remaja, Cegah Penuaan Hingga Kanker Kulit

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.
Sumber :
  • Freepik/freepik

JAKARTA – Indonesia adalah negara tropis yang diberi limpahan sinar matahari sepanjang tahun. Sementara sinar ultraviolet merupakan sinar matahari dengan panjang gelombang 10-400 nm, yang dalam beberapa hal bisa bermanfaat untuk membunuh bakteri dan menyintesis vitamin D. 

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Namun, sinar UV juga dapat merugikan jika kulit manusia terpapar terlalu lama. Terlebih kulit anak dan remaja yang masih rentan mengalami kerusakan akibat sinar UV. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Dokter dari klinik kecantikan MS GLOW, dr Prima Bachrul Alam, menjelaskan, sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan keriput serta flek hitam. Sedangkan sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar. 

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

“Jika kulit sering terkena radiasi kedua sinar tersebut, risiko terkena kanker kulit pun semakin besar. Selain itu, efek paparan sinar UV bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang,” ujar dokter Prima saat hadir di acara Glow to School di SMK Taman Siswa 1 Jakarta.

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Sunscreen ialah produk yang dapat digunakan sebagai penyaring sinar radiasi UVA dan UVB dan baik untuk digunakan secara rutin setiap hari,” sambungnya.

Lebih lanjut dokter Prima menjelaskan, sunscreen dapat melindungi kulit termasuk mencegah kerusakan seperti penuaan dini, munculnya bintik cokelat hingga peningkatan risiko kanker kulit. Selain itu, sunscreen juga bisa menjaga kelembapan dan mencegah kulit kering. 

“Beberapa faktor hendaknya diperhatikan seperti kandungan sun protection factor (SPF) dalam produk sunscreen. SPF lazim tercantum di label kemasan, di mana biasanya SPF 15 hanya bisa menahan 93 persen radiasi sinar UVB selama 2,5 jam di luar ruangan, sedangkan SPF 30 mampu menahan 97 persen radiasi dengan tingkat ketahanan mencapai 5 jam. Sementara SPF 50 mampu menahan sinar UV hingga 8 jam,” bebernya.

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Founder MS GLOW, Shandy Purnamasari, menambahkan, selama ini masih banyak yang salah kaprah antara skincare dan kosmetik. Kerapkali skincare dianggap sebagai hal yang gaya-gayaan, padahal justru fungsinya adalah melindungi kulit dan tubuh dalam jangka panjang.

“Sejak dulu saya sangat concern terhadap perawatan kulit khususnya wajah. Oleh karenanya, saya selalu ingin memberi pengaruh dan juga berbagi pengetahuan bahwa skincare itu penting. Sangat penting bagi generasi muda untuk menyadari betapa pentingnya perawatan kulit agar tetap sehat,” ungkapnya.

Shandy melanjutkan, MS GLOW sendiri memiliki produk sunscreen yang aman dengan manfaat perlindungan yang bisa dipakai di usia remaja bahkan untuk usia anak dan juga ibu hamil atau menyusui, yakni Sunglow dengan SPF 30 PA+++ yang cocok untuk kulit berminyak dan sensitif. Selain itu, Sunwhite dengan SPF 50 PA+++ yang cocok untuk kulit normal atau kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya