Mengenal Motif Tenun Tanimbar Khas Maluku

Busana dari tenun Tanimbar Maluku
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Kain tenun Tanimbar Maluku memang memiliki keindahan dan filosofi yang berbeda dan khas. Tak pelak, tenun ini pun menjadi pilihan desainer lokal sebagai bahan dasar koleksinya.

Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

Kain tenun Tanimbar memiliki motif yang berbeda-beda. Keragaman tenun Tanimbar berkaitan erat dengan adat istiadat, kepercayaan, kebudayaan dan kebiasaan masyarakat setempat.

Berikut ini beberapa aneka motif tenun Tanimbar menurut Elisabeth Werembinan selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Maluku Tenggara Barat kepada VIVA.co.id.

Amanda Eyklima Perkenalkan Kain Tenun Suku Baduy di Mongolia

Motif sair

Motif ini memiliki ciri khas dan bentuk seperti bendera yang melambangkan kemenangan. Filosofi tersebut menggambarkan bahwa Tanimbar selalu berkiprah dan bersemangat dalam menekuni kehidupan.

Mantap, Sarung Tenun Samarinda Dibeli Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma'ruf Amin

Motif tunis

Motif ini memiliki ciri khas berbentuk anak panah tunggal maupun kembar. Filosofi motif ini, yakni seluruh masyarakat Tanimbar selalu berhati-hati dari segala ancaman yang ada.

Motif eman matan lihir

Motif ini menggambarkan peran kaum wanita mengenai tanggung jawabnya. Para kaum Hawa akan menyediakan kebutuhan sandang, papan dan pangannya bagi kebutuhan sehari-hari untuk keluarganya.

Motif matantur

Motif ini memiliki ciri khas berwarna biru yang melambangkan sebuah laut di tanah Tanimbar. Filosofi dari motif ini memiliki potensi sumber daya laut Tanimbar yang luas, indah berlimpah hasilnya.

Motif wulan lihin/wulan sindrak

Motif ini berbentuk seperti bulan sabit yang dibuat atas dasar inspirasi dari suatu peristiwa di alam Tanimbar. Biasanya masyarakat Tanimbar menjadikannya sebagai suatu kesempatan untuk mencari sebuah hasil laut dan berburu di laut.

Motif bunga anggrek

Filosofi dari bunga ini menggambarkan lambang kecantikan, keagungan dan keuletan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya