Kaum Rebahan, Ini 8 Trik Bikin Rumah Bebas Stres Agar Produktif

Ilustrasi stres
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Rumah adalah tempat di mana Anda dapat kembali setelah seharian bekerja untuk beristirahat dan memulihkan diri. Namun, terkadang rumah justru menjadi tempat lain untuk bekerja yang tentu menambah stres dan kelelahan yang mungkin sudah Anda rasakan, dan menguras energi terakhir tubuh. 

11 Orang Ditangkap saat Polisi Gerebek 3 Rumah Mewah di Teluk Naga, Ternyata Markas Judi Online

Ini bahkan lebih mungkin terjadi ketika pandemi, di mana keadaan saat ini membuat banyak dari kita bekerja dan belajar dari rumah. Meskipun itu tidak membuatnya menjadi rumah yang bebas stres, itu juga tidak membuatnya mustahil untuk dibuat menjadi lebih tenang dan nyaman.

Rumah Anda idealnya harus menciptakan suasana yang tenang untuk membantu Anda mengisi ulang dan menghilangkan stres setelah hari Anda. Ini menjadikannya semakin penting untuk menyiapkan lingkungan rumah yang damai untuk secara alami mengatasi sisa ketegangan dan stres dari dunia luar. Berikut adalah cara untuk melakukan hal itu dikutip dari laman lambardo homes.

Detik-detik Menegangkan Pria Ini Selamat dari Tembok Runtuh Akibat Gempa Garut

Tempat favorit bersantai

Salah satu cara untuk menciptakan tempat yang damai di rumah adalah dengan memasukkan unsur-unsur dari tempat relaksasi favorit Anda. Ini tidak hanya harus nyata—mulai dari menata ruangan untuk meniru yang lain, mengecat dinding dengan warna yang sama, atau menempatkan tanaman dan foto dari sana di ruang Anda, Anda dapat membuat versi Anda sendiri dari tempat itu.

Update Dampak Gempa Garut: 131 Rumah Rusak di 50 Desa

Zona bebas gangguan/teknologi

Meskipun tidak ada yang salah dengan bekerja dari rumah atau memeriksa sosial Anda, ada baiknya untuk menahan diri saat Anda tiba di rumah, setidaknya di area tertentu atau pada waktu tertentu. Beberapa contoh akan memberlakukan tidak ada telepon di meja makan atau tidak ada TV di ruang duduk.

Seperti yang ada saat ini, ini bisa lebih sulit dari biasanya bagi banyak orang untuk dilakukan. Bekerja dan/atau belajar dari rumah berarti kita secara inheren membutuhkan teknologi yang hadir pada waktu dan tempat yang tidak tepat.

Namun, masih mungkin untuk memerangi ini dengan menunjuk area dan waktu di mana teknologi tidak diperbolehkan. Bagian dari membangun kedamaian adalah mentalitas Anda—memiliki teknologi yang berhubungan dengan pekerjaan atau sekolah di kamar tidur atau area bermain dapat meningkatkan kecemasan kita bahkan tanpa memasuki ruangan.

Siapkan area meditasi

Ilustrasi meditasi/yoga/latihan pernapasan.

Photo :
  • Pexels/andrea piacquadio

Ini dapat digunakan untuk momen refleksi dan metakognisi, yoga, atau bahkan beberapa aktivitas dan hobi favorit Anda yang menghilangkan stres. Melukis, bermain musik, membuat kerajinan tangan, dan sejenisnya dapat dilakukan di sini di ruang yang dirancang untuk membantu Anda bersantai. Sejalan dengan itu, tahan segala dorongan untuk melakukan aktivitas yang tidak berhubungan atau membuat stres seperti bekerja saat meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu di sini.

Mendengarkan musik

Salah satu aktivitas mendengarkan musik.

Photo :
  • pixabay/Pourquoipas

Meskipun bisa santai untuk beberapa orang, ini bukan tentang mendengarkan band heavy metal favorit Anda dan lebih banyak tentang mendengarkan sesuatu yang akan menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Ini juga bisa berarti suara sekitar seperti ombak atau air terjun.

Memanfaatkan aroma

Aromaterapi adalah cara yang bagus untuk membantu diri Anda merasa lebih nyaman. Gunakan lilin, dupa, atau barang beraroma lainnya untuk menambah ketenangan lingkungan Anda. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda gunakan atau di mana Anda menggunakannya jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anak-anak.

Tempatkan tanaman

Selain menambahkan sentuhan hijau dan menambahkan elemen yang menenangkan, banyak tanaman dapat meningkatkan kualitas dan sirkulasi udara, menjadikannya pasangan yang sempurna untuk rumah yang damai. Perhatikan spesies tanaman jika Anda memiliki hewan peliharaan, dan pastikan mereka tidak dapat diakses.

Memahami pentingnya cahaya alami

Ilustrasi rumah berjendela

Photo :
  • Pixabay

Ini menenangkan dan lebih lembut di mata daripada pencahayaan buatan, dan berubah secara alami seiring berjalannya hari. Jika Anda melakukan sesuatu di komputer atau bagian teknologi lainnya, lihat apakah ada mode malam atau shift malam. Ini meniru cahaya alami yang lebih lembut dan mengurangi tekanan pada mata Anda.

Ciptakan lingkungan tidur yang lebih baik

Jangan bawa pekerjaan Anda ke kamar tidur Anda. Kurangnya batas ini adalah salah satu alasan banyak orang kurang tidur. 

Bicara soal rumah, Rumah123.com luncurkan kampanye #PastiB15a untuk bantu pencari properti temukan hunian impian. Berbekal semangat tersebut, anak perusahaan 99 Group ini juga turut memperkenalkan ‘semangat’ barunya dengan peluncuran tagline dan jingle resmi.

"Purpose kami sejak dulu tidak pernah berubah, yakni menghadirkan pengalaman pencarian hunian paling mudah untuk semua orang. Kami bersyukur dalam perjalanan selama 15 tahun ini, Rumah123.com dapat terus mewujudkan komitmen menjadi perusahaan real estate terkemuka yang terus memberikan manfaat bagi masyarakat dan industri properti Tanah Air,” kata CEO 99 Group Indonesia Wasudewan.

Dalam upaya untuk menjadi lebih dekat konsumen maupun pebisnis properti, Rumah123.com mempersembahkan tagline terbaru, yakni “Jual Beli Properti Jadi Mudah”. Dengan tagline tersebut, perusahaan yang berdiri pada Maret 2007 silam ini ingin memastikan pengalaman terbaik untuk setiap konsumen yang ingin menemukan hunian idaman. 

“Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau banyak orang di luar sana yang berpikir kalau membeli properti itu adalah hal sulit. Mulai dari awal pencarian tipe properti yang diinginkan, mengurus dokumen pembelian, dan lainnya. Masalah inilah yang kemudian ingin kami tawarkan solusinya dengan platform Rumah123.com, beli properti dijamin jadi mudah," tutur Country Manager Rumah123.com, Maria Herawati Manik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya