5 Prediksi Tren Hunian di Tahun 2024, Tradisional hingga Home Office

Ilustrasi rumah/hunian.
Sumber :
  • Freepik/vanitjan

JAKARTA –  Rumah merupakan tempat ternyaman bagi setiap orang untuk beristirahat. Selain itu, rumah juga menjadi tempat memadu kasih sayang antar anggota keluarga. Maka tidak heran setiap kepala keluarga selalu mendambakan hunian yang nyaman untuk ditinggali. 

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ada berbagai aspek untuk bisa menciptakan rumah menjadi nyaman termasuk bagaimana menata rumah tersebut. Sama seperti fashion, setiap tahunnya desain hunian juga memilki tren yang berganti. Berhubung tahun 2024 tinggal tiga bulan lagi. Ada baiknya mulai dari sekarang mempersiapkan ide untuk merombak tatanan rumah. 

Untuk itu berikut ini tren hunian di tahun 2024 yang bisa menjadi referensi kamu seperti melansir laman decorilla.

BTN Cetak Laba Bersih Rp 860 Miliar di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 344,2 Triliun

1. Ramah Lingkungan Menghirup Kesegaran

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Rumah Idaman

Photo :
  • Pixabay/ marcosaasilva

Hidup ramah lingkungan lebih dari sekedar tren ini adalah gaya hidup. Pada tahun 2024, desain interior ramah lingkungan menjadi pusat perhatian, menyelimuti banyak tren lainnya. Elemen biofilik, material ramah lingkungan, dan dinding hidup akan menghadirkan suasana luar ruangan.

Elemen dan desain yang terinspirasi dari alam meningkatkan kesejahteraan, menonjolkan hubungan dengan alam, dan membangkitkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. Merangkul tren ini semudah membiarkan jendela tetap terbuka untuk menikmati pemandangan, termasuk tanaman pot, dan sadar lingkungan dalam pilihan desain Anda.

2. Rumah Pintar

Ilustrasi rumah pintar.

Photo :
  • Istimewa

Teknologi pintar terus merevolusi cara kita hidup. Di tahun mendatang, teknologi akan berintegrasi dengan mulus ke dalam lingkungan kita, sehingga semakin meningkatkan kenyamanan dan kemudahan. Mulai dari tren desain pencahayaan yang diaktifkan dengan suara dan kaca pintar hingga pengelolaan rumah berbasis AI, inovasi-inovasi ini menjadikan kehidupan sehari-hari lebih mudah, efisien, dan sangat keren.

3. Ubin Unik

ilustrasi Lantai kayu dan kerja di rumah

Photo :
  • Pixabay/ Life-Of-Pix

Ubin tampil menonjol pada tahun 2024. Ubin berukuran besar dan berskala besar dengan kualitas sentuhan tinggi dan dekorasi unik buatan tangan, seperti ubin Zellige dinilai kan jadi tren di tahun mendatang. Pola dramatis, komposisi baru, dan tata letak tak terduga akan menambah kesan keagungan dan kepribadian pada ruang. Selain itu, lantai dan ubin dinding dapat menjadi titik fokus yang sama menakjubkannya dengan dinding fitur pada umumnya.

4. Home Office

desain kantor di rumah

Photo :
  • http://hiasanrumah.files.wordpress.com

Salah satu tren interior tahun 2024 yang pasti akan bertahan adalah produktivitas. Kantor pusat tidak akan kemana-mana itu akn menjadi perlengkapan permanen di rumah-rumah. Dengan adanya praktik kerja jarak jauh, orang-orang berinvestasi pada furnitur ergonomis, kedap suara, dan desain penuh gaya untuk menjadikan ruang kerja mereka lebih fungsional dan menginspirasi. 

Dan itulah mengapa furnitur dan dekorasi untuk ruang-ruang ini juga berkembang. Jadi, Anda dapat menantikan kursi kantor yang menakjubkan, pencahayaan yang dipesan lebih dahulu, dan banyak lagi untuk menjadikan interior ini menonjol dan sesuai dengan setiap kebutuhan Anda.

5.Desain Tradisional

Desain rumah minimalis khas Jawa.

Photo :
  • http://rumahku-rumahindah.blogspot.com/

Desain tradisional mengalami perubahan yang menyenangkan pada tahun 2024. Kembalinya elemen klasik tetapi dengan sentuhan segar diprediksi akan jadi hits di tahun mendatang. Kini, ruang timeless juga merangkul fungsionalitas dan suasana kontemporer. Bagaimana caranya? Furnitur berornamen dapat melengkapi tata ruang yang eklektik namun juga terasa lembut dan kasual, khas interior modern. Kehidupan cerdas juga dapat memadukan pesona masa lalu dengan kenyamanan masa depan.

Berbicara hunian, Aksara Homes merupakan salah satu proyek hunian terbaru dari Synthesis Development di Ciputat Tangerang Selatan. Berlokasi 10 menit dari MRT dan TransJakarta Lebak Bulus konsep dari Aksara Homes sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan milenial akan hunian saat ini, yakni ‘Compact, Comfort, dan Affordable’ yang berdiridi atas tanah seluas 9,998 meter 

“Melalui ‘Compact’ yang kami artikan disini dengan mengoptimalkan ruang yang ada secara maksimal agar bisa digunakan secara fungsional. Lalu yang dimaksud ‘Comfort’ adalah kenyamanan dan keamanan menjadi prioritas dalam hunian kami sesuai dengan perilaku milenial yang cenderung memilih hunian dengan lingkungan yang aman, area yang tenang, dan fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka,” kata Corporate Marketing General Manager Synthesis Development Roymax dalam keterangannya.

Kemudian Affordable dijelaskan bahwa harga yang terjangkau mulai dari Rp900 juta-an, menjadi pertimbangan penting bagi milenial dalam memilih hunian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya