5 Cara Mudah Tingkatkan Kecerdasan, Fokus dan Kreativitas

Ilustrasi membaca buku.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Siapa yang tak ingin pintar? Kepintaran adalah ciri yang menunjukkan bahwa otak kita berfungsi.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pasti enggak mau, dong, saat bersama teman-teman, kemudian ada yang berseloroh, "Makanya IQ kamu jangan jongkok, dong." Tentunya perkataan ini sangat tidak menyenangkan, meski tujuannya hanya bergurau.

Kabar baiknya, kecerdasan IQ itu bisa diupayakan. Maksudnya, kita bisa memberi stimulasi atau latihan pada otak, supaya performanya meningkat. Dengan semakin baiknya performa otak, kamu akan menemukan bahwa IQ, fokus, dan keterampilan kreatif akan meningkat juga.

Merajut Masa Depan Lewat Buku, Kisah Sukses Anak-anak Bantar Gebang Bersama Berkarya Bercerita

Ini dia beberapa latihan yang dapat meningkatkan kekuatan otak dan IQ.

1. Menulis

Terminal Lucidity, Fenomena Seseorang Mendadak Sehat Sebelum Maut Menjemput

Salah satu metode untuk meningkatkan kecerdasan adalah menulis. Dr. Jamie Schwandt di laman Lifehack menyatakan, dengan menulis atau membuat blog tentang topik baru, memaksa otak untuk membangun konsep. Ia kemudian mengumpulkan konsep-konsep itu dan menuliskannya.

Tips dari Jamie, tulis konten yang kamu senangi, selami konsep secara mendalam. Jika kamu mempublikasikan tulisanmu di blog, perhatikan bagaimana umpan balik dari pembaca. Menerima umpan balik dari pembaca juga bisa memberi sensasi yang menyenangkan.

2. Latihan fisik
Latihan fisik tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga akan meningkatkan kekuatan otak. Neurogenesis adalah kelahiran neuron baru di otak kita. Sedangkan olahraga meningkatkan kadar neurotropik otak yang mendukung neurogenesis.

Tips: Mulailah olahraga rutin. Ubah pola makan. Kurangi konsumsi gula dan penuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

3. Membaca cepat
Coba cari tahu tentang teknik membaca buku dengan cepat. Kemudian praktikkan.

Teknik ini mengandalkan kecepatan mata. Manfaatnya, akan membuat otak kita terlatih mengingat hal-hal yang dibaca dengan menggunakan alam bawah sadar.

Setelah selesai membaca, cobalah untuk membuat resume singkat tentang isi buku. Misalnya, kenapa penulis berdebat soal topik itu? Secara garis besar buku itu menyampaikan apa?

4. Belajar bahasa asing
Mempelajari bahasa baru adalah salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan kecerdasan dan kapasitas kognitif kamu, terlebih bagian otak yang berfungsi sebagai daya pengingat memori.

5. Bermain instrumen musik
Jangan sepelekan manfaat bermain musik. Ternyata tak hanya membawa nilai hiburan, bermain musik juga menjadi cara efektif untuk mendongkrak kecerdasan.

Otak kita bukan benda mati. Ia bisa berkembang jika terus diasah. Masalahnya, tinggal kita mau berusaha atau tidak. (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya