5 Tips Bikin Foto Instagramable Bermodal Smartphone

Ilustrasi liburan/foto Instagramable.
Sumber :
  • Pexels/Adam Kontor

VIVA – Dengan semakin canggihnya smartphone dan tingginya penggunaan media sosial seperti lnstagram dan Facebook, tren mobile photography pun semakin berkembang pesat. Pengguna tak lagi harus membawa kamera profesional saat berlibur.

10 Lokasi Paling Instagramable di Seluruh Dunia, Jangan Lewati Kalau ke Sini

Smartphone telah menjadi alternatif baru untuk menciptakan dan mengabadikan kenangan-kenangan saat liburan dengan foto atau pun video. Keunggulan smartphone terletak pada bodinya yang tipis, ringan, mudah dioperasikan siapa saja, serta lebih praktis untuk dibawa ke mana saja, bahkan ke dalam air.

Jadi, bagaimana cara mengambil foto yang bagus hanya dengan bermodalkan smartphone?

Pasar Kreatif Jabar di Cikutra Diresmikan Jumat, Tempat Kumpul Alternatif yang Instagramable

Berikut tipsnya dari Renaldi Ahmad, seorang profesional dalam mobile photography, saat ditemui pada saat acara MasterClass Mobile Photography-Western Digital, di Hotel Double Tree by Hilton, Jakarta, Kamis, 20 September 2018.

1. Susun daftar destinasi dan objek yang ingin difoto

5 Tempat Wisata Viral di Jakarta Buat Liburan Nataru, Ada yang Gratis!

Pertama-tama, lakukan riset tentang destinasi liburan Anda, pilihlah tempat-tempat spesifik yang ingin dikunjungi, sehingga Anda bisa merancang rencana perjalanan sesuai jadwal dan anggaran.

Setelah menyusun daftar destinasi, Anda bisa memulai membuat daftar objek yang ingin difoto, seperti bangunan bersejarah, festival, atau foto-foto jalanan bebas yang menggambarkan adat budaya lokal.

Daftar ini berfungsi untuk membantu  mengelola waktu agar  memiliki kesempatan untuk mengambil foto semua objek dengan waktu yang ada.

2. Terapkan rule of thirds untuk komposisi foto yang lebih baik

Faktor komposisi berperan penting dalam membuat foto Anda terlihat lebih menarik. Salah satu metodenya adalah dengan menerapkan rule of thirds. Bagi bingkai foto menjadi 3x3 sehingga Anda memiliki sembilan bagian dengan ukuran yang sama.

Ketika  hendak mengambil foto, tempatkan objek foto utamanya (orang-orang, bangunan, atau makanan) di persimpangan antara kisi-kisi atau searah dengan garis pemisah antarkisi.

Ini akan memudahkan orang-orang untuk melihat objek foto utama secara lebih natural dan hasil fotonya akan terlihat lebih seimbang daripada menempatkan objek foto jauh dari garis

3. Ikuti leading line

Melengkapi rule of thirds, leading line adalah garis di dalam gambar yang akan mengarahkan mata ke objek foto. Garis ini dapat berupa apa saja, misalnya jalanan, garis pantai, atau bagian arsitektur dari sebuah gedung.

4. Masukkan elemen-elemen kehidupan

Menghasilkan foto yang bagus saja tentu tidak cukup. Jika ingin membuat foto yang menggugah, dan mampu menarik audience, bahkan tanpa perlu teks atau caption tambahan, masukkan elemen-elemen kehidupan ke dalam foto Anda.

Memasukkan "manusia" sebagai elemen foto adalah cara yang paling mudah untuk melibatkan audience. Misalnya, sebuah foto makanan dengan latar yang polos terlihat bagus, tetapi kita bisa membuatnya lebih bagus Iagi dengan menempatkan tangan yang sedang meraih makan tersebut.

5. Mengedit foto

Setelah selesai berburu foto, Anda mungkin ingin mengedit komposisi, pengaturan warna atau tingkat kecerahan foto. Dengan semakin banyaknya jumlah aplikasi photo editor pada perangkat mobile, jangan ragu untuk mengedit foto agar hasilnya sesuai dengan selera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya