Rahasia Introvert Jadi Produktif dan Berani Tampil

Ilustrasi kepribadian introvert
Sumber :
  • PIxabay

VIVA – Generasi milenial saat ini dituntut untuk tak hanya aktif, namun juga bisa produktif. Hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi para kaum muda, khususnya mereka yang memiliki kepribadian introvert atau tertutup.

Sekeluarga Tewas Lompat di Apartemen Jakut Introvert, Setahun Gak Komunikasi dengan Keluarga Besar

Pemilik kepribadian ini dikenal sebagai pribadi yang jarang bicara dan cenderung menghabiskan waktu sendiri. Untuk bisa produktif, ternyata mereka yang berkepribadian introvert membutuhkan cara tersendiri.

"Sadari diri kita lagi ada di situasi seperti apa dahulu. Coba berpikir bahwa saat kita keluar kamar, jangan pedulikan orang lain dan tampilkan tampilan terbaik kita," ujar Co-Founder HeyStartic Vania Santoso kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Tom Lembong Akui Introvert Tak Nyaman Diviralkan: Tapi Kata Tim Anies Ini Barang Laku

Menurut pemilik usaha produk eco-fashion ini, mereka yang berkepribadian introvert harus paham dengan setiap konsekuensi jalan yang diambil. Sebab, kebanyakan mereka yang introvert memilih untuk diam dan enggan tampil menonjol.

Ilustrasi pria menyesal.

Image Seksi Melekat Tapi Ngaku Introvert, Sarah Azhari: Bajunya Aja Kali Ya yang Open

"Pilihan untuk bisa produktif ada dua, mau diam saja atau mau tampil. Karena semua pilihan ada konsekuensinya. Kalau merasa introvert dan memilih diam saja, konsekuensinya pasti enggak akan bisa dapatkan yang kita mau," kata dia.

Oleh sebab itu, Vania yang baru saja menginjak usia 26 tahun ini menganjurkan agar dukungan lingkungan yang positif bisa didapatkan mereka yang introvert. Dengan pertemanan yang positif, energi lebih bisa didapatkan dan memicu mereka yang introvert untuk bisa produktif pada suatu hal.

"Susah kalau dapatkan energi dari diri sendiri. Makanya, coba untuk dapatkan energi dari lingkungan yang positif agar energinya bisa dipakai untuk berani tampil dan menonjol," kata Vania.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya