8 Cara Introvert Bahagia Tanpa Melupakan Jati Diri

Ilustrasi orang introvert
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tidak seperti stereotip yang sering menggambarkan orang introvert sebagai individu yang pendiam dan tertutup, banyak introvert yang memiliki cara unik untuk meluapkan kebahagiaan

Rewind Rilis Lagu Tergesa-gesa, Maknanya Dalem Banget!

Meski ekspresinya mungkin berbeda dari ekstrovert, kebahagiaan mereka sama intensnya. Berikut kami rangkum beberapa cara umum orang introvert menunjukkan dan meluapkan kebahagiaan mereka. 

1. Menulis

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Ilustrasi menulis

Photo :
  • pixabay

Banyak introvert mengekspresikan perasaan mereka melalui tulisan, apakah itu di jurnal pribadi, puisi, cerita pendek, atau bahkan di media sosial. Menulis memberi mereka kesempatan untuk merenung dan menyusun kata-kata dengan cermat.

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

2. Mendengarkan Musik

Musik seringkali menjadi sarana bagi introvert untuk meresapi dan mengekspresikan perasaan bahagia. Mereka mungkin akan ditemukan mendengarkan lagu favorit mereka berulang-ulang atau mencari lagu baru yang mencerminkan suasana hati mereka.

3. Kesenian dan Kreativitas

Menggambar, melukis, atau berkegiatan seni lainnya bisa menjadi cara bagi introvert untuk mengkomunikasikan kebahagiaan mereka tanpa perlu berbicara.

4. Menghabiskan Waktu dengan Hewan Peliharaan

Ilustrasi seekor kucing.

Photo :
  • Pixabay

Bagi banyak introvert, hewan peliharaan adalah teman yang tidak menghakimi dan menawarkan kenyamanan. Mereka mungkin akan menghabiskan waktu berkualitas dengan hewan peliharaan mereka saat merasa bahagia.

5. Aktivitas Soliter

Meskipun introvert kadang menikmati waktu bersama orang lain, mereka seringkali merasa paling bahagia saat melakukan aktivitas sendirian seperti membaca, berkebun, atau bermeditasi.

6. Berbagi dengan Orang Terdekat

Ketika introvert memilih untuk berbicara tentang perasaan mereka, mereka biasanya memilih orang yang paling mereka percayai. Mereka mungkin akan berbagi momen bahagia dengan satu atau dua orang terdekat mereka.

7. Menikmati Alam

Ilustrasi liburan pakai jaket

Photo :
  • UNIQLO

Alam sering memberi ketenangan dan kebahagiaan pada banyak orang introvert. Mengambil waktu untuk berjalan-jalan di taman atau mendaki gunung bisa menjadi cara mereka merayakan kebahagiaan.

Ilustrasi liburan

Photo :
  • Dokumentasi Qatar Airways

8. Melakukan Refleksi

Introvert cenderung introspektif. Mereka mungkin akan duduk dengan secangkir teh atau kopi, merenung dan menikmati momen kebahagiaan tersebut.

Kesimpulannya, meskipun cara introvert mengekspresikan kebahagiaan mungkin berbeda dari kebanyakan orang, itu tidak berarti perasaan mereka kurang mendalam atau tulus. 

Menghargai dan memahami cara unik mereka menunjukkan kebahagiaan akan membantu mendekatkan kamu dengan teman atau keluarga kamu yang introvert.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya