Menguak Makna Mimpi Kematian, Artinya Buruk atau Baik?

Ilustrasi mimpi saat tidur
Sumber :
  • Pixabay/Enrique Meseguer

VIVA – Bermimpi tentang kematian diri sendiri ataupun orang terdekat seringkali membuat seseorang terbangun dengan sesak dan juga gelisah. Tapi mimpi tentang kematian sendiri sebetulnya adalah hal umum yang dialami banyak orang.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Meski mimpi kematian itu menakutkan, para ahli mengatakan, bahwa itu mungkin bukan mimpi terburuk dan memiliki arti yang tidak selalu buruk. Para ahli bahkan percaya bermimpi tentang kematian kemungkinan adalah hal yang baik, meskipun rasa yang muncul seringkali mengerikan.

Dikutip dari News.com, makna mimpi sendiri telah dipelajari selama bertahun-tahun, oleh Dr Sigmund Freud. Ia menyatakan bahwa mimpi ialah cara alam bawah sadar memberi tahu harapan yang ingin kita penuhi dalam hidup. Freud, penemu psikoanalisis, menganggap mimpi sebagai bentuk kerinduan keinginan, pikiran yang tertekan, dan motivasi yang tidak disadari.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Seorang ahli psikoanalisis Swiss, Carl Jung juga mengatakan bahwa mimpi adalah cara pikiran mengomunikasikan hal-hal penting yang mungkin tidak dapat dilihat secara sadar oleh seseorang. Tetapi para ahli modern mengatakan, mimpi kematian tidak harus dipahami secara harfiah.

Para ahli analis mimpi dan ilmuwan Jane Teresa Anderson percaya mimpi kematian adalah reaksi normal terhadap stres dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa orang mengatakan hal itu dapat membantu kita melalui peristiwa-peristiwa kehidupan yang traumatis.

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

Anderson mengatakan, memimpikan kematian Anda sendiri biasanya merupakan simbol transformasi kehidupan dan menunjukkan bahwa perubahan positif sedang terjadi dalam hidup.

Ilustrasi tidur

"Mimpi kematian memiliki tema tentang apa yang berakhir, apa yang berubah dalam hidup Anda. Akhir ini adalah awal dari awal yang baru. Sangat penting untuk mengatakan bahwa sebagian besar kematian yang mungkin kita impikan mungkin positif untuk beralih ke hal-hal baru kita harus melepaskan hal-hal lama," tuturnya.

Dia mengatakan bahwa mimpi tentang kematian umumnya dialami oleh mereka yang tengah menimbang untuk mengambil keputusan besar. Mimpi itu berarti cara alam bawah sadar membuka jalan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya