6 Hal yang Wajib Kamu Ketahui saat Memilih Kampus

Ilustrasi kuliah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menempuh pendidikan tinggi (universitas) bukan hal yang mudah. Selain kurikulumnya, penting banget tahu bagaimana lingkungan tempat kita belajar. Kedua hal itu kelak mampu menunjang prestasi mahasiswa.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Namun mencari tempat kuliah juga enggak bisa sembarangan. Apalagi, banyak banget Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menawarkan beragam fasilitas dan sistem belajar yang menggiurkan. Di lain sisi, tidak sedikit pula yang menawarkan iming-iming kampus bagus, namun nyatanya tidak kredibel.

Prof. DR. Agustinus Purna Irawan, Guru Besar Universitas Tarumanagara (UNTAR) mengatakan ada beberapa syarat yang menunjukkan sebuah universitas kredibel atau tidak.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

"Peringkat kampus, akreditasi, biaya, lokasi, fasilitas, juga kualitas alumni merupakan 6 faktor yang penting dipertimbangkan jika memilih perguruan tinggi," ucapnya lewat keterangan tertulis kepada VIVA Selasa 29 Oktober 2019.

Lebih lanjut, Prof. Agus menjelaskan lebih detail tentang tips memilih kampus.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Akreditasi PTS

Mencari tahu akreditasi PTS dan Program Studinya
Akreditasi merupakan evaluasi dan penilaian secara komprehensif yang merupakan upaya dari pemerintah dalam menstandarisasi mutu sebuah kampus, yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pilihlah PTS yang memiliki akreditasi A (sangat baik), karena semakin tinggi akreditasi, semakin tinggi pula citra dan kualitasnya di mata orang. Selain itu, kamu juga harus mengetahui akreditasi dari program studi yang kamu minati.

Mengetahui peringkat PTS

Semakin tinggi peringkat dari suatu kampus, maka tentu saja kualitas kampus semakin bagus. Kamu dapat melihat peringkat PT baik secara nasional maupun internasional, melalui lembaga seperti Kemeristekdikti, Webometrics, 4ICU, dan lain-lain. 

Mencari tahu biaya kuliahnya

Banyak PTS yang biaya kuliahnya lebih terjangkau dibandingkan PTN, terlebih lagi jika kamu mendaftar di PTN lewat jalur Mandiri (jalur mandiri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi).

Usia kampus

Semakin tua sebuah PTS, maka dapat disimpulkan bahwa PTS tersebut memiliki citra yang baik di mata masyarakat. Selain itu, semakin tua sebuah kampus, maka semakin banyak pengalaman yang kampus tersebut miliki.

"Misalnya UNTAR dengan pengalaman lebih dari 60 tahun dan sudah menerima penghargaan Ouacquarelli Symonds, sebuah lembaga yang berperan mengukur rating universitas di seluruh dunia. Kami sudah berakreditasi A dari BAN-PT," ujarnya.

Lokasi kampus

Sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu apakah di sekitar tempat tinggalmu ada PTS yang berkualitas atau tidak. Hal ini penting dilakukan, karena ini akan menyangkut biaya yang akan kamu keluarkan selama berkuliah. 

Fasilitas kampus

Cari tahu mengenai fasilitas yang kampus berikan, baik fasilitas umum maupun fasilitas program studi yang kamu minati. Dengan fasilitas yang lengkap, maka proses belajar kamu dapat lebih maksimal.

Cari tahu tentang alumni

Cari tahu mengenai alumni atau lulusan dari kampus tersebut, tentang kesuksesan mereka, mudahnya mereka mendapatkan pekerjaan, dan masih banyak lagi. Cari review dari para alumni atau mahasiswa yang sudah pernah berkuliah di kampus tersebut, sebagai gambaran untukmu sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk mendaftar di kampus tersebut.

"Saat ini, UNTAR tengah membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk Tahun Akademik 2020-2021. Infonya bisa melalui website resmi UNTAR."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya