Jadi Mualaf, YouTuber Korea Penasaran Kenapa Daging Babi Haram

Daud Kim, pemuda Korea yang jadi mualaf
Daud Kim, pemuda Korea yang jadi mualaf
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Islam mengajarkan untuk tidak memakan daging babi dan minum alkohol. Karenanya, orang Islam harus menjauhi keduanya.

Namun, di Korea Selatan di mana daging babi dan alkohol sudah menjadi bagian dari gaya hidup, menjadi seorang Muslim tentu menjadi tantangan tersendiri. Terlebih, bagi mereka yang baru menjadi mualaf.

Seorang YouTuber Korea Selatan bernama Jay Kim memutuskan untuk menjadi mualaf dan kini namanya pun sudah berganti menjadi Daud Kim. Sejak menaruh ketertarikan pada Islam, Kim banyak membahas mengenai seluk beluk Islam termasuk kenapa daging babi dan alkohol diharamkan.

Ia pun membahas masalah ini dengan seorang mualaf Korea yang sudah lama menganut Islam. Pria berjanggut itu bernama Kim Eun Soo dengan nama Arab Karam.

Dalam video yang diunggah Kim di channel YouTubenya, ia memulai pembicaraan dengan pertanyaan kenapa Muslim tidak makan daging babi. Sedangkan di Korea, daging babi dan alkohol sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari konsumsi mereka sehari-hari. Apalagi daging babi juga memiliki harga yang murah.

Karam menjawab dengan menjelaskan terlebih dahulu bahwa sebenarnya daging babi bukanlah budaya makanan yang diwariskan nenek moyang mereka.

"Para nenek moyang kami berpikir negatif tentang daging babi. Ada pepatah Korea yang mengatakan "daging babi musim panas berbahaya'," ujar Karam dalam video yang dilihat VIVA, Kamis, 7 November 2019.

Halaman Selanjutnya
img_title