Tips Efektif Belajar di Rumah Biar Enggak Malas

Anak belajar di rumah.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – ?Pandemi Covid-19 yang menerjang hampir seluruh negara di dunia, memaksa beberapa kegiatan warga berubah dari kebiasaannya. Untuk mengurangi penyebaran virus, tetap tinggal di rumah adalah satu cara paling efektif.

Penerapan Zonasi PPDB Sekolah Dinilai Belum Efektif

Namun, berada di rumah bukan berarti hanya berdiam duduk atau hanya rebahan saja. Kegiatan sehari-hari, seperti sekolah harus tetap berjalan. Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih saat ini, sudah bukan menjadi alasan untuk tidak menuntut ilmu dari rumah.

Dilansir dari situs Statehornet, Selasa 24 Maret 2020, berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat belajar dari rumah menjadi efektif:

Refleksi Program Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Pusat Unggulan

1. Jangan Bekerja di Atas Kasur

Ada sebuah alasan untuk memisahkan antara tempat untuk tidur dan untuk bekerja. Ketika benar-benar melakukan pekerjaan di atas tempat tidur, maka kamu akan mengasosiasikan tempat tidur dengan pekerjaan. Hal ini dapat membuat kamu sulit untuk tertidur di malam hari.

Pelajar Pancasila: Sebuah Harapan Pendidikan Ideal di Masa Depan

2. Menyetel Alarm

Meski tidak harus bangun pagi, namun kamu harus tetap menyetel alarm. Tetap mengatur jadwal seolah-olah kamu akan pergi ke sekolah atau kampus.

3. Membuat Daftar Harian

Dengan membuat daftar apa saja yang akan dilakukan dalam satu hari, maka akan mengefektifkan waktu kamu. Taruh daftar tersebut di tempat yang mudah dilihat.

4. Ciptakan Ruang Sendiri

Kamu tentu tidak mau, ketika sedang melakukan kelas daring, ada seseorang yang menginterupsi. Beri tahu anggota keluarga bahwa kamu sedang belajar, ciptakan batas.

5. Jangan Lupa Istirahat

Bagian yang paling penting adalah, jangan lupa untuk beristirahat sejenak. Setelah stres dengan tugas, kamu sebaiknya lepas dari layar komputer sejenak. Atur waktu dan nikmati sesuatu sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri.

Dengan melakukan cara tersebut, maka nantinya kamu tidak akan canggung ketika kondisi sudah kembali seperti semula. Kamu bisa mengambil kursus bahasa, tanpa khawatir adanya perubahan pola belajar.

Sebagai informasi, Bali Education Center menawarkan kelas bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan Mandarin untuk peserta dari berbagai tingkat usia dan kebutuhan. 

BEC juga menyediakan kursus lainnya, seperti komputer, termasuk dengan belajar membuat program website komputer, membuat video, matematika, dan segala macam alat musik.

Lokasinya di Sunset Road, Kuta Utara, Bali membuat tempat ini ideal tidak hanya bagi warga Bali, namun juga mereka yang datang untuk menghabiskan waktu libur panjang.

Beragam fasilitas pendukung tersedia, seperti lab komputer dan sistem teknologi terbaru, serta kelas bahasa yang didesain menyenangkan dan kurikulum pembelajaran terkini. Harga per sesi di mulai dari Rp79 ribu untuk durasi 1,5 jam pelajaran.

“BEC menawarkan berbagai kelas-kelas tersebut untuk remaja dan dewasa, sesuai dengan kebutuhan akademis, karier, maupun pengembangan diri,” jelas pemilik BEC, Lenny Marlina Tanu.

Laporan Dion Yudhantama/Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya