Gak Nyangka, Ucapkan Terima Kasih Ternyata Punya Dampak Besar

Ilustrasi wanita/rambut berwarna/cat rambut/lipstik merah.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

VIVA – Terima kasih adalah sebuah ungkapan sederhana bermakna besar. Mengucapkan terima kasih juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur di setiap situasi dan kondisi, yang memberikan afirmasi positif baik kepada diri sendiri maupun kepada sesama.

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

Sebuah penelitian berjudul More Gratitude, Less Materialism: The Mediating Role of Life Satisfaction menunjukkan, kepuasan hidup berhubungan dengan rasa syukur. Salah satunya melalui ungkapan terima kasih.

Rasa terima kasih yang diinduksi secara eksperimental menghasilkan kepuasan yang lebih tinggi dalam kehidupan dan menghasilkan dampak positif terhadap lingkungan sosial.

10 Kebiasaan yang Membuat Karyawan Bahagia di Tahun 2024 Menurut Analisis

Selain sebagai ungkapan rasa syukur, dilansir dari The Ascent, Senin, 8 Maret 2021, ada beberapa alasan mengapa kamu harus lebih sering mengucapkan terima kasih. Apa saja?

Merasa dihargai dan dicintai

Viral Sosok Riccie Playboy, Pria Asal Medan yang Gemar Bagi-bagi Iphone

Mengucapkan terima kasih menunjukkan rasa hormat yang besar untuk orang lain atas waktu dan kehadirannya dalam hidupmu. Saat mengucapkan terima kasih, orang itu akan mengembangkan perasaan bahwa mereka telah melakukan sesuatu untuk membantumu. Ini memberikan mereka kebahagiaan.

Mengucapkan terima kasih juga menjadi cara paling sederhana untuk mengatakan 'saya menghargai Anda'. Orang lain juga akan merasa termotivasi ketika dihargai dan dipuji. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa kamu menghargai upaya mereka.

Lebih bahagia

Penelitian telah memastikan, tindakan sederhana dengan mengucapkan terima kasih dapat membawa kamu ke kehidupan yang lebih bahagia.

Saat mengucapkan terima kasih kepada orang lain, hal itu tidak hanya membuat orang itu merasa hebat tetapi juga membuat kamu hebat. Ungkapan ini bisa memberikan ketenangan pikiran dan membawa kebahagiaan.

Di sisi lain, turut memahami pentingnya ungkapan terima kasih, Head of Chocolate Mondelez Indonesia, Rachel Angelina, ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk saling berbagi apresiasi dengan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang terdekat.

"Ada banyak hal baik yang dapat kita lakukan dimulai dari hal kecil, contohnya mengucapkan terima kasih dari hati kepada orang-orang terdekat yang telah membantu menguatkan kita dalam menghadapi masa sulit," ujarnya saat peluncuran Cadbury Kemasan Spesial 'Terima Kasih' dalam 6 bahasa daerah, baru-baru ini.
 
Sebagai informasi, Cadbury turut bekerja sama dengan Alfamart dan Kitabisa.com dalam hal pengumpulan donasi berupa bantuan dana pendidikan untuk 100 orang calon perawat di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya