Tips Oki Setiana Dewi Agar Wanita Pintar Kelola Keuangan Saat Pandemi

Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis.
Sumber :
  • VIVA/Nuvola Gloria

VIVA – Dalam riset Google, sebanyak 87 persen perempuan wirausaha di Indonesia memilih untuk berdagang. Hampir kebanyakan perempuan yang berdagang berasal dari ibu-ibu rumah tangga dengan berbagai macam alasan.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Salah satu alasan yang paling banyak menyukai berdagang adalah untuk menambah pemasukan dan mengisi waktu luang. Ada banyak tempat bisnis online yang cocok diikuti oleh para ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang.

Hal itu pula yang menjadi sorotan Ustazah sekaligus desainer muslimah, Oki Setiana Dewi menyarankan kepada setiap wanita yang bekerja agar pandai mengelola keuangan.

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

Apalagi dampak COVID-19 sampai saat ini masih mengganggu perekonomian. Mini semakin banyak orang yang mencari uang dengan cara berdagang dari hal yang kecil.

Berangkat dari problematika yang terjadi ditengah masyarakat, Oki menginisiasi sebuah komunitas yang memiliki spirit berdagang ala Sayyidah Khadeejah (Istri Nabi Muhammad SAW) yang dikenal dengan kemahirannya dalam berniaga dan kedermawanannya dalam berderma.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

"Dengan hadirnya Komunitas Sahabat Khadeejah diharapkan bisa menjadi solusi bagi wanita di Indonesia untuk bisa mandiri secara finansial dan juga karakter," kata Oki kepada pewarta hari Minggu, 30 Mei 2021.

Menurut kakak kandung YouTuber Ria Ricis itu, kaum hawa kini bisa berbisnis dari modal yang kecil. Berangkat dari minimnya pengetahuan wanita di Indonesia yang ingin berbisnis dan juga minimnya modal untuk membuka usaha kini Komunitas Sahabat Khadeejah membuka peluang untuk para wanita Indonesia menjadi Khadeejah masa kini.

"Saya sering menemui para wanita-wanita yang kesulitan ekonomi. Memang, wanita bukan tulang punggung keluarga, namun kenyataannya ujian-ujian kehidupan membuat para juga sebaiknya memiliki penghasilan sendiri," ungkap Oki di Instagram Live belum lama ini.

Seperti diketahui, Khadeejah binti Khuwailid r.a., terkenal sebagai seorang womenpreneur yang sukses pada zamannya. Berdagang ala Sayyidah Khadeejah, yaitu dengan menyediakan barang lalu menggunakan jasa orang lain untuk memasarkan barang yang ia punya.

Dengan demikian, secara tidak langsung juga membantu sesama manusia untuk mendapatkan rezeki dengan cara yang sesuai syariat agama Islam.

Oki ingin kaum hawa saat ini mengadopsi spirit berdagang ala Sayyidah Khadeejah. Istri Ory Vitrio itu berharap semakin banyak "Khadeejah masa kini" yang berdaya dan mandiri.

"Para wanita berkesempatan untuk melakukan usaha berdagang bersama-sama dengan berbagai fasilitas yang disediakan seperti web toko online, marketing kit, serta mentoring bersama Oki dan para mentor yang ahli di bidangnya," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya