Hari Kucing Sedunia, Ini 5 Fakta Unik Kucing yang Wajib Diketahui

Kucing.
Kucing.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Hari Kucing Sedunia diperingati setiap tanggal 8 Agustus. Perayaan ini pertama kali diproklamasikan oleh komunitas International Fund of Animal Welfare (IFAW) pada tahun 2002.

Tujuan ditetapkannya hari spesial bagi para pecinta kucing ini adalah untuk memperingati persahabatan manusia dengan salah satu hewan menggemaskan itu. Untuk memperingati Hari Kucing Sedunia yang jatuh pada hari Minggu ini, yuk simak deretan fakta menarik tentang kucing di bawah ini!

1. Kumis kucing berfungsi sebagai sensor

Kumis kucing merupakan salah satu bagian yang paling menonjol pada wajah kucing. Selain di area pipi kucing, kumis ini dapat ditemukan di telinga, mata, dan juga dagu kucing. Sebenarnya, kumis ini merupakan helaian rambut. Namun, folikelnya lebih tebal dari rambut biasa.

Ternyata, dikutip dari VCA Hospitals, kumis pada wajah kucing berfungsi untuk memberikan sensor arah pada kucing. Sebab, meski memiliki penciuman dan pendengaran yang baik, kucing memiliki penglihatan yang kurang tajam.

2. Kucing bisa melompat enam kali lebih tinggi dari tinggi tubuhnya

Mengutip laman Cat World, rata-rata kucing dewasa bisa melompat 5-6 kali tinggi tubuhnya, lho! Adapun tinggi rata-rata kucing dewasa adalah 30 cm. Artinya, kucing dewasa yang sehat bisa melompat hingga 150-180 cm.