Selain Everest, Ini 10 Gunung Tertinggi di Dunia yang Wajib Diketahui

Gunung Tertinggi di Dunia
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Gunung tertinggi di dunia saat ini didapuk oleh Gunung Everest yang mencapai ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di wilayah pengunungan Himalaya, Nepal. Pegunungan Himalaya merupakan rumah untuk sekumpulan gunung-gunung tertinggi di planet ini.

Deretan 5 Negara yang Tak Pernah Dijajah dalam Sejarah

Gunung tertinggi di dunia tersebar di seluruh pelosok dunia termasuk benua Asia. Gunung ini sering menjadi daya tarik tersendiri untuk para pendaki di seluruh dunia. Karena ketika berhasil menaklukkan puncak tertinggi di bumi adalah sebuah prestasi tersendiri.

Namun, kamu juga harus mengetahui bahwa tingginya gunung tentu dilengkapi dengan medan yang sulit. Gunung tertinggi di planet ini mempunyai jalur pendakian yang berat sehingga dibutuhkan peralatan dan persiapan supaya bisa menaklukannya.

5 Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Ada Tetangga Indonesia

Bahkan, tidak jarang pendaki yang meninggal dunia ketika menuju ke puncak tertinggi yang ada di planet ini. Faktor meninggalnya pun sangat bermacam-macam, seperti hipotermia karena suhu udara yang sangat dingin, kecelakaan ketika mendaki, dan lain sebagainya.

Nama gunung Everest tentunya sering kita dengarkan, baik melalui siaran televisi atau media sosial. Tapi, tahukah kamu, selain pegunungan yang ada di Himalaya tersebut, ternyata masih banyak gunung tertinggi lain yang berada di dunia. Semakin penasaran? Simak ulasan berikut, ya!

Turunkan Jenazah Pendaki dari Gunung Everest, Profesi Ini Dibayar Miliaran Rupiah

Lalu, Apa Saja Gunung Tertinggi di Dunia?

Gunung Everest – 8.848 mdpl

Gunung Everest

Photo :
  • U-Report

Gunung ini pertama kali di daki oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pad atahun 1953. Selain itu, baru-baru ini gunung Everest mendapat banyak pengawasan karena beredar sebuah foto yang menunjukkan antrian menuju puncak. Inilah yang menjadi perdebatan mengenai kepadatan di Everest.

Gunung ini tetap menjadi tempat sampah tertinggi di dunia. Tahun lalu, terdapat 11 orang pendaki yang meninggal dunia karena antrean di Death Zone. Untuk para pendaki, membutuhkan waktu sekitar 45 hari untuk sampai di puncaknya dengan biaya sekitar $100 ribu.

Daya tarik gunung tertinggi di dunia ini masih terus memikat para pendaki di seluruh dunia. Selain medan Everest Base Camp menuju ke puncak, jalur menuju base camp juga cukup populer. Bahkan, telah menjadi salah satu jalur pendakian yang populer di dunia.

Gunung K2 – 8.614 mdpl

Gunung tertinggi kedua di dunia juga berada di Asia dengan total ketinggian mencapai 8.614 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di area perbatasan antara Pakistan dengan China. Gunung yang berada di wilayah Karakoram ini tergabung dalam pegunungan yang membentang dari India, Pakistan, dan China yang merupakan wilayah gunung tertinggi di dunia.

Puncak gunung K2 ini terkenal tidak ramah untuk para pendaki karena kesulitannya sehingga diberikan julukan ‘Savage Mountain’. Suasana alam yang ada di gunung ini tidak kenal ampun dan pandang bulu. Bahkan, gunung ini terkenal ekstrim karena tingkat kematiannya yang tinggi.

Gunung Kangchenjunga – 8.586 mdpl

Gunung tertinggi di dunia di urutan ketiga adalah Kangchenjunga. Gunung ini berada di antara Nepal dan Sikkim di India dan memiliki tiga puncak perbatasan dan dua lainnya di Distrik Taplejung Nepal. Sebenarnya gunung ini dianggap sebagai gunung tertinggi di dunia sampai tahun 1852.

Hal ini bukan karena tidak mengetahui gunung Everest, melainkan adanya kesalahan dalam perhitungan ketinggian. Sesudah perhitungan lebih lanjut yang dilakukan oleh Trigonometrical Survey of India, Kangchenjunga dinobatkan sebagai gunung tertinggi ketiga di dunia.

Gunung Lhotse – 8.516 mdpl

Gunung Lhotse berada di urutan keempat sebagai puncak tertinggi yang ada di dunia dengan total ketinggian yang mencapai 8.516 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncak ini sama dengan Everest yang dimulai dari Base Camp Everest.

Setelah melewati Camp ketiga dan dilanjutkan dengan berangkat ke Reiss Couloir dari Lhotse Face, dari sini puncak Lhotse bisa diraih. Gunung ini dikatakan juga sebagai adik Everest namun terabaikan. Lhotse dianggap lebih menarik secara visual, tapi secara keseluruhan kurang diminati.

Puncak utamanya ditaklukkan pertama kali tahun 1956 dan pernah menjadi titik tertinggi yang belum pernah didaki selama beberapa dekade. Tapi, tim ekspedisi dari Rusia berhasil menaklukkan puncaknya pada tahun 2011.

Gunung Makalu – 8.485 mdpl

Makalu menempati urutan kelima sebagai gunung tertinggi di dunia yang mencapai lebih dari 8.000 meter. Puncak gunung ini pertama kali ditaklukkan oleh Ekspedisi Prancis yang dipimpin oleh Jean Franco tahun 1955.

Pendakian mereka paling populer karena semua orang yang tergabung dalam ekspedisi tersebut berhasil menaklukkan puncaknya. Ketika itu, hanya terdapat satu atau dua pendaki dari setiap tim yang dapat mencapai puncak gunung pada sebuah ekspedisi.

Dua orang pertama, yang tergabung dalam ekspedisi tersebut mencapai puncak tanggal 15 Mei 1995. Lalu, disusul oleh empat orang keesokan harinya, dan empat orang lain naik sehari setelah itu.

Gunung Cho Oyu – 8.188 mdpl

Gungung ini termasuk ke dalam rangkaian gunung dengan tinggi 8000 meter yang berada di wilayah Everest. Gunung tertinggi keenam di dunia ini mempunyai ketinggian yang mencapai 8.188 meter di atas permukaan laut.

Cho Oyu dianggap sebagai gunung 8000 meter yang paling mudah untuk ditaklukkan karena medan pendakian yang terbilang landai. Terlebih lagi, hanya beberapa km dari Nangpa La Pass, yang mana merupakan rute perdangan utama antara Tibet dan Khumbu Sherpa.

Gunung Dhaulagiri – 8.167 mdpl

Gunung yang berada di Nepal ini menempati urutan ketujuh sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 8.167 mdpl. Dhaulagiri juga termasuk ke dalam gunung paling menakjubkan bila dilihat dari estetikanya.

Gunung ini pertama kali didaki tanggal 13 Mei 1960, tapi mungkin lebih dikenal karena visibilitasnya di Sirkuit Annapurna yang populer. Pegunungan ini juga dipisahkan dengan ngarai terdalam yang ada di dunia yaitu Ngarai Kaligandaki.

Gunung Manaslu – 8.163 mdpl

Manaslu berada dari bahasa Sansekerta yaitu manasa yang memiliki arti kecerdasan atau jiwa. Gunung ini pertama kali didaki oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu yang termasuk ke dalam ekspedisi Jepang. Mereka berhasil mencapai puncak pada 9 Mei 1956.

Pendakian yang dilakukan oleh tim ekspedisi tersebut cukup kontroversial karena penduduk setempat mencegah tim Jepang untuk mencapai puncaknya. Warga percaya bahwa upaya sebelumnya sudah mengecewakan para Dewa dan mengakibatkan longsor salju yang menewaskan 18 orang.

Gunung Nangra Parbat – 8.126 mdpl

Gunung tertinggi di dunia kesembilan adalah Nangra Parbat yang berada di Disttrik Diamer, Pakistan. Layaknya gunung-gunung yang lain, nama Nangra Parbat berasal dari bahasa Sansekerta yaitu nanga dan parvata yang mempunyai arti gunung telanjang.

Gunung ini benar-benar menjulang dan disekelilingnya ada lembah dataran rendah yang menyebar ke segala arah. Rupal Face yang begitu menakjubkan di gunung ini menjulang setinggi 4.600 meter dan kerap dikatakan sebagai wajah gunung tertinggi di dunia.

Gunung Annapurna – 8.091

Gunung Annapurna I yang berada di Nepal adalah puncak tertinggi kesepuluh di dunia dan sekaligus menjadi gunung dengan jalur pendakian yang paling terkenal. Walaupun berada di urutan kesepuluh, namun gunung ini mempunyai tingkat kematian yang tinggi dari gunung lain.

Tercatat terdapat 32% pendakian ke puncak gunung yang mengakibatkan kematian. Ketika mendaki gunung ini kamu akan menikmati pemandangan dari Dhaulagiri ke jalur pengunungan Annapurna Massif. Medan ke Annapurna Sanctuary menjadi base camp mendaki ke Annapurna yang cukup populer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya