Tak Disangka, Ini 9 Tips Suara Bagus dan Tidak Fals yang Paling Ampuh

Tips suara bagus
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tips suara bagus adalah dambaan semua orang, karena bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang digemari oleh banyak orang. Bagi sebagian orang, menyanyi merupakan salah satu hobi yang sangat menyenangkan. Dan untuk sebagian orang lainnya adala sebagai profesi yang dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah. Selain itu, banyak yang menyebutkan bahwa suara merdu dan bagus adalah bakat alami yang dimilikinya. Padahal, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, suara yang bagus juga bisa diperoleh dengan berlatih secara konsisten.

Foto Kencan Beredar, Bright Vachirawit dan Nene Pornnapan Santer Digosipin Pacaran

Suara merdu adalah suara yang terdengar indah dan tentunya tidak sumbang atau fals. Untuk mendapatkan suara merdu tidak hanya dilakukan melalui les vokal, tapi banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat suara menjadi lebih merdu dan bagus. Tentunya dengan teknik dan juga hal-hal yang harus diperhatikan dalam kebiasaan sehari-hari. Nah, untuk lebih jelasnya simak beberapa cara yang bisa dipraktikan di rumah atau di mana saja untuk memperoleh suara merdu tanpa guru vokal yang disadur dari School of Rock.

Lantas, Apa Saja Tips Suara Bagus?

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

1. Lakukan Pemanasan Sebelum Bernyanyi

bernyanyi

Photo :
  • inmagine
Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

Pemanasan sebelum bernyanyi adalah salah satu tips suara bagus. Bila bernyanyi tanpa melakukan pemanasan, nantinya suara bisa berada dalam kondisi yang kurang baik. Sama halnya dengan berenang atau berolahraga, bila tidak melakukan pemanasan maka akan berakibat pada cedera atau kram otot. Oleh karena itu, dengan melakukan pemanasan sebelum bernyanyi, maka otot tenggorokan akan siap dan tidak kaget ketika dipakai untuk bernyanyi. Untuk ini, hal pertama yang dilakukan adalah dengan mengatur pernapasan dan diikuti dengan mengucapak huruf A-I-U-E-O.

2. Konsumsi Air Putih

10 Tanda Tubuh Kurang Minum Air Putih

Photo :
  • U-Report

Tips suara bagus selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air putih secara cukup. Ini karena lipatan dalam pita suara juga memerlukan pelumasan dengan lendir supaya bergetar dan menghasilkan suara yang bagus. Pelumasan tersebut diperlukan air putih dengan jumlah yang cukup dan konsumsilah air putih sebanyak dua liter sehari.

3. Hindari Makanan Pedas dan Berminyak

Bahaya makanan berminyak

Photo :
  • U-Report

Tips suara bagus ini cukup sulit untuk dilakukan bagi beberapa orang, karena makanan pedas dan berminyak sangat menggugah selera. Tapi, guna memperoleh suara yang merdu, makanan ini harus dihindari, kamu tetap diperbolehkan dengan catatan dalam jumlah yang sedikit. Pada dasarnya, makanan berminyak tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama pada tenggorokan. Makanan dengan minyak berlebih juga akan meningkatkan suhu dalam tengorokan. Kondisi tersebut akan membuat tenggorokan mengalami disfungsi pita suara.

4. Rajin Olahraga

Sepatu olahraga

Photo :
  • Dokumentasi

Tips suara bagus keempat adalah dengan rajin berolahraga. Olahraga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk pernapasan. Rajin berolahraga akan membuat sistem pernapasan menjadi lebih kuat dan panjang. Selain itu, orang yang rajin berolahraga juga akan mempunyai kekebalan tubuh yang baik sehingga tidak mudah sakit.

5. Melatih Pernapasan

Ilustrasi meditasi/yoga/latihan pernapasan.

Photo :
  • Pexels/andrea piacquadio

Melatih pernapasan dalam merupakan salah satu tips suara bagus. Pernapasan yang panjang dan dalam juga diperlukan ketika bernyanyi. Untuk memulai pernapasan dalam, cobalah dengan melakukan pernapasan paru-paru dan diafragma dengan mengambil udara dalam-dalam kemudian dikeluarkan sampai habis. Kamu bisa melatih pernapasan dengan berbagai cara, seperti duduk, berbaring, atau berdiri. Bila dalam posisi duduk, kamu bisa menempatkan tangan di atas perut dan memaksa untuk mengeluarkan semua udara yang dihirup.

6. Jaga Otot Tenggorokan dan Leher

Ilustrasi leher.

Photo :
  • U-Report

Tenggorokan dan leher merupakan bagian tubuh yang mempunyai peran penting ketika bernyanyi. Pada saat bernyanyi, usahakan tenggorokan dan otot leher tetap berada dalam posisi rileks. Dianjurkan juga untuk menghindari posisi menundukkan dan memiringkan kepala ketika bernyanyi. Karena, kedua posisi tersebut akan membuat otot tenggorokan menjadi semakin tegang dan berpengaruh terhadap kemampuan jangkauan vokal dalam jangka panjang. Kamu juga harus mencoba untuk melatih vibra yang dimiliki.

7. Jangan Memaksakan Pita Suara

Anak bernyanyi

Photo :

Tips suara bagus berikutnya adalah dengan tidak memaksakan pita suara. Karena memaksakan pita suara secara terus menerus, seperti berteriak, menjerit, atau bernyanyi dengan nada tinggi terus menerus akan membuat tenggorokan Lelah. Kondisi tersebut akan membuat suara menjadi lebih serak. Supaya selalu tampil prima, disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu dan ketika bernyanyi, usahakan lebih rileks.

8. Benarkan Posisi Tubuh Ketika Bernyanyi

Tips suara bagus

Photo :
  • Pixabay

Tidak banyak yang tahu bahwa postur tubuh cukup berpengaruh terhadap suara yang muncul. Postur tubuh yang benar akan menjadikan suara menjadi semakin merdu. Namun, bila posisi tubuh tidak benar, maka suara akan sengau sehingga nada tinggi tidak akan bisa dicapai dengan mudah. Ketika bernyanyi, usahakan untuk berdiri karena bila duduk atau jongkok, diafragma tidak dapat mengembang secara sempurna. Kemudian tegakkan punggung dan kaki yang dibuka selebar bahu. Jangan lupa untuk menjaga perut dan bahu supaya tetap rileks.

9. Hindari Asam Lambung Tinggi

asam lambung

Photo :
  • U-Report

Tips suara bagus yang terakhir adalah dengan menghindari asam lambung yang tinggi. Meskipun asam lambung mempunyai manfaat untuk mencerna makanan, tapi kondisi asam lambung yang tinggi akan memengaruhi pita suara. Hal ini disebabkan oleh sifat korosif dalam asam lambung yang dapat merusak pita suara dan mengakibatkan masalah pada jantung atau paru-paru. Guna memperoleh vokal yang optimal, dianjurkan untuk selalu mempertahankan kondisi asam lambung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya