Pandemi Buat Tren Merawat Hewan Peliharaan Meningkat

Ilustrasi hewan peliharaan/anjing.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Memelihara hewan punya beberapa manfaat, mulai dari sisi psikologis dan kesehatan. Pertama, memelihara hewan disebut bisa meningkatkan imun tubuh. Selain itu, memelihara hewan juga disebuy bisa meredakan sress. 

Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

Memelihara hewan bisa menyingkirkan rasa sepi yang kemungkinan bisa jadi salah satu pemicu depresi untuk yang tinggal sendiri. Selain itu, memelihara hewan disebut bisa menumbuhkan rasa empati, tanngung jawab dan daya imajinasi.

Seseorang yang memelihara hewan juga akan buat lebih aktif bergerak. Beberapa hewan juga jadi primadona selama pandemi. Hal ini juga diakui oleh Direktur Pet n Pop, Rizal Azhar. Sayangnya, ia melihat ada ketimpangan dalam hal ini.

Sherina Munaf Ingatkan Jangan Pelihara Kucing Hanya untuk Gaya-gayaan

Ilustrasi Bermain dengan Hewan Peliharaan

Photo :
  • U-Report

“Industri pet di Indonesia terus berkembang pesat. Sayangnya, hal tersebut tidak diiringi dengan perkembangan teknologi pendukung secara signifikan," ujar Rizal.

5 Bahasa Kucing yang Harus Dipahami Pemiliknya

Rizal melihat, petshop juga membutuhkan sistem yang lebih praktis selama pandemi. Hal ini akan memudahkan mereka dalam mencatat transaksi, perhitungan laba-rugi, pengelolaan database dan ketersediaan barang, pengaturan jadwal booking pelanggan, hingga pencatatan rekam medis hewan peliharaan pelanggan.

Begitu pula laporan keuangan, sehingga pembukuan harian yang biasanya memakan waktu dapat dilakukan secara lebih cepat dan akurat. Sehingga dengan kemudahan digital baik pemilik hewan dan pemilik bisnis petshop atau industri pet menjadi semakin berkembang.

Ilustrasi hewan peliharaan

Photo :

"Seluruh fitur yang dihadirkan dalam aplikasi Pet n Pop didesain dan dikembangkan secara khusus untuk memudahkan para pelaku bisnis pet, baik pebisnis yang baru merintis maupun pebisnis kawakan,” kata Rizal Azhar.

Demi menjamin kenyamanan para pemilik usaha, Pet n Pop juga turut bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Pet Shop Indonesia (ASPIN).

"Pet n Pop memiliki potensi yang sangat baik untuk menjadi angin segar di industri pet Indonesia," kata drh Ady Sasmita, Ketua ASPIN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya