Bisa Beli Istri? Ini 7 Pasar Unik, Aneh, Paling Ekstrim di Dunia

Pasar Pengantin - Bulgaria
Sumber :
  • Youtube/walkawera video

VIVA – Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa. Tak hanya pasar tradisional, kini juga ada pasar modern yang lebih maju mengikuti era zaman sekarang. Namun, taukah kamu jika ada pasar unik yang menjual sesuatu ekstrem di seluruh dunia? Berikut deretan pasar yang unik dan menjual barang yang sangat ekstrem.

Rusia: ISIS Biasanya Menyerang AS, Jadi Serangan di Moskow Adalah Hal yang Aneh

1. Pasar Beriman, Tomohon - Indonesia

Pasar Beriman

Photo :
  • http://travelingyuk.com
Perilaku Aneh Ibu Kandung di Bekasi Menjelang Tikam Anaknya 20 Kali

Salah satu pasar unik yang ada di Indonesia yaitu Pasar Beriman yang ada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Pasar Beriman terkenal sebagai tempat bahan kuliner ekstrem. Di Pasar Beriman Tomohon ini, para pedagang menjual daging anjing, kucing, babi dan daging hewan liar lainnya. Hewan liar seperti kelelawar, ular, biawak, dan lainnya juga dijual di pasar ini. Bahan kuliner serba daging yang dijual di Pasar Beriman tidak lepas dari budaya masyarakat Minahasa yang dikenal menyukai kuliner ekstrem. Namun, diketahui bahwa pasar ini sudah tutup secara permanen akibat beberapa kontroversi.

2. Pasar Laba-laba - Kamboja

BMKG Wanti-wanti RI Masuk Masa Cuaca Ekstrem: Masyarakat Harus Waspada

Pasar Laba-laba - Kamboja

Photo :
  • Youtube/Viva.co.id

Pasar yang terletak di Kamboja ini disebut sebagai Spiderville di mana barang dagangannya adalah laba-laba. Disebutkan bahwa serangga tersebut bukan untuk dipelihara melainkan dikonsumsi sebagai camilan. Tersedia berbagai cemilan dari olahan laba-laba, tarantula atau sejenisnya. Pasar Spiderville ini bahkan menyediakan laba-laba jumbo yang memiliki ukuran sebesar telapak tangan manusia dewasa. Sebagian orang awam mungkin akan merasa geli dan jijik. Namun orang-orang yang pernah memakannya justru berpendapat sebaliknya. Mereka mengatakan laba-laba memiliki rasa yang gurih dan sedap, mirip campuran daging ayam dan ikan.

3. Pasar Penyihir, Bolivia – Amerika Serikat

Barang-barang yang dijual di pasar penyihir.

Photo :
  • http://avanoustic.blogspot.com/

Jarang ada pasar yang menyediakan kebutuhan para penyihir. Tak seindah perlengkapan sihir ala murid Hogwarts di film Harry Potter, barang-barang sihir yang dijual disini sangat unik dan aneh. Pasar Penyihir ini menjual barang-barang aneh seperti janin atau hewan yang sudah dikeringkan, bangkai katak, hewan yang diawetkan, bulu burung hantu, hingga batu-batu asteroid. Barang-barang mistis tersebut kebanyakan dipakai untuk ritual hingga dijadikan jimat. Namun rata-rata barang yang paling laris adalah janin kering. Pasar yang bernama Witch Market ini terletak di La Paz, Bolivia, Amerika Serikat. Mereka yang datang ke sini rata-rata seorang dukun, peramal, hingga peneliti astrologi.

4. Pasar Apung, Banjarmasin - Indonesia

Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018

Photo :
  • ANTARA FOTO/Bayu

Pasar Terapung merupakan ikon Kota Banjarmasin. Terdapat tiga Pasar Terapung di Banjarmasin, yakni Pasar Terapung Muara Kuin, Pasar Terapung Siring dan Pasar Terapung Lok Baintan. Semua pasar tradisional ini memiliki ciri khas unik yaitu pedagangnya menjual produk mereka diatas "jukung" atau perahu tradisional. Pasar Terapung Lok Baintan adalah yang paling ramai. Aktivitas perdagangan disini mulai dari pukul 6 pagi sampai 9.30 pagi (GMT+8). Produk yang dapat kamu temukan di Pasar Terapung Lok Baintan diantaranya sayur mayur, ikan, buah-buahan, kue dan makanan tradisional.

Yang menjadikan Pasar Terapung Lok Baintan berbeda dan lebih unik biasanya para pembelinya menggunakan metode barter. Mata uang bukan menjadi alat pembayaran utama disini. Jadi umumnya, orang-orang akan menukarkan hasil panen bumi mereka seperti sayur mayur dan buah-buahan dan jumlah penukarannya tergantung pada kesepakatan antara pembeli dan penjual. Jika kamu mengunjungi Banjarmasin, jangan lupa untuk mampir ke wisata ke Pasar Terapung Lok Baintan ya.

5. Pasar Maeklong - Thailand

Pasar Maeklong - Thailand

Photo :
  • Youtube/Shock wave

Sebenarnya tak ada yang aneh di pasar ini. Sama seperti pasar pada umumnya di tempat ini juga menjual aneka sayur, buah dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Namun yang membuat pasar ini berbeda adalah tempatnya. Pasar ini terletak di pinggir rel kereta api yang masih aktif. Bangunan semi permanen yang menjadi tempat lapak para penjual didirikan hingga ke tengah rel. Saat ada tanda kereta api lewat, penjual dan pembeli akan menghentikan proses jual beli mereka dan bergegas merapikan barangnya. 

Para pedagang akan menyibak tenda di depan pasar mereka sampai kereta lewat. Para pembeli pun juga turut menepi. Namun setelahnya, kegiatan berjualan kembali berlanjut. Kereta yang terlihat juga akan melaju lambat dari biasanya agar para pedagang bisa dengan sigap membereskan barang dagangannya. Sesekali, kalau ada turis yang lewat, mereka akan mengeluarkan ponsel untuk merekam momen tersebut.

6. Pasar Voodoo, Togo – Afrika Barat

Pasar Voodoo Lome, Togo

Photo :
  • U-Report

Selain pasar penyihir, ada pasar Voodoo atau Voodoo Lome yang juga menjual barang-barang tak kalah aneh dan berbau mistis. Pasar ini terletak di antara Togo dan Nigeria tepatnya di daerah Benin,  Afrika Barat. Beberapa barang yang dijual diantaranya boneka Voodoo, tengkorak, jantung kuda, hingga kaki gajah. Rata-rata benda tersebut adalah bahan dasar obat atau ramuan tradisional. Para dukun atau tabib di Togo meyakini bahwa ramuan tersebut terbukti ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pasar ini juga sering dijadikan apotek bagi masyarakat yang tak memiliki uang untuk berobat ke tabib.

7. Pasar Pengantin - Bulgaria

Pasar Pengantin - Bulgaria

Photo :
  • Youtube/walkawera video

Pasar unik dan asing yang terakhir adalah Gypsy atau Pasar Pengantin. Nah, pasar ini mungkin cocok untuk yang belum punya pasangan. Pasalnya, pinggiran Stara Zagora di Bulgaria akan menjadi tempat jual beli jodoh pada Todorovden atau Hari Saint Todor pada pertengahan Maret setiap tahunnya. Namun, jual beli wanita tidak seperti prostitusi, karena ini adalah tradisi yang sudah turun temurun.

Gadis-gadis lajang dan menarik itu berkumpul di sana untuk menunggu pria yang menjadi pasangan hidup. Pria dan wanita yang berpartisipasi akan ditemani oleh keluarga mereka. Mereka juga akan menentukan kriteria calon menantu idaman. Seorang pria yang tertarik dengan wanita yang dipilihnya harus meminta izin dan berbicara dengan keluarga wanita itu.

Itulah sederet pasar paling unik aneh ekstrim dan berbahaya di dunia. Apakah kamu tertarik berkunjung ke pasar tersebut?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya