8 Hutan Paling Angker di Pulau Jawa, Ada Pasar Setan dan Kerajaan Jin

Alas Purwo.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa hutan paling angker di Pulau Jawa yang mungkin saja belum kamu ketahui sebelumnya. Hutan sendiri dikenal sebagai jantung kehidupan untuk seluruh makhluk hidup di dunia. Hutan identik dengan keteduhan, udara yang sejuk, dan menenangkan. Tapi, dibalik keteduhan dan kegagahan hutan, tersimpan kisah mistis yang sangat mengerikan. Apalagi setiap daerah di Indonesia pasti memiliki cerita-cerita yang disampaikan dari mulut ke mulut dan berkembang di masyarakat, tidak terkecuali untuk Pulau Jawa. 

Visual Tak Teramati, Gunung Semeru Erupsi 104 Detik

Seperti yang kita ketahui bahwa Pulau Jawa adalah salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Selain terkenal dengan adat dan budaya yang sangat kental, Jawa juga dikenal dengan kemistisan dan keangkerannya. Salah satu cerita yang paling terkenal di Pulau Jawa adalah tentang kerajaan gaib terbesar yang berada di hutan belantara. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran tentang hutan paling angker di Pulau Jawa, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai. 

1. Alas Purwo

Gunung Ruang Erupsi Lagi, BMKG Efektifkan Lima Stasiun Pendeteksi Tsunami

Alas Purwo.

Photo :
  • U-Report

Soal keangkerannya, hutan Alas Purwo sudah bukan lagi menjadi rahasia umum, karena hutan ini diketahui menyimpan berbagai misteri. Hutan paling angker di Pulau Jawa ini terletak di ujung timur Jawa tepatnya di Kabupaten Banyuwangi. Fungsi utama hutan Alas Purwo ini sebenarnya adalah hutan lindung untuk beberapa spesies tumbuhan dan hewan yang menjadi tempat tinggalnya. 

Gunung Ruang Kembali Erupsi, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Lagi Sementara

Namun, di balik itu semua, Alas Purwo menyimpan misteri dan kisah mistis yang menyelimuti. Konon katanya, hutan ini menjadi tempat berdirinya kerajaan jin terbesar yang ada di Pulau Jawa. Salah satu sosok yang terkenal bernama Gayatri, penjaga gaib yang berbentuk hantu perempuan yang memakai pakaian Jawa secara lengkap dengan selendang. 

2. Gunung Lawu

Tersesat di gunung Lawu.

Photo :
  • U-Report

Gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur ini menyimpan misteri yang sudah tidak asing lagi di telinga para pendaki. Cerita mistis yang ada di hutan paling angker di Pulau Jawa ini adalah pasar setan. 

Pasar setan ini terletak di dekat Hargo Dalem, salah satu puncak yang ada di Gunung Lawu. Sesuai namanya, pasar setan ini tentu saja tidak kasat mata. Hanya orang-orang yang memiliki kemampuan tertentu yang dapat melihat dan mendengar pasar ini. 

3. Goa Jepang dan Goa Belanda

Goa Belanda Jepang di Dago Pakar, Bandung

Photo :
  • Antara/ Lucky R

Goa Jepang dan Goa Belanda merupakan salah satu dari sekian banyak tempat angker yang berada di Jawa Barat. Sejatinya, kedua goa tersebut terletak di kompleks Taman Hutan Raya Juanda. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini memang sangat banyak, tapi tidak mampu untuk menepis tingkat keangkeran dari goa tersebut. 

Pada awalnya, Goa Belanda digunakan untuk gedung senjata, tapi tempat ini juga dipakai sebagai lokasi pembantaian masyarakat pribumi. Maka dari itu, goa ini diklaim angker sampai saat ini. Konon katanya, wisatawan dilarang untuk mengucapkan kata “lada” ketika berada di kawasan Goa Belanda. Masyarakat setempat meyakini bila menyebutkan kata tersebut penghuninya akan marah karena “lada” adalah nama sesepuh mereka. 

4. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Photo :
  • U-Report

Hutan paling angker di Pulau Jawa berikutnya ada di Gunung Ciremai. Banyak para pendaki yang mengatakan bahwa gunung ini sangat angker. Biasanya mereka akan mendengarkan suara gamelan atau muncul penampakan Nyi Linggi yang muncul dengan dua ekor macam kumbang. 

5. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon.

Photo :
  • U-Report

Taman Nasional Ujung Kulon yang berada di Banten juga menyimpan sebuah cerita mistis yang sangat mencekam. Cerita tersebut adalah tentang sosok harimau gaib dengan ukuran yang besar. Sosok ini diketahui memiliki sebutan Abah Gede yang merupakan penjaga gaib. 

6. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede

Photo :
  • http://www.volcano.si.edu

Gunung Gede Pangrango ini terletak di Sukabumi, Jawa Barat dan termasuk ke dalam salah satu hutan paling angker di Pulau Jawa lantaran sering terjadi hal-hal di luar nalar. Pernah ada sebuah cerita seorang pendaki yang merasa diikuti oleh jin hitam sangat besar dan pernah sejenak dibawa ke kerajaan gaib. 

7. Gunung Raung

Gunung Raung

Photo :
  • U-Report

Rupanya Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu daerah penyumbang terbanyak dalam hutan paling angker di Pulau Jawa. Selain memiliki Alas Purwo, Banyuwangi juga memiliki Gunung Raung yang dikenal dengan kisah Pondok Demit atau Pasar Setan yang mengerikan. 

8. Lapas Nusakambangan

Aktivitas persiapan eksekusi mati di Lapas Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah pada tahun 2016 lalu

Photo :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Lapas yang berada di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah ini dikenal sebagai penjara dengan keamanan super tinggi. Pulau yang menampung sejumlah penjahat kelas kakap ini mempunyai berbagai cerita misteri, apalagi lapas tersebut dikepung dengan hutan lebat yang dipenuhi oleh hewan buas. 

Selain itu, dengan banyaknya tahanan yang dieksekusi mati di pulau tersebut. Tidak heran bila lokasi ini sudah ada sejak zaman Belanda dan dikatakan sebagai salah satu lokasi paling angker di Pulau Jawa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya