15 Fakta Islam, Agama Tertua dan Terbesar ke-2 di Dunia

Mekah, Kabah
Sumber :
  • Pixabay/ Odien

VIVA – Islam adalah agama yang didirikan lebih dari 1400 tahun yang lalu oleh Nabi Muhammad (saw). Dalam beberapa dekade terakhir, ini telah menjadi objek kecurigaan dan ketidakpercayaan ekstrem yang harus memicu penyelidikan dan diskusi lebih lanjut. Pengikut agama ini dapat ditemukan di setiap sudut dunia

Ngeri! Gelombang Panas Tewaskan 150 Ribu Orang di Seluruh Dunia

Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia setelah Kristen, dengan sekitar 1,8 miliar Muslim di seluruh dunia. Berikut fakta menarik tentang Islam, yang dikutip dari facts.net.

1. Islam Adalah Salah Satu Agama Tertua

Belajar Jadi Pendeta, Wanita Ini Malah Mantap Mualaf dan Berhijab

kabah.

Photo :
  • dok.ist

Fakta Islam menyatakan bahwa agama dimulai di Arab Saudi sekitar 600 M, dan dimulai oleh Muhammad di kota suci Mekah. Di sinilah Muhammad mengetahui tentang Allah dan mulai berkhotbah. Dia awalnya tidak dapat menarik banyak pengikut di Mekah dan melakukan perjalanan ke Madinah di mana ajarannya diterima dengan lebih baik.

Keistimewaan Makam Baqi dan Ma'la, Tak Pernah Penuh Walau Jenazah Ditimbun Berulang

2. Islam artinya Damai

Al Quran, Islam

Photo :
  • Pixabay/ Pexels

Arti kata Islam dalam bahasa Arab adalah "perdamaian, keamanan, dan penyerahan". Seseorang yang mempraktekkan Islam disebut seorang Muslim, yang berarti “orang yang secara damai berserah diri kepada Tuhan.” Muslim tidak mengacu pada ras atau asal, tetapi untuk seorang pengikut Islam.

3. Ada Lima Rukun Amalan dalam Islam

Bacaan Syahadat.

Photo :
  • U-Report

Untuk dianggap sebagai Muslim sejati, kelima rukun ini harus dipraktikkan dengan usaha yang konsisten. Mereka termasuk pernyataan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan bahwa Muhammad adalah seorang nabi Tuhan, sholat lima waktu, memberikan 2,5% dari kelebihan kekayaan kepada yang membutuhkan setiap tahun, ziarah ke Mekah setidaknya sekali seumur hidup, dan puasa. Lebih rincinya yaitu membaca dua kalimat syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji bagi yang mampu.

4. Ada Enam Rukun Iman dalam Islam

Kaligrafi Allah

Photo :
  • Pixabay/ John1cse

Keyakinan dasar iman dalam Islam adalah sebagai berikut: Muslim percaya pada Satu Tuhan dan semua nabi Tuhan yang benar. Mereka juga percaya pada kitab suci asli yang diwahyukan kepada Musa, Daud, Yesus dan Muhammad. Mereka percaya pada malaikat dan hari kiamat dan akhirat. Keyakinan terakhir berfokus pada takdir.

5. Islam Adalah Salah Satu Agama dengan Pertumbuhan Terpesat

Ilustrasi masjid tembat berdoa orang muslim (pixabay)

Photo :
  • U-Report

Fakta Islam menunjukkan bahwa ada 1,57 miliar Muslim di dunia, yang merupakan 23 persen dari total populasi. Siapapun bisa menjadi Muslim jika mereka mau. Mereka harus membuat pernyataan yang disebut syahadat, yang menjadi saksi keyakinan bahwa ada Satu Tuhan, dan bahwa Muhammad adalah seorang nabi Tuhan.

6. Islam Ajarkan Akan Ada Hari Pembalasan
Sementara Muslim percaya bahwa Yesus adalah seorang nabi Tuhan, mereka tidak percaya bahwa dia mengampuni semua dosa dengan disalibkan di kayu salib dan dibangkitkan oleh Tuhan. Sebaliknya, Islam mengajarkan bahwa pada Hari Pembalasan, setiap orang akan dibangkitkan. Mereka kemudian akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatan mereka di hadapan Allah. Muslim terus berdoa untuk penerimaan Tuhan dan pengampunan dosa-dosa mereka.

7. Al-Qur'an Adalah Wahyu Tertulis dari Tuhan
Islam difokuskan di sekitar Quran, sebuah karya tertulis oleh Muhammad dan para sahabatnya. Teks itu ditulis oleh Tuhan, dan diwahyukan kepada Muhammad melalui malaikat Jibril. Bahkan jika semua salinan Quran dihancurkan hari ini, pesannya akan tetap hidup. Ini karena jutaan Muslim, yang disebut hafi, telah menghafal seluruh Quran, huruf demi huruf.

8. Tindakan Teroris yang Dilakukan Atas Nama Allah tidak Disahkan oleh Islam
Terorisme dan kekerasan tidak didukung oleh Islam. Pembunuhan dan ancaman sipil dilarang dalam agama. Islam dimaksudkan untuk membawa perdamaian bagi masyarakat dan para anggotanya diperintahkan untuk menjadi anggota masyarakat yang damai. Aksi terorisme yang mengatasnamakan Islam bukanlah representasi agama yang sebenarnya.

9. Wanita Tidak Tertindas dalam Islam
Fakta Islam menunjukkan bahwa, bertentangan dengan kepercayaan populer, wanita tidak ditindas oleh pria Muslim. Islam tidak melarang wanita untuk mencari uang, memiliki harta benda, mendapatkan pendidikan, mendapatkan warisan, memilih, beribadah atau meminta cerai. Muhammad berkhotbah bahwa "... yang terbaik di antara kamu adalah mereka yang memperlakukan istri mereka dengan baik."

Wanita Muslim yang taat mengenakan penutup aurat seperti Jilbab untuk memenuhi perintah Allah untuk berpakaian sopan. Penutup kepala telah lama populer di kalangan banyak wanita religius dari berbagai denominasi, termasuk Bunda Teresa dan Bunda Maria.

10. Perjodohan diperbolehkan dalam Islam
Perjodohan diperbolehkan, dan masih dipraktekkan di beberapa sudut dunia oleh umat Islam. Akan tetapi, salah satu syarat sahnya akad nikah Islami adalah kedua belah pihak yang akan dinikahkan harus ada persetujuan. Perceraian juga diperbolehkan dalam Islam, dan dapat diprakarsai oleh salah satu anggota. Agar perceraian dapat dikabulkan, pedoman harus diikuti yang melindungi semua pihak yang terkena dampak, termasuk wanita, anak-anak, dan bahkan anak-anak yang belum lahir jika berlaku.

11. Muslim Menghadap Kiblat Saat Sholat
Muslim berdoa lima kali sehari, dan ketika mereka melakukannya, mereka harus menghadap Ka'bah di Mekah, Arab Saudi, di mana pun mereka berada di planet ini. Ka'bah adalah struktur batu berbentuk kubus yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan putranya Ismail. Mereka tidak melakukan ini untuk menyembah Ka'bah, tetapi untuk tetap seragam dalam beribadah, dan sebagai tanda kepercayaan mereka bersama. Sebenarnya tidak ada apa-apa di Ka'bah.

12. Zaman Keemasan Islam Berfokus pada Kecerdasan
Antara abad ke-8 dan ke-13, umat Islam dipengaruhi oleh bagian Al-Qur'an yang menyatakan "tinta ulama lebih suci daripada darah para syuhada." Hal ini menyebabkan fokus pada sains, astronomi, kimia, fisika, matematika, kedokteran dan filsafat di seluruh budaya Islam.

Sebuah Rumah Kebijaksanaan telah dibuat, di mana para sarjana dari semua agama bisa berkumpul dan menerjemahkan karya-karya penting pengetahuan ke dalam bahasa Arab. Ini melestarikan banyak karya klasik, yang akhirnya diterjemahkan ke dalam bahasa lain, termasuk bahasa Ibrani dan Latin.

13. Dunia Islam Bertanggung Jawab atas Banyak Penemuan
Muslim menemukan asam sitrat dan bertanggung jawab atas gagasan rumah sakit pendidikan dan marching band. Mereka juga menemukan gitar, kecapi, dan pipa air. Mereka adalah pelopor dalam aljabar dan hukum pembiasan. Mereka juga berada di balik pengembangan kopi.

14. Islam Percaya Banyak Nabi
Muslim percaya bahwa, selama bertahun-tahun, ada lebih dari 124.000 nabi yang diutus oleh Tuhan kepada umat manusia untuk membimbing mereka dan mengajari mereka jalan-jalan Islam. Hanya 25 yang disebutkan namanya dalam Al-Qur'an. Yang paling awal adalah Adam, dan nabi terakhir adalah Muhammad.

15. Jihad Bukan Berarti Perang Suci dalam Islam
Jihad diproklamirkan oleh banyak orang yang salah mengartikan Islam. Terjemahan yang sebenarnya berarti berjuang. Hal ini dianggap oleh beberapa orang sebagai rukun Islam keenam, tetapi ini tidak memiliki status resmi.

Fakta Islam menunjukkan bahwa itu adalah salah satu agama yang paling banyak diikuti di dunia. Itu juga salah satu yang tertua. Ini telah disalahartikan oleh orang-orang dengan niat buruk, dan sebenarnya merupakan agama perdamaian dan penerimaan. Ada banyak kesalahpahaman tentang agama dan budaya pengikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya