7 Hal yang Gak Kamu Sadari Biasa Terjadi di Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Awal bulan April mendatang, bulan puasa Ramadhan akan tiba. Ramadhan selalu menjadi waktu yang tepat untuk bercengkerama dengan batin kita dan dengan sang pencipta kita. Di penghujung bulan yang penuh berkah, bukan tentang seberapa bagus baju baru yang kita kenakan, atau seberapa banyak kita memasak untuk Idul Fitri, tetapi amal baik yang kita lakukan akan membantu kita menjadi orang yang lebih baik. Berikut 7 amalan baik yang mudah dilakukan selama Ramadhan yang akan menuai hasilnya, dikutip dari havehalalwilltravel.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

1. Menyiapkan makanan untuk orang tersayang

Memasak

Photo :
  • Pixabay
5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Zaid bin Khaalid al-Juhani berkata: Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan: “Barang siapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan pahala seperti dia, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikit pun.” Sahih At-Tirmidzi. 

2. Terhubung kembali dengan teman lama saat berbuka puasa

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Ilustrasi sedang makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan: "Barang siapa yang ingin diperpanjang rezekinya dan diperpanjang jangka hidupnya, hendaklah memelihara tali persaudaraan." (Al Adab Al Mufrad).

Alasan lain mengapa banyak Muslim menantikan bulan Ramadhan yang penuh berkah adalah kemampuan untuk menghidupkan kembali persahabatan lama saat berbuka puasa? Ada juga berbagai pilihan yang bisa kamu dan pasangan kamu pilih.

Mulai dari makanan lama yang lezat di masjid hingga berbagai bazaar yang tak tertahankan. Ketika kamu penuh dengan acara dan komitmen kerja sepanjang tahun, rasanya menyenangkan untuk bersantai dan minum teh (dan kencan) dengan teman lama.

3. Membaca dan menginternalisasi Al-Qur'an setiap hari

Kitab Suci Alquran.

Photo :
  • U-Report

Bagi banyak orang, membaca Al-Qur'an itu mudah. Namun seringkali, kita sering mengabaikan internalisasi makna Al-Qur'an dan menanamkan ajarannya dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Ramadhan juga dikenal sebagai bulan Al-Qur'an jadi cara apa yang lebih baik untuk merayakan bulan yang indah ini selain membacanya setiap hari? Kamu juga dihargai untuk setiap huruf Arab yang dibaca. 

Keindahan Islam adalah bagaimana kita dihargai atas niat (niat) dan usaha kita, bukan pada produk akhir. “(Inilah) bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-penjelasan yang memberikan petunjuk, dan Pembeda (untuk membedakan yang hak dan yang batil). Maka barang siapa di antara kamu yang menyaksikan bulan ini, hendaklah dia berpuasa.” [2:185]

4. Lakukan sholat sunnah

sholat

Photo :
  • U-Report

Cara lain untuk merasa berhasil selama Ramadhan adalah mengetahui bahwa kamu telah berusaha untuk melakukan sholat non-wajib sebelum atau sesudah salat Fardhu. Di bulan yang penuh berkah, sholat sunnah 2 hingga 20 rakaat yang kamu lakukan bisa menjadi pintu gerbang untuk menerima dari Allah apa pun yang kamu dambakan. 

5. Memberikan sedekah

Ilustrasi sedekah.

Photo :
  • U-Report

Selain zakat wajib, sebagai umat muslim dianjurkan untuk bersedekah ekstra selama bulan Ramadhan yang penuh berkah. Sedekah tidak serta merta berarti meninggalkan harta, bahkan membantu orang tua untuk memasak atau menyumbangkan pakaian lama kamu kepada orang yang lebih membutuhkan juga merupakan bagian dari sedekah. 

Kepuasan dan kebahagiaan yang akan kamu rasakan setelah membantu seseorang untuk meringankan hari mereka pasti tak terlukiskan. Bahkan tersenyum pada orang asing juga merupakan amal! 

Jabir bin Abdullah meriwayatkan: Rasulullah SAW bersabda, “Setiap kebaikan adalah sedekah. Sungguh, adalah perbuatan baik untuk bertemu saudaramu dengan wajah ceria, dan menuangkan apa yang tersisa dari embermu ke dalam bejana saudaramu.” 

6. Perbanyak mengingat Allah

photo orang dzikir

Photo :
  • unsplash.com

Awali dan akhiri Ramadhan dengan mengingat mengapa kamu memilih berpuasa sejak awal, dan itu semua karena Allah S.W.T. Selama bulan suci Ramadhan ini, sangat penting untuk meningkatkan dzikir kepada Allah dengan melakukan hal-hal sederhana seperti zikir atau meluruskan niat Kita juga bisa melakukannya dengan menghadiri ceramah atau acara keagamaan yang mendekatkan masyarakat.

7. Acara amal

Ilustrasi beramal.

Photo :

Waktu selalu merupakan hadiah terbaik yang dapat kamu berikan kepada seseorang. Oleh karena itu, menjadi relawan tidak berhenti di bulan Ramadhan. Sebenarnya, itu akan mendorong kamu untuk melakukan yang terbaik saat menawarkan bantuan kepada siapa pun. 

Jumlah kegiatan yang dapat kamu lakukan tidak terbatas karena ada banyak organisasi kesejahteraan yang selalu membutuhkan relawan. Selain peningkatan imbalan, menjadi sukarelawan juga memperluas perspektif kamu dalam hidup dan jejaring sosial. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya