Hari Lelucon Sedunia? Ini Asal-usul April Mop Sudah Ada Sejak 1582

Hari April Mop
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Hari April Mop dirayakan setiap tahun pada tanggal 1 April. Perayaan ini telah berlangsung selama beberapa abad oleh budaya yang berbeda. Meskipun asal-usul berbeda tiap negar, namun tetap menjadi misteri. 

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Tradisi Hari April Mop termasuk bermain hoax atau lelucon praktis pada orang lain dan sering meneriakkan "April Mop!" di akhir untuk petunjuk dalam subjek lelucon Hari April Mop. Sementara sejarah tepatnya diselimuti misteri, pelukan lelucon April Mop oleh media dan merek-merek besar telah memastikan umur panjang liburan tidak resmi itu.

Asal Usul Hari April Mop

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Melansir dari history, beberapa sejarawan berspekulasi bahwa April Mop berlangsung sejak tahun 1582, ketika Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang disebut oleh Dewan Trent pada tahun 1563. Dalam Kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar 1 April.

Orang-orang yang lambat mendapatkan berita atau tidak menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April menjadi bahan lelucon dan hoaks yang disebut “April bodoh.” 
Lelucon ini termasuk menempatkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai "poisson d'avril" (ikan April), dikatakan melambangkan ikan muda yang mudah ditangkap dan orang yang mudah tertipu.

Kasus Pelecehannya Jadi Bahan Candaan, Saipul Jamil: Siapa yang Bangga dengan Kejahatan?

Hilaria di Roma Kuno

Sejarawan juga menghubungkan Hari April Mop dengan festival seperti Hilaria (Latin untuk kegembiraan), yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele. Ini melibatkan orang-orang berdandan dalam penyamaran dan mengejek sesama warga dan bahkan hakim dan dikatakan terinspirasi oleh legenda Mesir Isis, Osiris dan Seth.

Vernal Equinox dan April Mop

Ada juga spekulasi bahwa Hari April Mop terkait dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di belahan bumi utara, ketika alam menipu orang-orang dengan cuaca yang berubah dan tidak dapat diprediksi.

Sejarah Hari April Mop

Hari April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi menjadi acara dua hari, dimulai dengan "berburu gowk", di mana orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh) dan diikuti oleh Tailie Day, yang melibatkan pranks dimainkan di pantat orang, seperti menjepit ekor palsu atau tanda "tendang saya" pada mereka.

Apakah Hari April Mop dirayakan di seluruh dunia?

Melansir dari reader’s digest, Hari April Mop secara teknis dianggap sebagai hari libur nasional, banyak negara telah mengadopsi gagasan bermain lelucon pada atau sekitar tanggal 1 April.

Misalnya, Prancis merayakan Hari April Mop pada bulan April pertama dengan menempelkan ikan kertas ke punggung sebanyak mungkin orang, sambil meneriakkan "Poisson d'Avril!" Ini cenderung menjadi sesuatu yang anak-anak ambil lebih dari orang dewasa.

Di Yunani, berhasil menipu seseorang pada hari ini dikatakan membawa keberuntungan sepanjang tahun. Di beberapa bagian negara, curah hujan pada tanggal 1 April dikatakan memiliki kemampuan penyembuhan.

Meskipun tak satu pun dari negara-negara ini merayakan Hari April Mop seperti Amerika Serikat, mereka masih memiliki metode sendiri untuk menipu orang. Sekarang setelah kamu mengetahui asal usul Hari April Mop, apakah kamu juga akan merayakan Hari April Mop?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya