Ketahui Asal-Usul April Mop yang Selalu Diperingati Setiap 1 April

April Mop
Sumber :
  • plasticstoday

VIVA Lifestyle  – April Mop yang diperingati setiap 1 April telah menjadi bagian dari perayaan budaya selama berabad-abad di berbagai tempat di seluruh dunia.

Fakta-fakta Unik Tentang Uzbekistan, Negara Double Landlocked yang Jauh Dari Laut!

Hari April Mop atau April Fools biasanya dirayakan dengan berbagai lelucon atau bohongan semata kepada orang yang dituju, seringkali diakhiri dengan seruan "April Mop!" untuk menunjukkan bahwa itu adalah April Mop.

Ilustrasi 1 April atau April Mop

Photo :
  • Pixabay/ Alexas_Fotos
Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Orang-orang yang tidak menyadari bahkan tidak mengetahui momen April Mop, mereka akan menjadi sasaran empuk. Lelucon ini termasuk menempelkan ikan kertas di punggung orang dan disebut sebagai "poisson d'avril", yang konon merujuk pada orang yang mudah tertipu.

Bagaimana asal usul April Mop atau yang dikenal April Fools?

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa sejarawan berpendapat bahwa tradisi April Mop dimulai pada tahun 1582, ketika Prancis mengubah kalendernya dari Julian ke Gregorian sesuai dengan keputusan Konsili Trente pada tahun 1563. Di bawah kalender Julian, tahun baru dimulai pada 1 April seperti yang dilansir dari History pada Senin, 1 April 2024.

Sejarawan juga menghubungkan tradisi April Mop dengan festival Hilaria di Roma kuno, yang dirayakan pada akhir Maret oleh anggota sekte Cybele. Selama festival, orang menyamar dan mengejek satu sama lain, bahkan terhadap hakim. Orang-orang Mesir Isis, Osiris, dan Seth adalah inspirasi dari aksi ini.

Pada tahun 1700-an, kebiasaan April Mop menyebar ke seluruh Inggris. Seiring berjalannya waktu, lelucon yang dibuat tentang April Mob menjadi semakin berlebihan. Salah satu tindakan yang paling umum adalah mengganti gula dengan garam. Pada 1 April, sepertinya orang-orang boleh berlucu dan tidak akan dianggap salah. 

Di zaman yang sudah modern ini, orang-orang di belahan dunia merayakan April Mop dengan membuat trik  yang lebih kompleks. Surat kabar, stasiun radio, TV, dan situs web telah mengikuti kebiasaan yang dikenal sebagai "April Mop" pada tanggal 1 April ini dengan menyebarkan berita bohong yang berlebihan untuk mengerjai audiens mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya