8 Hukuman Mati Tersadis Dalam Sejarah Dunia

Ilustrasi dikuliti
Sumber :
  • medievalists

VIVA – Ternyata di dunia kuno ada beberapa cara untuk mengeksekusi pria dan wanita yang dikutuk (menguliti salah satunya). Melansir dari history, berikut 8 hukuman mati tersadis dalam sejarah dunia.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

1. The Brazen Bull/Banteng Kurang ajar

Bisa dibilang tokoh paling terkenal dari Yunani Kuno adalah Socrates Athena (470-399 SM), dieksekusi di usia tua dengan diperintahkan untuk minum hemlock (tanaman berbunga yang beracun). 

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Metode eksekusi tidak langsung ini merupakan tipikal hukuman mati yang diberikan kepada warga Athena. Mereka bisa dibuang ke hutan belantara untuk mati karena terpapar atau dibuang ke jurang untuk mati karena luka-luka mereka. (Meskipun budak cenderung dipukuli sampai mati dengan tongkat).

Namun, seorang penguasa Yunani diduga telah menggunakan sesuatu yang jauh lebih jahat. Pada abad keenam SM, Phalaris, tiran Akragas di Sisilia, dihadiahi alat yang dibuat oleh pematung Attic Perillos. Ini dikenal sebagai 'banteng kurang ajar'. Terbuat seluruhnya dari perunggu dan seukuran banteng asli, terhukum ditempatkan di dalam banteng berlubang melalui pintu kecil di belakang. 

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Api besar akan menyala di bawahnya, dan orang yang malang di dalamnya akan perlahan-lahan terpanggang hidup-hidup. Banteng kurang ajar memiliki sistem pipa di dalamnya yang mengubah jeritan korban yang terbakar menjadi 'mooing' dari mulut banteng. Bahkan Phalaris tiran yang terkenal kejam dikejutkan oleh perangkat itu dan berpikir pantas untuk menguji banteng dengan melemparkan penemunya ke dalam. 

2. Kematian karena logam cair

Di Israel Kuno, hukum Musa mendefinisikan 36 kejahatan sebagai hukuman mati. Mereka yang bersalah karena inses dan perzinahan dengan putri yang sudah menikah dari seorang anggota imamat dieksekusi dengan cara dibakar, tetapi tidak dengan dibakar dari luar.

Pertama, orang yang bersalah akan dicekik dengan tali oleh dua orang saksi yang tidak terpisahkan dari kasus tersebut. Itu adalah tali yang lembut karena dianggap manusiawi untuk tidak menyebabkan penderitaan tambahan dengan bahan kasar. Ketika pencekikan menyebabkan terhukum terengah-engah, timah cair dituangkan ke tenggorokannya.

3. Poena Cullei

Dua ribu tahun yang lalu di Roma Kuno, pembicaraan tentang mendapatkan 'pemecatan' mungkin berarti hukuman mati yang mengerikan poena cullei ('hukuman pemecatan').

Hukumannya berupa orang yang terkutuk dicambuk atau dipukuli sebelum dijahit ke dalam karung besar dan dibuang ke sungai atau laut. Tapi mereka tidak akan sendirian di dalam karung. Orang tersebut dimasukkan dalam karung bersama beberapa hewan seperti ular, ayam, kera, dan anjing.

4. Menguliti

Menguliti ini akan membuang kulit korban, biasanya dengan membuat sayatan dengan pisau ke kaki, pantat, dan dada, lalu membuang kulit seutuh mungkin. Menguliti seseorang hidup-hidup telah digunakan sebagai metode eksekusi di berbagai belahan dunia selama berabad-abad, termasuk di Roma Kuno, Inggris abad pertengahan, dan Kekaisaran Ottoman.

Raja-raja Kekaisaran Asyur 911-609 SM gemar menguliti musuh-musuh mereka, terutama para pemimpin pemberontak. Praktek itu jelas merupakan sumber kebanggaan bagi kekaisaran, mewakili penaklukan musuh. Silinder Rassam adalah catatan kontemporer tindakan militer raja Ashurbanipal abad ke-7 SM. Dalam satu bagian dikatakan: 'Mayat mereka mereka gantung di tiang, mereka menanggalkan kulit mereka dan menutupi tembok kota dengan mereka.'

5. Potongan Pinggang

Li Si (280-208 SM) adalah seorang tokoh terkemuka di awal Kekaisaran Tiongkok. Seorang penulis, politisi, dan filsuf, ia akhirnya berada di sisi yang salah dari ajudan politik yang kuat Zhao Gao (w. 207 SM), yang mengeksekusinya sesuai dengan 'Lima Rasa Sakit' kuno.

Pertama, hidung Li Si dipotong, lalu kakinya, lalu tangannya, lalu dia dikebiri (penis dan buah zakarnya dicabut), lalu akhirnya dia dipotong dua di pinggang. Gao juga memerintahkan agar seluruh keluarga besar Li Si dieksekusi, sampai tingkat ketiga, sejalan dengan praktik 'penuntutan kolektif' Tiongkok kuno.

'Pemotongan pinggang' melibatkan algojo menggunakan instrumen berbilah yang sangat besar untuk mengiris tahanan yang malang menjadi dua di pinggang, kehilangan organ vital dan menyebabkan kematian yang lambat dan menyakitkan. 'Potongan pinggang' tidak secara resmi dihapuskan di Cina sampai abad ke-18.

6. Mata dicopot

Pada masa Kekaisaran Babilonia Pertama (c. 1894 SM – c. 1595 SM) di Irak modern, penekanannya adalah pada keseimbangan. Prinsip talio, hukum pembalasan dendam sangat penting. Para pembuat sumpah palsu akan kehilangan lidah mereka dan pemerkosa akan dikebiri. Namun, itu tidak berlaku sama untuk semua orang. Orang bebas yang menyerang atau bahkan membunuh seorang budak biasanya hanya akan didenda.

Gaya hukuman ini meluas ke hukuman mati juga. Seseorang yang tertangkap menjarah api rumah akan dieksekusi di sana dan kemudian dengan dilemparkan ke dalam gedung yang terbakar! Pencuri juga akan digantung di tempat mereka merampok.

Kelalaian juga bisa dihukum mati. Pembangun dihukum mati jika salah satu konstruksi mereka runtuh dan membunuh seseorang. Ketidaksetaraan budak di hadapan hukum juga dibuktikan di sini. Baris 218 dari Babilonia Code of Hammurabi menetapkan bahwa jika seorang ahli bedah membunuh seorang budak melalui malpraktek, ia hanya perlu 'memulihkan', yaitu, menggantikan, budak.

7. Penyaliban

Roma kuno adalah tempat yang brutal, dan keadilan berbasis kelas. Penyaliban biasanya diperuntukkan bagi budak dan orang yang dihina (warga negara Romawi kelas dua), meskipun ada kasus orang Romawi kelas atas disalibkan. Penyaliban yang malang biasanya akan ditelanjangi, kemudian dicambuk dan dipukuli dan kemudian dipaksa untuk membawa salib kayu besar ke tempat eksekusinya.

Mereka selanjutnya akan dipakukan di kayu salib melalui tangan dan kaki. Tentara atau pengamat akan menusuk, memukul, atau mempermalukan korban. Disalibkan terbalik dianggap sebagai rahmat karena kematian datang lebih cepat. Penyebab kematian sebenarnya bervariasi kasus per kasus. Penyaliban dihapuskan di seluruh Kekaisaran Romawi pada tahun 337.

8. The Boats

Mithridates (meninggal 401 SM) adalah seorang prajurit yang hidup dan berperang selama Kekaisaran Persia (Achaemenid) Pertama. Mithridates, mabuk pada jamuan makan kerajaan, mengkhianati kepercayaan Raja Artaxerxes II. Raja, malu dan marah, memerintahkan hukuman paling terkenal di dunia kuno skafisme, atau 'perahu'.

Menurut Plutarch (46-119), menulis ratusan tahun kemudian, hukuman dimulai dengan yang dihukum dibawa ke badan air dan ditempatkan di dalam perahu. Perahu identik lainnya kemudian disegel di atasnya untuk membuat semacam cangkang, dengan lengan, kaki, dan kepala pria itu mencuat dari samping.

Dia kemudian akan dipaksa makan madu dan susu, menutupi wajah, lengan dan kakinya. Setelah beberapa saat di bawah sinar matahari langsung, wajah dan anggota tubuhnya akan benar-benar tertutup lalat. Menderita diare di dalam perahu, hama akan memakan kotorannya dan kemudian juga mulai memasuki tubuh pria itu dan memakannya dan melahapnya di dalam dan luar. Mithridates tampaknya bertahan selama 17 hari di 'perahu' sebelum mati.

Penggunaan hukuman mati yang biadab dan tanpa ampun terus berlanjut tidak hanya sepanjang zaman kuno dan abad pertengahan, tetapi juga hingga era modern. Sistem 'Bloody Code' yang diberlakukan di Inggris pada tahun 1723 membuat lebih dari 200 pelanggaran yang dapat dihukum mati, termasuk merusak kolam ikan, menebang semak hias, dan memasang wajah jelaga di jalan pada malam hari. Prancis terakhir memenggal seseorang pada tahun 1977.

Saat ini, hukuman mati dipertahankan oleh 56 negara di dunia, meskipun hanya 18 negara yang melakukan eksekusi pada tahun 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya