Menguak Mitos Pohon Bambu Seram dan Jadi Sarang Hantu, Ini Faktanya!

Ilustrasi pohon bambu
Ilustrasi pohon bambu
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, pohon bambu bukan sekadar tanaman biasa. Pohon satu ini kerap dihubungkan dengan hal-hal mistis. Tanaman yang paling cepat tumbuh ini kerap dianggap seram, karena memiliki hawa dingin. Karena hal tersebutlah, pohon bambu kerap dianggap sebagai tempat tinggal bahkan menjadi sarang hantu. Benarkah?

Mitos tersebut langsung dipatahkan oleh Founder Yayasan Bambu Lestari, Monica Tanuhandaru. Menurutnya, hawa dingin yang ditimbulkan dari pohon bambu, bukan berasal dari makhluk halus

"Pertama tidak hanya bambu, kalau masuk ke bawah kanopi hutan, pasti dingin, tidak hanya bambu. Bambu punya kelebihan karena dia lahannya basah, dia menyerap air dan menyimpan air, oleh karena itu lahannya basah," jelas dia saat Peluncuran Kampanye 'Cut the Tosh' Multi Bintang Indonesia, di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu 18 Mei 2022. 

"Karena dia (pohon bambu) punya tabungan airnya besar, satu rumpun itu bisa menyimpan 5000 liter air. Jadi semua pohon akan menurunkan suhu. Kalau soal mitos seram, angker, semua hutan dari dulu dicap begitu," sambung dia. 

Pohon bambu

Pohon bambu

Photo :
  • http://www.scenicreflections.com

Monica kembali menegaskan jika merasakan hawa dingin ketika berada di sekitaran pohon bambu, itu bukan karena pohon tersebut berhantu. 

"Karena kandungan airnya, karena memang secara biologis bambu, daunnya, kanopinya menutupi cahaya matahari. Oleh karena itu, bisa melindungi tanaman yang tidak perlu kena matahari," ungkapnya.