8 Bahaya Berenang di Sungai yang Patut Diwaspadai, Nyawa Bisa Terancam

Ilustrasi Ganggang atau Algae
Ilustrasi Ganggang atau Algae
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Ada beberapa bahaya berenang di sungai yang bisa mengancam kesehatan dan bahkan nyawa sekalipun. Berenang sendiri merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup populer dan banyak digemari. Selain menyenangkan, berenang juga memiliki banyak manfaat. Berenang bisa menguatkan otot, menjaga berat badan, menambah tinggi badan, dan baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Olahraga yang satu ini bukan hanya bisa dilakukan di kolam renang, tapi juga di alam bebas, seperti sungai, danau, dan laut. Berenang di alam bisa disebut mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk mengendurkan otot yang tegang dan membuat kita lebih rileks. Apalagi berenang di alam bebas diyakini lebih sehat ketimbang berenang di kolam dengan air yang mengandung klorin tinggi. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berenang di alam bebas, terutama di sungai. Walaupun air di sungai tidak mengandung klorin, tapi air di sungai ini tidak bisa dikatakan bersih pula. Untuk itu, mari kita simak ulasan tentang bahaya berenang di sungai yang dirangkum VIVA dari Showbiz CheatSheet

1. Ada Ganggang

Ilustrasi Ganggang atau Algae

Ilustrasi Ganggang atau Algae

Photo :
  • Tangkapan Layar

Di danau yang tenang atau sungai yang berarus tenang, ada potensi beberapa ganggang untuk tumbuh. Namun bila kamu pergi berenang selama ganggang mekar, kamu berisiko terkena penyakit. Apalagi bila kamu atau anak kecil tidak sengaja meminum sebagian airnya. Namun, tak semua alga berbahaya, tetapi beberapa jenis, salah cyanobacteria, sangat berbahaya untuk manusia.

Departemen Kesehatan Washington memperingatkan bahwa ganggang jenis cyanobacteria sangat beracun dan bila terkena pada manusia maka ia akan mengalami iritasi kulit, mata atau telinga. Bila ganggang ini tertelan, bisa mengakibatkan kram perut, muntah, diare, sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi atau kurasakan saraf serta hati. 

Halaman Selanjutnya
img_title