10 Fakta Menyeramkan Tentang Setan, Wujudnya Selalu Berubah!

Ilustrasi setan berseliweran.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ternyata ada beberapa fakta menyeramkan tentang setan, yang menarik dicari tahu. Mungkin sebagian dari kita banyak yang tidak tahu, beberapa fakta menyeramkan tentang setan ini memang benar adanya. Di kehidupan manusia pastinya berdampingan dengan setan atau makhluk tak kasat mata.

Unik, Pawai Takbir di Lombok Ada 'Setan' dan Miniatur Masjid dari Botol

Setan dikenal banyak orang sebagai iblis. Tidak hanya itu, mereka juga dikenal sebagai representasi kejahatan yang ada di dunia, selain penjahat,pencuri, dan sebagainya. Selama ribuan tahun, karakter ini telah ditulis di berbagai teks agama sebagai musuh Tuhan.

Tetapi apakah Setan mewakili seseorang, atau apakah dia hanya karakter fiksi, dan bagaimana dia berakhir di neraka? Berikut adalah 10 fakta menyeramkan tentang setan yang harus Anda ketahui.

Ustaz Khalid Basalamah Bongkar Alasan Kenapa Kalau Pergi ke Dukun Tempatnya Selalu Gelap

Ilustrasi setan.

Photo :
  • U-Report

1. Kata Setan Berarti Musuh

Habib Rizieq Sebut Dua Kelompok Buaya Sedang Ribut: Dulu Zalim Sama Kita Orang

Nama Setan dapat diterjemahkan dari banyak bahasa berbeda untuk mengartikan hal yang berbeda, tetapi semuanya terkait kembali dengan apa yang kita pikirkan ketika kita mendengar kata Setan.

Kata "Setan" dalam bahasa Ibrani adalah kata benda umum yang berarti "penuduh" atau "musuh." Dalam Alkitab Ibrani, kata ini digunakan untuk musuh manusia dan supernatural. Dikatakan berasal dari kata kerja yang akan digunakan untuk "menghalangi."

Inilah bagaimana nama Setan menjadi kata yang paling umum digunakan untuk menggambarkan lawan Tuhan. Setan pertama kali muncul dalam puisi berjudul Paradise Lost. Nyalakan lilin di ruangan yang tampak gelap dan suram

Gagasan tentang karakter yang mewakili kejahatan pertama kali muncul dalam teks Paradise Lost. Sampai saat ini, setan tidak memiliki representasi atau bentuk yang telah ditetapkan. Ditulis pada tahun 1677, puisi John Milton menjelaskan kejatuhan manusia dan kejatuhan seorang malaikat.

Puisi Milton mendasarkan Setan pada gagasan bahwa dia adalah musuh manusia dan Tuhan dengan gagasan Abad Pertengahan tentang apa yang diwakili Setan. Ini adalah salah satu teks pertama yang membantu memperjelas dan mendefinisikan apa itu Setan.

2. Setan Tidak Harus Selalu Ditakuti

Pada Abad Pertengahan, setan dipandang sebagai bahan tertawaan dan karakter yang lebih mengganggu Tuhan. Setan sering digambarkan dalam drama teater sebagai komedian bodoh, yang tidak hanya kikuk tetapi juga karakter yang jelek.

Sejarawan Amerika Jeffrey Burton Russell menggambarkan Setan sebagai " lebih menyedihkan dan menjijikkan daripada menakutkan " selama Abad Pertengahan. Kumpulan tulisan yang disebut "Legenda Emas" disusun sekitar tahun 1260, dan mereka menceritakan kisah pertemuan orang suci dengan Setan.

Mereka berbicara tentang bagaimana orang-orang kudus akan menggunakan kecerdasan mereka untuk mengalahkannya. Baru pada tahun 1430-an, setan dikaitkan dengan ilmu sihir, dan saat itulah ia mulai dilihat sebagai karakter yang menakutkan.

3. Jumlah setan adalah 666

Angka 666 dikenal sebagai “angka binatang” atau angka setan atau setan apa pun. Ini pertama kali ditulis dalam pasal 13 Kitab Wahyu Perjanjian Baru. Angka 666 diasosiasikan dengan “angka pria”.

Dalam Kitab Wahyu, 666 adalah angka yang diberikan kepada Kaisar Romawi Nero, karena itu adalah nilai numerik dari namanya. Dia adalah penguasa yang jahat dan kejam; oleh karena itu, dari sinilah asosiasi angka 666 dan kejahatan berasal.

Dalam matematika, 666 adalah bilangan segitiga dan memiliki banyak sifat yang membuatnya tampak ajaib. Beberapa orang menganggap asosiasi angka dengan sangat serius sehingga mereka menghindari semua koneksi dengan 666 karena mereka takut itu adalah pekerjaan iblis.

Ilustrasi iblis atau setan.

Photo :
  • U-Report

4. Setan adalah Salah Satu dari Tujuh Pangeran Neraka

Pada tahun 1409 John Wycliffe menyusun daftar tujuh malaikat yang jatuh yang semuanya dicobai oleh dosa. Masing-masing pangeran jatuh dari surga karena dosa jahat bersama Lucifer dalam pertempuran melawan Michael.

Lucifer jatuh karena Kebanggaan, dan dia dipandang sebagai yang terburuk karena statusnya di surga. Beelzebub jatuh karena iri; Setan dari murka, Abadon dari kemalasan, Mammon dari keserakahan, Belphegor dari kerakusan, dan Asmodeus dari nafsu.

Meskipun setiap dosa dicap dengan malaikat, semua dosa membentuk apa yang kita kenal sebagai Setan. Setan kadang-kadang digunakan sebagai nama ringkasan untuk ketujuh dosa itu. Murka dipandang sebagai salah satu dosa yang paling kuat, oleh karena itu mengapa Setan menjadi salah satu nama yang paling umum untuk kejahatan. 

5. Setan Memiliki Rombongan

Setan tidak sendirian di neraka. Dia memiliki kerumunan karakter yang sama-sama jahat dan berdosa. Bentuk hamba yang paling umum dikaitkan dengan Setan adalah iblis. Ini dipanggil oleh Setan dan biasanya dalam bentuk roh jahat.

Setan memperoleh roh-roh ini dari almarhum yang melakukan dosa di bumi, atau sebagai alternatif, mereka adalah malaikat jatuh lainnya yang berpihak pada Lucifer.

Setan diatur untuk melaksanakan semua keinginan Setan di bumi, apakah itu meneror manusia atau menggoda mereka ke dalam tindakan dosa. Kata iblis berasal dari kata Yunani “daimon”, yang berhubungan dengan kata roh dan pemandu.

Pada dasarnya iblis adalah keduanya; Namun, setan akan membimbing Anda menuju kejahatan daripada kebaikan.

6.  Setan pertama kali muncul dalam puisi berjudul Paradise Lost.

Nyalakan lilin di ruangan yang tampak gelap dan suram. Gagasan tentang karakter yang mewakili kejahatan pertama kali muncul dalam teks Paradise Lost. Sampai saat ini, Setan tidak memiliki representasi atau bentuk yang telah ditetapkan.

Ditulis pada tahun 1677, puisi John Milton menjelaskan kejatuhan manusia dan kejatuhan seorang malaikat. Puisi Milton mendasarkan Setan pada gagasan bahwa dia adalah musuh manusia dan Tuhan dengan gagasan Abad Pertengahan tentang apa yang diwakili Setan. Ini adalah salah satu teks pertama yang membantu memperjelas dan mendefinisikan apa itu Setan.

7. Setan sangat terkait dengan penyihir dan ilmu sihir.

Berbagai item sihir seperti lilin dan tengkorak, peri telah dipercaya selama ribuan tahun, tetapi sampai abad ke-15 beberapa aspek dikaitkan dengan Setan. Sampai saat ini, unsur-unsur kehidupan yang tidak diketahui dan mistis dipandang sebagai representasi normal dari tindakan baik dan jahat.

Pada abad ke-15 , konsep sihir setan yang terorganisir mulai menjadi pandangan umum tentang sihir. Di seluruh Eropa, sejak abad ke-13 , gereja-gereja Kristen mulai melabeli ilmu sihir sebagai tindakan jahat dan bahwa penyihir adalah pelayan Setan.

Pada saat itu, orang menjadi lebih terdidik dan canggih dan karenanya dapat memahami teks-teks agama kuno secara lebih rinci. Artinya teks-teks tentang kerja setan dalam memanggil manusia dan menggoda manusia menjadi lebih nyata dan diterapkan pada situasi sehari-hari.

Gereja Kristen menentang sihir, dan oleh karena itu untuk mengusir dan mengadili para penyihir, hubungan dengan Setan ini memberi mereka alasan yang sah. Ini terjadi ketika Setan dilihat sebagai musuh aktif daripada musuh Allah.

8. Setan pernah menjadi malaikat bernama Lucifer.

Dalam Islam dan Kristen, iblis paling sering dikenal sebagai malaikat yang jatuh dan terkadang jin. Kisah dalam kedua agama ini adalah bahwa Lucifer melawan Tuhan dan diusir dari surga. Beberapa variasi mengatakan bahwa dia mengedepankan dirinya sebagai sosok penderitaan umat manusia, dan ketika Yesus dipilih, Lucifer membiarkan harga dirinya mengalahkannya.

Lucifer adalah malaikat yang kuat dengan ketampanan dan kecerdasan, dan inilah yang memberinya kebanggaan. Harga dirinya menjadi sangat kuat dan membawanya ke pengasingan dan pengusiran dari surga.

Seperti malaikat lainnya, dia punya pilihan, dan dia membiarkan dosanya menguasainya dan bertentangan dengan kehendak Tuhan. Lucifer tidak pernah kehilangan kekuatan atau kecerdasannya dan dikenal memimpin perlawanan terhadap Tuhan.

Tuhan tidak pernah bermaksud untuk menciptakan kejahatan, dan dengan jatuhnya Lucifer, dia selalu dilihat sebagai musuh Tuhan.

9. Lebih banyak orang Amerika yang percaya pada Setan daripada di Darwin.

Statistik menunjukkan bahwa lebih banyak orang Amerika yang percaya akan keberadaan Neraka dan Setan daripada teori evolusi Darwin. Jajak pendapat Harris mensurvei 2.455 warga Amerika pada tahun 2005 dengan pertanyaan tentang kepercayaan.

Survei menunjukkan bahwa 82% percaya pada Tuhan, 79% percaya pada keajaiban, dan 62% percaya pada Setan dan neraka. Penonton yang skeptis terhadap teori evolusi Darwin mengungkapkan bahwa hanya 42% yang percaya pada sainsnya.

Ini menunjukkan bahwa ada lebih banyak kepercayaan pada Setan daripada pada teori evolusi. Statistik juga menunjukkan peningkatan jumlah orang yang percaya pada Setan. Sebuah jajak pendapat dari tahun 1990 menunjukkan bahwa 55% orang Amerika percaya pada iblis dan bahwa ada neraka.

Gallup Poll menunjukkan bahwa ini meningkat menjadi 70% orang Amerika pada tahun 2007. Ini kemungkinan besar karena tingginya jumlah orang yang aktif secara agama di AS.

10. Penampilan fisik Setan terus berkembang.

Wajah setan terlihat merah dan menakutkan. Setan atau iblis diwakili dalam berbagai bentuk lintas budaya. Beberapa orang percaya bahwa dia adalah kekuatan seperti Tuhan tetapi merupakan kekuatan dari segala kejahatan.

Dalam Alkitab, ia diyakini sebagai ular yang menggoda Adam dan Hawa , dan ia dikenal memiliki berbagai bentuk representasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya