Sempat Atheis, Noe Letto Kini Pilih Jadi Mualaf Setelah Bertanya Soal Setan

Noe Letto
Sumber :
  • Instagram @sinausabrangmdp

Jakarta – Musisi ternama Noe Letto diketahui sempat menganut ajaran atheis atau tidak meyakini keberadaan Tuhan. Namun, keputusan untuk tidak meyakini Tuhan ini tidak berlangsung lama karena pada akhirnya ia mendapatkan hidayah untuk kembali memeluk agama Islam

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Pria yang diketahui bernama lengkap Sabrang Mowo Damar Panuluh itu adalah seorang vokalis band Letto asal Yogyakarta sekaligus putra dari pendakwah Emha Ainun Nadjib. Ia lahir pada 10 Juni 1979 dan kiprahnya di dunia musik dimulai sejak dirinya masih kecil. 

Ia diketahui terinspirasi dari berbagai genre musik dan pertunjukan. Noe juga tidak hanya mahir dalam dunia musik, tapi juga sempat masuk ke dunia perfilman Indonesia. Ia sempat menjadi produser dan sudah mengukir namanya di dunia film melalui karya yang memukau. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Noe Letto

Photo :
  • Instagram @sinausabrangmdp

Kemahiran Noe Letto dalam menyuguhkan cerita layar lebar ini sudah membawa dirinya untuk memperoleh penghargaan dan apresiasi luar biasa dari penonton sampai kritikus. Noe Letto juga sempat melewati fase yang mana dia menjadi seorang atheis. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Dalam mencari makna hidup ia sempat menolak keberadaan Tuhan dan mencoba memahami dunia lewat kacamata keberagaman ilmu pengetahuan. Namun, takdir tidak mudah untuk dilewati Noe Letto sampai akhirnya ia kembali ke jalan yang benar. 

Perjalanan tersebut tidak mudah, ketika itu ia sedang menghadapi masa sulit di Kanada dan sempat merasakan panggilan menuju kebenaran. Saat berada di masjid, ia kemudian bertemu dengan seorang syekh yang tulus menjawab rasa penasaran dirinya. 

Ketika itu, Noe Letto bertanya mengenai setan kepada syekh yang berada di masjid tersebut. Kemudian, pria itu memberikan jawaban nasional dan menyentuh hati. Dia merasa mendapatkan pencerahan yang mengubah pandangannya tentang kehidupan dan keyakinan. 

Noe Letto

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

"Waktu itu saya tanya, benar enggak Tuhan Maha Adil? Benar enggak setan pasti masuk neraka? Benar enggak setan berkembang biak? Benar enggak ada kiamat?" tanya Noe Letto seperti dikutip dari kanal YouTube Cahaya untuk Indonesia pada Selasa, 5 Maret 2024. 

"Seandainya setan berkembang biaknya membelah diri gimana? Jadi makhluk yang baru pun melakukan dosa seperti makhluk sebelumnya. Wah ketampar saya di situ, berati kemampuan saya memahami agama bukan dari limitasi agama. Tetapi limitasi pemahaman dan data yang saya miliki," imbuhnya.

Kejadian tersebut akhirnya berhasil mengubah kehidupan Noe Letto. Ia kemudian memutuskan untuk kembali memeluk agama Islam. Meski sudah muslim, ia tetap ada rasa ragu terhadap hadist-hadist Nabi. Namun, ia memilih meletakkan Al Quran di posisi tertinggi dalam keyakinannya. 

"Dalam sistem agama saya harus masuk pada aksioma, jadi dalam agama yang paling saya percaya sampai saat ini yang tinggi posisinya, yang saya percaya cuma Alquran, titik. Hadits itu masih ragu kadang-kadang," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya