10 Misteri Ilmu Perilaku Manusia yang Gagal Dijelaskan

Ilustrasi gadis pemalu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Artikel ini menampilkan beberapa misteri perilaku manusia yang tidak dapat dijelaskan oleh sains. Sepuluh hal yang tidak kita mengerti tentang manusia. Para ilmuwan telah membelah atom, menempatkan manusia di bulan dan menemukan DNA yang membentuk kita, tetapi ada beberapa misteri perilaku manusia yang gagal mereka jelaskan sepenuhnya.

Mengungkap Misteri Kelahiran Damien dalam Film The First Omen

Mengapa kita bermimpi, berciuman, tersipu atau malu? Ini adalah dasar-dasar perilaku manusia, para ilmuwan masih belum memiliki petunjuk. Berikut ini adalah 10 Misteri Perilaku Manusia yang masih belum bisa dijelaskan oleh para ilmuwan.

10. Rasa malu

Misteri Terpecahkan Setelah Penyelam Guernsey Menemukan U-boat Jerman yang hilang

Perasaan khawatir, kurang nyaman, atau canggung yang dialami. ketika seseorang berada di dekat, mendekati, atau didekati oleh orang lain, terutama dalam situasi baru atau dengan orang yang tidak dikenal. Rasa malu mungkin berasal dari sifat genetik, lingkungan di mana seseorang dibesarkan dan pengalaman pribadi.

9. Seni

Sederet Fakta Tentang Misteri Menghilangnya Kate Middleton

Lukisan , tari , pahatan dan musik semua bisa menjadi manusia yang setara dengan ekor burung merak dalam menunjukkan potensi jodoh yang baik dari seseorang. Namun, bisa juga menjadi sarana untuk menyebarkan ilmu atau berbagi pengalaman.

Misalnya, sebuah studi oleh Geoffrey Miller di University of New Mexico menunjukkan bahwa wanita lebih memilih kreativitas daripada kekayaan ketika kesuburan mereka berada pada puncaknya. Yang lain percaya bahwa dorongan untuk mencari pengalaman estetis berkembang untuk mendorong kita belajar tentang berbagai aspek dunia – aspek-aspek yang belum dilengkapi otak kita saat lahir.

8. Masa remaja

Masa remaja adalah masa transisi perkembangan fisik dan psikologis manusia yang umumnya terjadi selama periode dari pubertas hingga dewasa yang sah. Masa remaja paling erat hubungannya dengan masa remaja. Tidak ada hewan lain yang mengalami masa remaja yang tidak menentu dan tidak terduga. Beberapa menyarankan itu membantu otak besar kita mengatur ulang dirinya sendiri sebelum dewasa atau memungkinkan eksperimen dalam perilaku sebelum tanggung jawab tahun-tahun berikutnya.

7. Memilih Hidung Anda

Satu dari empat remaja melakukan kebiasaan itu, rata-rata empat kali sehari, sebuah penelitian menemukan. Kebiasaan yang tidak menarik tetapi umum menelan 'detritus hidung' hampir tidak memberikan manfaat nutrisi. Jadi mengapa seperempat remaja melakukannya. rata-rata empat kali sehari? Beberapa orang berpikir itu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Takhayul

Takhayul adalah istilah merendahkan untuk kepercayaan pada kausalitas supernatural. Bahwa satu peristiwa mengarah ke penyebab lain tanpa proses fisik yang menghubungkan dua peristiwa. seperti astrologi, pertanda, ilmu sihir, dll. yang bertentangan dengan ilmu pengetahuan alam. Kebiasaan yang tidak biasa tetapi meyakinkan tidak masuk akal secara evolusioner. namun, manusia purba akan mendapat manfaat dari tidak mengabaikan gemerisik singa di rerumputan sebagai embusan angin. Agama tampaknya memanfaatkan dorongan ini.

5. Altruisme atau Tanpa Pamrih

Berbuat baik adalah bagian dari fitrah manusia. Mereka tidak bisa memutuskan mengapa kita melakukannya. Altruisme atau tidak mementingkan diri sendiri adalah prinsip atau praktik kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain. Ini adalah kebajikan tradisional dalam banyak budaya dan aspek inti dari berbagai tradisi keagamaan. meskipun konsep "orang lain" kepada siapa perhatian harus diarahkan dapat bervariasi di antara budaya dan agama.

Lagi pula, apa gunanya membantu orang lain, jika mereka tidak dijamin akan membalas budi. Robert Trivers dari Rutgers University di New Jersey berpendapat bahwa seleksi alam lebih menyukai nenek moyang kita yang altruistik karena mereka berharap mendapat manfaat. Namun kecenderungan ini menjadi salah arah saat kita mengembangkan dunia yang mengglobal.

4. Berciuman

Tindakan menekan bibir seseorang terhadap orang lain atau objek. Konotasi budaya berciuman sangat bervariasi. Tergantung pada budaya dan konteksnya, ciuman dapat mengungkapkan perasaan cinta , gairah, kasih sayang, rasa hormat, salam, persahabatan, kedamaian, dan keberuntungan, di antara banyak hal lainnya.

Ada teori bahwa itu terkait dengan ingatan menyusui dan bahwa manusia purba menyapih anak-anak mereka dengan memberi mereka makan dari mulut mereka, yang memperkuat hubungan antara berbagi air liur dan kesenangan. Gagasan lain adalah nenek moyang kita yang mencari makan tertarik pada buah merah matang dan mengembangkan bibir merah untuk menggoda pasangan seksual.

Berciuman telah terbukti mengurangi kadar hormon stres kortisol dan meningkatkan hormon ikatan oksitosin, sehingga baik untuk kesehatan dan kebahagiaan kita .

3. Tertawa

Reaksi yang tidak disengaja terhadap rangsangan eksternal atau internal tertentu. Tertawa dapat muncul dari aktivitas seperti digelitik, atau dari cerita atau pemikiran lucu. Ini dianggap sebagai ekspresi visual dari sejumlah keadaan emosi positif, seperti kegembiraan, kegembiraan, kebahagiaan, kelegaan, dan lain sebagainya. 

Pada beberapa kesempatan, itu mungkin disebabkan oleh keadaan emosional yang berlawanan seperti rasa malu, permintaan maaf, kebingungan, atau tawa sopan. Tertawa meningkatkan kadar endorfin yang membuat kita merasa baik , membantu kita menjalin ikatan dengan orang lain. 'Tertawa' dapat digunakan untuk mendorong orang menjauh.

2. Merona

Sifat manusia yang unik. Blushing, wajah seseorang yang memerah karena malu atau stres emosional. Telah diketahui berasal dari jatuh cinta, atau dari semacam rangsangan romantis. Diperkirakan bahwa memerah adalah hasil dari sistem saraf simpatik yang terlalu aktif.

Charles Darwin berjuang untuk menjelaskan mengapa evolusi membuat kita menjadi merah ketika kita berbohong, yang mengingatkan orang lain. Dia menyebutnya ekspresi yang paling aneh dan paling manusiawi dari semua ekspresi. Namun, beberapa orang berpikir itu awalnya digunakan untuk menyebarkan pendekatan agresif oleh individu yang lebih dominan. Seiring waktu itu menjadi terkait dengan emosi yang lebih tinggi seperti rasa bersalah dan malu.

1. Bermimpi

Mimpi , pengalaman membayangkan gambar, suara, atau sensasi lain selama tidur. Mimpi membantu kita memproses dan mengkonsolidasikan emosi tanpa terburu-buru hormon stres yang akan menyertai pengalaman nyata. Mereka juga membantu dengan memori dan pemecahan masalah.

Orang-orang lebih baik dalam mengingat daftar kata-kata terkait dan hubungan di antara mereka setelah tidur malam daripada setelah waktu yang sama dihabiskan untuk bangun di siang hari. Baru-baru ini ditemukan bahwa kita dapat bermimpi bahkan di luar tidur REM. Mimpi REM ditemukan melibatkan cerita panjang dengan lebih banyak emosi, sedangkan mimpi non REM sering melibatkan interaksi yang bersahabat.

Teori mimpi Sigmund Freud yang mengungkapkan keinginan bawah sadar kita secara umum telah didiskreditkan dan diakui bahwa mereka membantu kita memproses emosi, tetapi alasan mengapa kita melihat penglihatan aneh seperti itu belum dijelaskan dengan benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya