Fakta Pernikahan Gay yang Semakin Meningkat

Pernikahan gay
Sumber :
  • Mirror.co.uk

VIVA Lifestyle – Pernikahan sesama jenis atau pernikahan antara dua orang yang berjenis kelamin sama, seperti pria dengan pria dan wanita dengan wanita, telah menjadi perdebatan kontroversial di seluruh dunia dan yang terbaru, selama dua dekade terakhir. 

RUU Sah, Thailand Akan Jadi Negara ASEAN Pertama yang Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Pada 2016, pernikahan sesama jenis telah disahkan di 22 negara, termasuk Amerika Serikat. Negara Bagian Massachusetts adalah negara bagian pertama di Amerika yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Pada Juni 2015, Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan pernikahan sesama jenis sebagai hal yang sah di seluruh negeri. 

Sejak saat itu, pernikahan sesama jenis menjadi lebih populer dan kontroversial baik dalam urusan politik maupun media sosial, meningkatkan perdebatan yang terus mengubah pikiran warga. 

Tok! Parlemen Thailand Sahkan RUU Pernikahan Sesama Jenis

Dari pencabutan 'Don't Ask, Don't Tell' pada tahun 2011 hingga pernyataan Presiden Barack Obama tahun 2012 bahwa ia percaya pada pernikahan gay, Amerika sekarang mengizinkan warga gaynya untuk mengatakan 'Saya bersedia' alih-alih 'Saya tidak bisa. .'

Pernikahan Gay

Photo :
  • kcbs.com
5 Negara yang Baru-baru Ini Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Sejarah Pernikahan Sesama Jenis

Asal usul pernikahan sesama jenis tidak hanya dimulai pada abad ke-20. Individu gay di seluruh dunia memiliki kemewahan untuk diakui sebagai pasangan dan kekasih mulai lebih dari 1.500 tahun yang lalu. Percaya atau tidak, hubungan sesama jenis diizinkan di Mesir kuno, provinsi Fujian di Cina selatan pada Dinasti Ming, dan zaman Eropa kuno lainnya.

Selama masa ini, pernikahan sesama jenis diakui secara luas sampai agama Kristen menjadi agama yang paling dominan di Kekaisaran Romawi. Itu adalah Kode Theodosian 312 CE yang melarang pernikahan sesama jenis di Roma kuno, memerintahkan mereka yang sebelumnya menikah dengan anggota sesama jenis untuk dieksekusi.

Pelaku pernikahan sesama jenis yang beredar.

Photo :
  • Instagram

Fakta Pernikahan Sesama Jenis

Ada banyak fakta menarik yang menggambarkan pandangan tentang pernikahan sesama jenis, terutama sepanjang abad ke-20.

Hingga tahun 1973, American Psychological Association (APA) mendefinisikan homoseksualitas sebagai gangguan kesehatan mental dalam Manual Diagnostik dan Statistik untuk Gangguan Mental (DSM). Ini karena pergeseran pandangan masyarakat tentang cinta dan hubungan sesama jenis, versus fakta bahwa sodomi sebagian besar masih ilegal di Amerika Serikat.

Dalam istilah saat ini, pergeseran masyarakat telah meningkat lebih jauh, dengan para peneliti menentukan analisis kuantitatif dari pergeseran ini. Antara 1996 dan 2014, dukungan untuk pernikahan gay di Amerika Serikat berlipat ganda dari 27% menjadi 55%. Saat ini, hanya 33% dari populasi yang mengatakan bahwa pernikahan sesama jenis harus dilarang.

Hingga November 2015, ada sekitar 100.000 pernikahan sesama jenis yang dilakukan di Amerika Serikat. Cukup menarik, telah ditemukan bahwa perempuan gay lebih mungkin untuk menikah daripada laki-laki gay. Sebagai contoh, beberapa penelitian di AS, termasuk data yang dikumpulkan oleh Pew Research Center, menunjukkan bahwa pernikahan lesbian menyumbang lebih dari setengah pernikahan sesama jenis.

Fakta yang cukup menarik bukan tentang pernikahan gay atau sesama jenis. Berikut ini masih banyak fakta pernikahan gay atau sesama jenis yang kerap terjadi di sekitar kita.

Belanda Adalah Negara Pertama yang Mengizinkan Pernikahan Gay

Fakta pernikahan gay mengungkapkan bahwa aktivisme hak-hak gay di AS mulai tumbuh secara dramatis dalam popularitas pada 1970-an, dan meningkat selama 1980-an dan 1990-an.  Namun, AS masih jauh dari menjadi negara pertama di dunia yang mengizinkan pernikahan gay atau kemitraan gay terdaftar. 

Negara pertama yang mengizinkan yang terakhir adalah Denmark pada tahun 1989 (memberikan mereka yang hidup dalam hubungan sesama jenis sebagian besar hak yang sama dengan mereka yang berada dalam hubungan heteroseksual, tanpa hak untuk mengadopsi atau memperoleh hak asuh bersama atas seorang anak), tetapi butuh tambahan 12 tahun bagi negara pertama yang benar-benar mengizinkan pernikahan sesama jenis – Belanda pada tahun 2001.

18 Negara Saat Ini Mendukung dan Mengizinkan Pasangan Sejenis Menikah

Per Juni 2015, 18 negara di seluruh dunia mendukung dan mengizinkan pernikahan sesama jenis. Belanda adalah yang pertama melakukannya pada tahun 2001, diikuti oleh Belgia pada tahun 2003, Spanyol dan Kanada pada tahun 2005, Afrika Selatan pada tahun 2006, Norwegia dan Swedia pada tahun 2009, Portugal , Islandia dan Argentina pada tahun 2010, Denmark pada tahun 2012, Brasil, Prancis, Uruguay dan Selandia Baru pada 2013, Inggris Raya pada 2014, dan Luksemburg dan Amerika Serikat pada 2015.

Slovenia dan Irlandia melakukan hal yang sama pada akhir 2015, dan Finlandia pada 2017. Pernikahan sesama jenis juga dilakukan di beberapa negara bagian Meksiko dan Nepal, tetapi belum disahkan dalam undang-undang.

Pernikahan Sesama Jenis Legal di Semua Negara Bagian AS

Fakta pernikahan gay menunjukkan bahwa pernikahan sesama jenis telah legal secara nasional di AS sejak Juni 2015, menyusul putusan Mahkamah Agung Amerika Serikat dalam kasus Obergefell v. Hodges bahwa larangan tingkat negara bagian terhadap pernikahan gay tidak konstitusional. Menurut Mahkamah Agung, penolakan pernikahan sesama jenis atau penolakan untuk mengakui pernikahan tersebut melanggar Proses Hukum dan klausul Perlindungan Setara dari Amandemen Keempatbelas.

Tetapi legalisasi pernikahan gay di beberapa negara bagian dimulai jauh sebelum itu – sejak tahun 2003, berbagai putusan pengadilan yang lebih rendah, undang-undang negara bagian dan referendum populer sebagian melegalkan pernikahan sesama jenis di 38 dari 50 negara bagian AS, Guam dan Distrik Columbia. Pemerintah federal mengakui pernikahan gay setelah putusan Mahkamah Agung di AS v. Windsor pada Juni 2013. Namun 2015 akhirnya membawa pengakuan yang sama kepada pasangan gay di tingkat negara bagian dan federal.

Ada Lebih dari Satu Nama untuk Pernikahan Sesama Jenis

Pernikahan sesama jenis hanyalah salah satu nama untuk pernikahan antara orang-orang dari jenis kelamin yang sama – istilah populer lainnya termasuk pernikahan untuk gay dan lesbian atau hanya pernikahan gay, meskipun menggunakan istilah khusus untuk pernikahan sesama jenis terkadang dipandang kontroversial, karena itu mengisyaratkan bahwa pernikahan pasangan sesama jenis secara hukum berbeda dari pern[ikahan pasangan campuran.

Beberapa pendukung legalisasi pernikahan sesama jenis menggunakan istilah seperti kesetaraan pernikahan atau pernikahan setara untuk menunjukkan bahwa mereka hanya mencari keuntungan yang sama dan bukan hak khusus, dan beberapa penentang legalisasi di AS menyebutnya mendefinisikan ulang atau mendefinisikan ulang pernikahan.

Dukungan untuk Pernikahan Sesama Jenis Meningkat di AS

Fakta pernikahan gay mengungkapkan bahwa telah terjadi perubahan besar dalam cara orang Amerika memandang pernikahan sesama jenis dalam beberapa tahun terakhir. Dukungan penting untuk pernikahan sesama jenis ditemukan di kalangan Demokrat, dengan 65% dukungan; orang-orang tanpa afiliasi agama, dengan 85% dukungan: dan Milenial (juga dikenal sebagai Generasi Y), dengan 73% dukungan. Secara umum, jajak pendapat dari 2014 menunjukkan bahwa sekitar 59% orang Amerika mendukung pengakuan hukum pernikahan gay. Tetapi hanya beberapa tahun yang lalu, tingkat dukungannya jauh lebih rendah – misalnya, pada tahun 2005, hanya 28% orang yang mendukung legalisasi, 4% orang tidak yakin, dan 68% menentang.

Media Sosial Adalah Platform Penting untuk Debat Pernikahan Sesama Jenis

Platform media sosial adalah alat penting untuk segala jenis kegiatan pemasaran dan juga telah digunakan dengan sukses besar oleh kelompok LGBT dan mereka yang menentangnya. Tetapi mereka yang menganjurkan pernikahan sesama jenis lebih berhasil secara umum dan banyak ahli percaya bahwa media sosial telah memainkan peran kunci dalam gerakan hak-hak gay dalam dekade terakhir.

Salah satu kampanye media yang sukses adalah proyek Tanda Sama Merah yang dimulai oleh Kampanye Hak Asasi Manusia pada tahun 2013 di Facebook ; kampanye itu menjadi viral dan diperkirakan sekitar 2,5 juta pengguna Facebook memasang gambar profil mereka dengan tanda sama dengan merah selama sidang pernikahan gay tingkat tinggi di Mahkamah Agung.

Presiden Obama Mengubah Pendapatnya Tentang Pernikahan Sesama Jenis 

Meskipun Presiden Obama saat ini dikenal sebagai pendukung besar pernikahan sesama jenis, fakta pernikahan gay mengungkapkan bahwa dia telah banyak berubah pikiran dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 1990-an, saat berkampanye untuk kursi Senat Illinois, dia mendukung pernikahan sesama jenis, tetapi pada tahun 2008, selama kampanye presiden pertamanya, dia menyatakan bahwa dia percaya bahwa pernikahan adalah penyatuan antara seorang pria dan seorang wanita dan bahwa pernikahan adalah persatuan rahasia baginya sebagai seorang Kristen.

Pada tahun 2009, dia menentang dua proposal legislatif untuk peraturan federal tentang pernikahan sesama jenis, menentang yang akan melarang pernikahan sesama jenis secara nasional serta yang akan melegalkan pernikahan sesama jenis secara nasional, percaya bahwa setiap negara bagian harus memutuskan pada masalah itu sendiri.

Namun akhir 2010 tampaknya membawa angin segar pada prinsipnya, karena ia menyatakan dukungannya untuk kesetaraan hak serikat gay dan hak serikat lawan jenis dan bahkan untuk pengakuan nasional (federal) atas hubungan dan pernikahan sesama jenis. Pada 2012, ia membuat sejarah dengan menjadi Presiden AS pertama di kantor yang secara terbuka mengatakan bahwa pernikahan sesama jenis harus dilegalkan.

Beberapa Mantan Presiden AS Mendukung Pernikahan Sesama Jenis

Selain Presiden AS saat ini, Obama, yang merupakan pendukung pernikahan sesama jenis, ada berbagai presiden lain yang mendukung persamaan hak dalam hal ini – Bill Clinton, Jimmy Carter dan bahkan Gerald Ford dari Partai Republik, meskipun semuanya menyatakan dukungan mereka setelah waktu mereka di kantor. George HW Bush, Presiden Amerika Serikat ke-41, juga dianggap sebagai pendukung; dia tidak benar-benar menyatakan dukungannya, tetapi menjadi saksi di pernikahan sesama jenis pada tahun 2013.

George W. Bush, Presiden Amerika Serikat ke-43, secara terbuka menentang pernikahan sesama jenis selama masa kepresidenannya, tetapi kemudian tampaknya berubah pikiran dan menolak untuk mengambil posisi yang jelas setelah masa kepresidenannya selesai.

Pernikahan Merupakan Masalah Ekonomi Juga

Sebelum pernikahan sesama jenis disahkan di tingkat federal dan negara bagian di AS, mereka yang hidup dalam hubungan sesama jenis harus menghadapi beberapa batasan. Menurut studi Kantor Akuntansi Umum dari tahun 1997, lebih dari 1.000 undang-undang dan peraturan federal termasuk referensi status perkawinan, dan menurut studi Kantor Anggaran Kongres dari tahun 2004, AS memiliki 1.138 ketentuan hukum di mana status perkawinan merupakan faktor penentu dalam menerima manfaat tertentu.

Ini jelas menempatkan orang-orang yang terlibat dalam hubungan sesama jenis pada kerugian ekonomi – di antara banyak keterbatasan juga: biaya tinggi untuk memperoleh dokumen hukum tertentu yang secara otomatis diberikan oleh pernikahan yang sah, termasuk surat kuasa, hak atas keputusan terkait kesehatan dan warisan ; ketidakmampuan untuk mengajukan pajak bersama sebagai pasangan menikah dan dengan demikian memiliki pajak yang lebih rendah dalam kasus di mana pasangan memiliki pendapatan yang sangat berbeda; pajak tambahan atas asuransi kesehatan yang disediakan majikan untuk pasangan dalam hubungan sesama jenis, ketidakmampuan warga negara gay AS untuk mensponsori pasangan mereka untuk kewarganegaraan; dan masih banyak lagi…

Beberapa Negara di Afrika Memiliki Konsep Pernikahan Non-Seksual Gay

Fakta pernikahan gay mengungkapkan kebenaran yang mengejutkan bahwa beberapa masyarakat yang sangat tradisional di Afrika mengizinkan pernikahan sesama jenis non-seksual antara dua wanita, tetapi ini benar-benar hanya pengaturan hukum di mana seorang wanita mengambil peran seorang pria untuk mengamankan warisan lain atau serupa.

Di Kenya , sekitar 5-10% wanita hidup dalam pernikahan seperti itu, tetapi hubungan ini tidak dianggap sebagai homoseksual. Laki-laki, bagaimanapun, tidak diperbolehkan untuk hidup dalam pengaturan seperti itu, karena mereka biasanya tidak mengalami kesulitan mengamankan warisan mereka sebagai anak laki-laki.

Di Nigeria, situasinya serupa, dengan dua wanita menikah satu sama lain diperbolehkan, tetapi dua pria yang menikah dianggap ilegal. Tapi segalanya berubah pada tahun 2006, ketika presiden Nigeria Obasanjo menandatangani undang-undang yang melarang semua pernikahan sesama jenis dan mengkriminalisasi siapa pun yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Mayoritas Agama Terbesar di Dunia Menentang Pernikahan Gay

Agama-agama besar di dunia biasanya mengikuti kepercayaan tradisional yang menganggap penyatuan seksual antara seorang wanita dan seorang pria adalah satu-satunya yang pantas, sehingga tidak mengherankan jika sebagian besar agama dunia menentang legalisasi pernikahan sesama jenis.

Gereja Katolik Roma menentang pernikahan sesama jenis, dan begitu pula mayoritas kelompok Muslim dan Yahudi Ortodoks, dan beberapa kelompok Protestan. Agama Buddha sebagian besar dianggap mendua dalam hal ini, meskipun organisasi Buddhis di berbagai negara (termasuk Australia dan Amerika Serikat) mendukung pengesahan.

Tetapi beberapa organisasi keagamaan lain siap menawarkan pandangan yang lebih modern dan menerima pernikahan sesama jenis secara setara, di antaranya Gereja Swedia, Gereja Denmark, Episkopal AS, Anglikan Kanada, berbagai divisi Yudaisme , Protestan Prancis, Belgia dan Belanda, dan banyak lainnya…

11 Suku Asli Amerika Mengakui Pernikahan Sesama Jenis

Menurut fakta pernikahan gay, 11 suku asli Amerika mengakui pernikahan gay dan melakukannya sebelum pemerintah federal dan negara bagian tempat mereka tinggal melegalkannya, karena mereka memiliki hak untuk membentuk undang-undang mereka sendiri mengenai aspek kehidupan tertentu, termasuk pernikahan. Suku-suku termasuk Cheyenne, Arapaho, Coquille, Mashantucket Pequot, Puyallup dan banyak lainnya semuanya mengakui pernikahan sesama jenis. Pada tahun 2013, Bangsa Lipay dari Santa Ysabel menjadi suku pertama di California yang melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya