5 Kastil Abad Pertengahan Terindah di Dunia

Kastil Mont Saint Michel
Sumber :
  • Culture Trip

VIVA Lifestyle – Kastil merupakan salah satu bangunan paling ikonik dari cerita rakyat di Eropa. Hal yang pertama akan terbayangkan tentu seperti putri, ksatria, kuda, parit dan bahkan naga. Namun, hanya sedikit yang dapat menunjukkan kastil mana yang benar-benar memiliki kisah-kisah di baliknya dan bukan hanya fiksi saja. Mengutip dari Culture Trip, berikut ini sejumlah kastil terindah di dunia di abad pertengahan.

Burj Al Babas, Kota Hantu Terbesar di Dunia Berisi Istana-istana Mini Bak Film Disney

1. Kastil Pierrefonds, Prancis

Kastil Pierrefonds

Photo :
  • Culture Trip
Pangeran Harry Tolak Tawaran Raja Charles Ikut Peringatan Kematian Ratu Elizabeth

Kastil Pierrefonds ini terletak di Picardy di wilayah utara Prancis antara Paris dan Belgia. Dibangun pada abad ke-12, kastil ini kemudian dirombak pada 1392 oleh Raja Charles VI dengan menyewa arsitek untuk saudaranya Louis, Adipati Orléans dan menjadi salah satu kastil terindah di dunia. 

Sebagian besar kastil akhirnya dihancurkan di bawah Bagian Malcontents selama awal abad ke-17, tetapi dihidupkan kembali oleh Napoleon sebagai struktur yang luar biasa 'kehancuran romantis' selama pemerintahan abad ke-19. Kastil ini telah digambarkan dalam beberapa film dan acara televisi termasuk The Messenger: The Story of Joan of Arc dan yang terbaru Disney Channel's The Wizards of Waverly Place.

Inggris Tolak Pulangkan Jasad Pangeran Ethiopia, Apa Alasannya?

2. Kastil Loches, Prancis

Kastil Loches

Photo :
  • Culture Trip

Selanjutnya ada Kastil  Loches yang menjadi kastil terindah di dunia yang terletak di Lembah Loire dan dibangun pada abad ke-12. Kastil ini bertengger 500 meter di atas Sungai Indre dan bangunan yang paling mencolok adalah menara berbentuk persegi yang sangat besar. 

Saat ini kastil tersebut dijadikan sebagai sebuah museum yang berisi salah satu koleksi baju besi abad pertengahan terbaik di Prancis. Raja Charles VII menghadiahkan kastil itu kepada gundiknya Agnès Sorel dan kemudian putra raja mengubahnya menjadi penjara negara.

3. Kastil Mont Saint Michel, Prancis

Kastil Mont Saint Michel

Photo :
  • Culture Trip

Salah satu kastil paling terkenal di Eropa yakni adalah Kastil Mont Saint Michel yang terletak di pulau komune di Normandia. Kastil ini dibangun di sebuah pulau untuk wilayah strategis (air di sekitarnya membuatnya lebih tahan terhadap serangan). Untuk penguatan ekstra terdapat juga dinding besar yang mengelilingi kastil.

Pada abad ke-9, kastil ini adalah rumah bagi biara Saint Michel. Kastil ini selamat dari Perang 100 Tahun tanpa dihancurkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satu bangunan kastil yang paling menonjol adalah menara pirus tinggi dengan patung emas kecil Saint Michel di atasnya.

4. Kastil Windsor, Inggris

Kastil Windsor

Photo :
  • Culture Trip

Salah satu kastil Eropa yang terkenal di era abad pertengahan dan menjadi kastil terindah di dunia adalah Kastil Windsor yang dibangun pada abad ke-11 dan memegang rekor sebagai kastil terlama yang diduduki di Eropa. Interiornya dirancang dengan gaya Georgia abad ke-19 dan kompleks kastil yang terpelihara dengan baik benar-benar besar.

Saat ini, kastil tersebut menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Inggris. Kastil Windsor juga masih berfungsi sebagai rumah tempat Ratu Elizabeth II menghabiskan akhir pekannya. Istana ini juga mengalami beberapa renovasi besar seperti pada tahun 2011 dua turbin air dipasang di Sungai Thames untuk menyediakan pembangkit listrik tenaga air ke perkebunan.

5. Kastil Bodiam, Inggris

Kastil Bodiam

Photo :
  • Culture Trip

Kastil Bodiam mungkin menjadi salah satu kastil terindah di dunia karena paling ikonik dengan memiliki menara melingkar, benteng, parit dan gerbangnya. Konstruksi kastil ini juga semata-mata untuk meningkatkan daya tarik estetika. Karena tampilannya yang indah, sejarawan berdebat tentang apakah itu dimaksudkan semata-mata sebagai tempat tinggal bagi kaum bangsawan atau apakah itu benar-benar dibangun untuk digunakan dalam pertempuran. 

Raja Richard II memberi izin kepada Sir Edward Dalyngrigge untuk membangun kastil setelah bertahun-tahun bertugas di militer. Saat ini, kastil tersebut berdiri sebagai museum yang dilengkapi dengan ruang minum teh dan menjadi tuan rumah berbagai acara ramah keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya