Cara Menjaga Rumah Tetap Sejuk di Cuaca Panas

Ilustrasi mengatur suhu ruangan
Sumber :
  • American Home Shield

VIVA Lifestyle – Dengan meningkatnya panas, inilah saatnya untuk mulai memikirkan cara untuk menjaga rumah Anda tetap sejuk dan siap untuk hari-hari yang panjang dan cuaca panas di depan. 

Anak dengan Lupus Tidak Boleh Terpapar Sinar Matahari, Mitos atau Fakta?

Dilansir dari laman American Home Shield, ikuti tips ini tentang cara rumah tetap sejuk di cuaca panas yang ekstrem, baik sebelum musim panas tiba dan di tengah musim panas.

Dapatkan penyetelan AC

Indonesia Terancam Cuaca Panas Ekstrem, Berikut Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat

Menjaga AC Anda dalam kondisi prima adalah upaya sepanjang tahun. Akhir musim semi adalah waktu yang ideal dalam setahun untuk meminta profesional HVAC memeriksa unit Anda, jadi Anda tidak perlu menunggu sampai hari yang panas untuk menyadari bahwa AC Anda tidak membuat rumah tetap sejuk.

Pasang termostat yang dapat diprogram

Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Cuaca Panas, Bisa Cegah Dehidrasi!

Termostat yang dapat diprogram memungkinkan Anda melakukan sedikit penyesuaian pada siklus hidup-mati unit A/C. Anda dapat memberi tahu A/C Anda untuk bekerja lebih jarang (atau pada suhu yang lebih hangat) saat rumah tidak berpenghuni atau menguranginya selama jam-jam malam yang lebih dingin, semua tanpa terus-menerus mengutak-atik termostat. 

Periksa kipas langit-langit

Pastikan bilah kipas berputar berlawanan arah jarum jam. Ini menciptakan angin sepoi-sepoi dan mengalirkan udara dingin ke bawah. Ini adalah cara mudah dan murah untuk menjaga rumah tetap sejuk di musim panas.

Periksa isolasi loteng dan garasi

Bahan isolasi bekerja dengan memperlambat atau menghambat aliran panas (konduktif dan konvektif) di seluruh rumah Anda. Apa artinya ini ketika Anda mencari cara untuk membuat rumah Anda tetap sejuk? Udara yang lebih hangat akan selalu mencari udara yang lebih dingin untuk mencapai keseimbangan suhu—semakin sedikit insulasi di rumah Anda, semakin rentan terhadap suhu ekstrem.

Tutup celah pintu dan jendela

Infestasi serangga dapat membuat bahkan suhu paling ringan tidak dapat ditoleransi. Jika kecoak, semut, atau serangga lainnya adalah pengunjung tetap, itu mungkin berarti rumah Anda tidak sepenuhnya terlindungi dari unsur-unsur tersebut. 

Gunakan cat yang tahan segala cuaca 

Avian Brands dengan resmi mengumumkan aktor laga internasional, Joe Taslim sebagai brand ambassador untuk produk cat eksterior premium, Sunguard All-In-One. Joe Taslim terpilih sebagai brand ambassador melalui persona dirinya yang tangguh, bertanggung jawab, dan dapat diandalkan yang mana seusai dengan karakter produk Sunguard All-In-One dengan UV Shield Pro. 

“Jika Sunguard All-In-One dianalogikan sebagai seseorang, maka Joe Taslim adalah orangnya. Semua orang tahu bagaimana ketangguhan Joe sebagai atlet judo dan aktor laga. Begitu pula dengan Sunguard All-In-One yang mampu memberikan perlindungan penuh pada dinding eksterior rumah dalam segala kondisi cuaca,” kata Ruslan Tanoko, Vice President Director Avian Brands dilansir dari keterangan tertulis. 

Ia menambahkan, perlindungan penuh dari Sunguard All-In-One terletak pada formulasi yang secara terus menerus dikembangkan dan disesuaikan dengan kondisi cuaca di Indonesia, khususnya dalam melawan teriknya panas matahari. 

Sunguard All-In-One kini dilengkapi dengan UV Shield Pro yang mampu memantulkan sinar infra merah matahari hingga 90%, sehingga membantu menurunkan suhu didalam rumah hingga 5°Celcius. Selain itu, UV Shield Pro bekerja menolak sinar UV matahari agar warna cat dinding tetap cerah hingga 15 tahun. 

“Kami menggunakan polimer dengan teknologi self cross link, dimana ikatan polimer pada cat ini justru akan semakin kuat ketika terpapar sinar UV. Inilah yang membuat Sunguard All-In-One dapat memberikan perlindungan hingga 15 tahun,” tutur Angelica Tanisia Jozar, Research, Development, & Innovation Director Avian Brands. 
 
“Sadar ataupun tidak, sinar matahari juga dapat memberikan efek buruk untuk rumah. Kita pasti menginginkan warna cat rumah selalu terlihat bagus, dong. Makanya saya pilih Sunguard All-In-One untuk lawan teriknya matahari,” kata Joe Taslim. 
 
 
 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya