5 Fakta Dora the Explorer, Awalnya Bukan Anak Latin

Dora the Explorer
Sumber :
  • Nickelodeon

VIVA Lifestyle – Kartun Dora the Explorer rupanya sudah berusia lebih dari dua dekade. Serial kartun yang diproduksi oleh Nickelodeon ini pertama kali mengudara pada 14 Agustus 2000. Selain serial, Dora juga menginspirasi serial spin-off dan film live action berjudul Dora and The Lost City of Gold pada tahun 2019.

Polisi Ungkap Narkoba LSD dari Jerman Sasar Remaja di Jakarta, Berbentuk Prangko Motif Kartun

Karakter Dora, Boots si monyet, Ransel, Peta, Swiper si pencuri, dan lain-lain telah menjadi ikon di kalangan anak-anak. Serial kartun ini adalah yang pertama kali menunjukkan seorang Latin dalam peran animasi hingga menginspirasi satu generasi untuk belajar Bahasa Spanyol. 

Dora and The Lost City of Gold

Photo :
  • Dora and The Lost CITY of Gold
Pamer Rambut Baru, Iqbaal Ramadhan Malah Disebut Mirip Dora The Explorer

Segalanya tentang Dora mulai dari potongan rambut bob, kaus merah muda, lagu tema, sampai karakter-karakternya membuat serial ini digemari oleh banyak orang. Anak-anak dengan mudah tertarik dengan kartun Dora karena setiap episodenya menghadirkan cerita untuk memecahkan teka-teki sekaligus mengetahui Bahasa Spanyol. 

Walaupun kartun Dora the Explorer resmi berhenti produksi sejak tahun 2019 silam, karakternya sampai sekarang masih dikenali oleh banyak orang. Dilansir dari Cafemom, berikut 5 fakta tentang Dora the Explorer.

Gibran Pakai Jaket Bermotif Naruto, Pakar Gestur dan Ekspresi Sebut Ada Makna Tersendiri

Debut online sebelum tayang di televisi

Dora the Explorer

Photo :
  • IMDb

Sebelum Dora mengudara di Nick Jr., pihak rumah produksi mempromosikan Dora secara virtual memungkinkan penggemar bersemangat tentang serialnya dan mencari tahu lebih lanjut sebelum dimulai. Rupanya karakter pertama yang mengudara secara daring berbeda dengan yang ada di serial TV.

Nama Dora terinspirasi dari Bahasa Spanyol ‘explorer

Dora the Explorer

Photo :
  • IMDb

Nama Dora rupanya diambil dari Bahasa Spanyol explorer (penjelajah) yakni exploradora. Para eksekutif di Nickelodeon ingin Dora menjadi karakter Latin yang mendorong anak-anak Latin dapat melihat jati diri mereka. Nama belakang Dora yakni Marquez diambil dari nama penulis Latin terkenal bernama Gabriel García Márquez.

Dora mengajarkan Bahasa Inggris di negara lain

Dora the Explorer

Photo :
  • IMDb

Dora the Explorer disiarkan dan diterjemahkan ke lebih dari 31 bahasa. Ia terkenal mengajarkan Bahasa Spanyol di negara-negara berbahasa Inggris (AS, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Irlandia). Di sejumlah negara tidak berbahasa Inggris, Dora mengajarkan Bahasa Inggris.

Pertama kali bertemu Boots saat Swiper mencuri sepatunya

Dora the Explorer

Photo :
  • IMDb

Dalam episode ‘Perjalanan Pertama Dora’, Dora bertemu dengan Boots si monyet ketika ia sedang bermain di luar. Episode tersebut diatur dalam kilas balik yang menceritakan Swiper rubah nakal mencoba mengambil sepatu bot merah yang dikenakan Boots, namun mereka berdua bersama mencoba menghentikan Swiper. 

Awalnya bukan seorang gadis Latin

Dora the Explorer

Photo :
  • IMDb

Pada awalnya ternyata Dora merupakan seorang gadis kulit putih. Namun setelah berunding dan mengetahui kurangnya representasi Latin di media, Nickelodeon menciptakan Dora yang dikenal saat ini. Sampai sekarang bisa dibilang Dora adalah salah karakter Latin yang paling populer di dunia kartun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya