8 Manfaat Sehat Nasi Merah & Bukti Lebih Baik Untuk Diet

Nasi Merah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Nasi merah berasal dari beras merah yang merupakan biji-bijian utuh yang hanya mengalami sekali proses pengelupasan kulit, sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak terbuang. Inilah yang membuat beras merah memiliki lebih banyak nutrisi daripada beras putih. Salah satu nutrisi yang terkandung di dalam beras merah adalah serat.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Mengonsumsi nasi merah lebih banyak dilakukan oleh orang orang yang sedang diet atau sedang menjaga berat badannya. Namun, selain untuk diet, ternyata nasi merah memiliki 8 manfaat baik lainnya: 

Mengontrol Berat Badan

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Manfaat nasi merah yang pertama adalah membantu mengontrol berat badan. Nasi merah mengandung serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang lebih tinggi daripada beras putih, sehingga membuat kenyang lebih lama.

Nasi Merah.

Photo :
  • U-Report
Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi beras merah secara rutin bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Hal ini menjadikan beras merah baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas.

Melancarkan Pencernaan

Nasi Merah.

Photo :
  • U-Report

Bahkan, ternyata selain itu, beras merah juga ternyata mampu untuk membatu pembakaran lemak lebih banyak. Sebuah studi yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta menarik.

Temuan ini mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi makanan rendah kalori telah berhasil mengurangi lebih banyak lemak perut dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi biji-bijian olahan.

Jadi, nasi merah memang akan lebih baik dikonsumsi jika sedang diet. Namun, tentu saja mengonsumsi nasi merah tidak serta merta membuat langsing. Tentu harus dibarengi dengan mengonsumsi makanan kaya serat, mengurangi gorengan, berolahraga secara aktif dan lainnya. 

Jika hanya mengganti nasi putih dengan merah, namun tetap makan dengan porsi yang banyak serta tidak berolahraga, maka hasilnya juga tak akan kelihatan atau tidak maksimal.

Simulasi Makan Siang di Tangerang, Menko Airlangga Hartarto

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan membutuhkan 6,7 juta ton beras per tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024