Tips Atur Keuangan yang Baik, Sisihkan 30 Persen Gaji Buat Ditabung

Ilustrasi asuransi/menabung dan mengelola keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Gaji sebesar apa pun tidak akan cukup jika seseorang tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik. Begitu pun sebaliknya, gaji pas-pasan, jika bisa dimanfaatkan dengan baik, pasti bisa menyisihkan untuk menabung. Bagaimana caranya? 

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Kuncinya adalah disiplin menjalankan perencanaan keuangan. Saat pendapatan atau gaji bulanan diterima, selalu susun perencanaan keuangan dengan disiplin. Yuk, scroll untuk info selengkapnya

Dilansir Capital One, Minggu 11 Juni 2023, cobalah untuk menyisihkan setidaknya 30 persen dari total gaji untuk ditabung, dan segera bayar tagihan dan utang. Lalu, sisanya dapat dibagi untuk pengeluaran lain serta dana darurat.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Khusus untuk dana darurat, bagi yang masih single, jumlah yang perlu dipersiapkan minimal sebesar 3 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan. Misalnya, pengeluaran rata-rata bulanan Rp3 juta berarti dana darurat yang dipersiapkan minimal Rp9 juta. 

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Nah, jika sudah menikah tapi belum memiliki anak, maka jumlah dana yang harus dipersiapkan minimal sebesar 5 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan. Ketika kelak sudah memiliki anak dan jumlah tanggungan lebih banyak, maka jumlah dana darurat harus ditingkatkan. 

Mempersiapkan dana darurat sangat penting untuk berjaga-jaga jika terjadi risiko hilangnya pendapatan misalnya terkena PHK, Anda dan keluarga masih bisa bertahan selama beberapa waktu ke depan jika memiliki dana darurat.

Perlukah memiliki asuransi kesehatan? 
Asuransi kesehatan memiliki peran dan manfaat tersendiri. Dengan memilikinya, akan membantu mengatasi persoalan biaya pengobatan jika masuk rumah sakit, sehingga tidak akan mengganggu kondisi keuangan dan dapat tetap memenuhi kebutuhan lainnya.

Bicara asuransi, memperingati hari jadinya yang ke-48, PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance), meluncurkan kampanye 'Menjadi Bebas' yang memberdayakan pelanggannya untuk menjalani hidup sepenuhnya dan mengejar tujuan mereka, karena Sompo hadir untuk melindungi mereka dan asetnya.

Chief Executive Officer, Sompo Insurance Indonesia, Eric Nemitz, merasa sangat senang merayakan hari jadi mereka yang ke-48. 

Ilustrasi Asuransi Jiwa.

Photo :
  • Ilustrasi Asuransi Jiwa.

"Sebuah pencapaian luar biasa yang menandakan komitmen kami untuk melayani pelanggan, mitra, dan masyarakat. Kami berterima kasih kepada pelanggan yang telah menjadi bagian dari perjalanan kami dan atas kepercayaan mereka pada kami, serta dukungan-dukungan para mitra selama ini," ujar Eric dalam keterangannya, dikutip Minggu 11 Juni 2023. 

Melalui 22 kantor yang tersebar di 20 kota di Indonesia, Sompo mencatat pendapatan tertingginya pada 2022, yang turut membuktikan besarnya kepercayaan yang diberikan oleh pelanggan dan mitra. 

"Kami membuktikan komitmen kami kepada pelanggan dengan memenuhi klaim sebesar Rp0,44 triliun tahun lalu. Hingga saat ini, sebanyak 76 produk ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan berbagai asuransi umum pelanggan," bebernya. 

Selain meluncurkan 'Menjadi Bebas', Sompo juga akan menampilkan cerita pelanggan dan memberikan tips manajemen finansial melalui kampanye digital. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya