Terapkan 3 Strategi Ini Jika Ingin Sukses Berbisnis Kopi

Ilustrasi es kopi susu.
Sumber :
  • Freepik/valeria_aksakova

JAKARTA – Sama seperti bisnis lainnya, membangun bisnis kopi juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Jika tidak tahu kuncinya, bukan tidak mungkin bisnis yang Anda bangun akan gulung tikar. 

Pecinta Hewan Merapat, Jakarta Pet Expo 2024 Akan Hadir di Kemayoran!

Vico Lomar, CEO sekaligus Co-founder, Fore Coffee, pun turut membocorkan tiga langkah strategis yang bisa menjadi kunci keberhasilan dalam berbisnis kopi. Tujuannya, untuk memantapkan jangkauan bisnis dan mencetak berbagai prestasi serta pencapaian yang spektakuler guna capai profitabilitas usaha. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Yaitu mendorong kualitas produk unggulan dengan inovasi Litbang, memberdayakan sumber daya manusia bermutu, serta menargetkan pembukaan gerai terbaru," ujar Vico dalam keterangannya, dikutip Kamis 15 Juni 2023. 

Dari Dokter Hingga Pengusaha, Perjalanan Inspiratif Daniel Tanri Rannu

Lebih lanjut Vico mengatakan, strategi bisnis mereka mengacu pada peta profitability, walaupun 50 persen gerai mereka non-fungsi, karena terhantam badai pandemi sepanjang 2020 hingga 2021.

Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Masyarakat Indonesia pada Kopi

"Kami akhirnya kembali mengarahkan ke jalur semula, yaitu bisnis yang menyediakan produk makanan dan minuman unggulan berkualitas yang sesuai dengan selera konsumen Indonesia. Serta, reposisi citra merek sehingga menjadi minuman trendi yang ramah di kantong konsumen keluarga Indonesia," ungkapnya. 

Berbuah lezat, pencapaian positif EBITDA pada Q3 2021 jadi bukti nyata kepiawaian manajemen di bawah pimpinan Vico Lomar dalam mengeksekusi berbagai langkah strategis demi mencapai tujuan bisnis. 

Salah satu faktor kunci mencapai kinerja positif adalah pemangkasan anggaran promosi hingga 50 persen di tahun 2021, 30 persen di tahun 2022, dan lebih lanjut 20-30 persen di tahun 2023.

“Sepanjang tahun 2022, Fore Coffee telah membuktikan komitmen untuk jadi teladan semangat kepeloporan dan inovasi berbasis pelanggan yang merupakan bagian dari nilai integritas merek," kata dia. 

"Selain menciptakan dan menawarkan produk sesuai selera setiap keluarga di Indonesia, kami juga dorong kemudahan dan keterjangkauan produk dengan senantiasa menciptakan produk minuman musiman sembari terus mendorong produk unggulan kami,” sambungnya. 

Ilustrasi kopi.

Photo :
  • U-Report

Menurut Vico, produk minuman unggulan menjadi instrumen promosi paling efektif. Produk tersebut telah berhasil jadi pembawa pesan kualitas produk yang disajikan kepada masyarakat Indonesia. 

"Itulah sebabnya fokus kami terletak pada Litbang Produk yang intensif dan berkelanjutan, sehingga kami dapat ciptakan tren baru dan senantiasa memperkenalkan produk-produk baru yang akan jadi kegemaran masyarakat,” tukas Vico.

Produk unggulan atau signature Fore Coffee sepanjang tahun 2022, antara lain Aren Latte, Pandan Latte hingga Butterscotch Sea-Salt Latte.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya