Berburu Air Kencing dan Susu Unta di Hudaibiyah, Apa Manfaatnya?

susu dan air seni, air kencing unta
Sumber :
  • MCH 2023

JEDDAH – Bukan hanya mengunjungi tempat-tempat ziarah, peternakan unta juga sering jadi tujuan wisata para jemaah haji Indonesia di sela-sela kegiatan ibadahnya di Tanah Suci. Yang diburu bukan cuma dagingnya, tapi juga air kencing atau air seni dan juga susu unta.

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

Maka sering ada ungkapan, 'Tak Lengkap Rasanya ke Tanah Arab, Tanpa Melihat Hewan Ikonik Padang Pasir, Unta'. Terletak di Hudaibiyah, Asyuraeek dan Ja'ronah, peternakan atau ladang unta ini sering dikunjungi para jemaah haji Indonesia. 

Peternakan Unta di Hudaibiyah

Photo :
  • MCH 2023
Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Bukan hanya sekadar melihat unta, pemandangan di pertenakan ini juga indah di tengah hamparan pasir luas dan tandus dengan bukit batu cadas di sekelilingnya. Berjarak 22 kilometer dari Mekkah, lokasinya tepat berada di tengah di antara Kota Mekkah dan Jeddah. 

Peternakan unta terbuka ini dijaga para penggembala berasal dari Sudan dan menetap di gubuk tak jauh dari ternak mereka. Unta-unta ini dirawat untuk dijadikan ladang bisnis mereka. Mulai dari dagingnya, susu bahkan air seni unta juga diperjualbelikan.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Peternakan unta

Photo :
  • MCH 2023

Peternakan unta

Photo :
  • MCH 2023

Mereka meyakini begitu banyak manfaat dari air susu dan juga air seni unta. Hewan ini juga tahan hidup hingga 7 bulan tanpa minum air.  

"Kencingnya ini bisa untuk mengobati gatal-gatal, untuk cegah rambut rontok, dan kalau penyakit dalam bisa dicampur sedikit ke dalam susu untuk bersihkan kotoran di perut," kata pemandu wisata menerjemahkan penjelasan penggembala unta. 

Susu Unta

Photo :
  • MCH 2023

Susu Unta

Photo :
  • MCH 2023

Sementara susu unta, diyakininya bisa meningkatkan stamina hingga mengobati paru-paru kotor. "Manfaat susu unta 100 persen untuk menambah stamina, untuk mengobati paru-paru kotor," kata penggembala lagi. 

Harga air seni unta pun cukup mahal, ini lantaran unta merupakan hewan yang jarang berkemih atau buang air kecil. "Unta gak sembarangan kencing, unta ini satu minggu ga minum kuat.

Susu unta

Photo :
  • MCH 2023

Karena tertarik dengan cerita di balik manfaat air seni dan susu unta, tak sedikit wisatawan yang mampir ke peternakan unta untuk membeli susu dan air seni unta. 

Para penggembala biasa menjual susu unta perahan seharga 5 Riyal atau setara Rp20 ribu per botol ukuran 330 mililiter. Sementara air seni unta dijual lebih mahal dari susunya karena unta jarang sekali buang air kecil. Harga sebotol air seni unta ukuran 330 mililiter 20 Riyal atau setara Rp80 ribu. 

Bukan hanya susu dan air seni yang dijual, hati unta juga sering ditawarkan pada para wisatawan. Hati unta ini diyakini bisa mengobati asma juga menambah energi pada tubuh. 

hati unta

Photo :
  • MCH 2023
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya