300 Seniman Siap Meriahkan Pagelaran Sabang Merauke, Ada Isyana Sarasvati Hingga Ivan Gunawan

Pagelaran Sabang Merauke
Sumber :
  • Ist.

JAKARTA – Pertunjukan seni dan budaya bertajuk Pagelaran Sabang Merauke akan kembali diselenggarakan di tahun 2023 ini. Pagelaran ini menampilkan live performance, menggabungkan berbagai seni musik dari lagu daerah dan lagu nasional, tarian tradisional dan modern, busana khas daerah dan etnik Indonesia. 

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Pagelaran Sabang Merauke, juga digelar agar terus memberi ruang serta dukungan untuk dunia pertunjukkan seni dan budaya Tanah Air. Acara ini dinilai sebagai sebuah pertunjukan yang mampu memperlihatkan harmonisasi seni dan budaya dari seluruh Indonesia. Gelaran itu juga diharapkan dapat semakin menarik perhatian masyarakat khususnya generasi muda agar lebih mencintai budaya bangsa. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Ferdinandus Aming Santoso, CEO & Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group, mengatakan, pagelaran Sabang Merauke bukan sekadar pertunjukan seni dan budaya, namun di dalamnya juga mengusung semangat persatuan yang akan selalu relevan bagi kita sebagai bangsa Indonesia, khususnya untuk generasi muda Indonesia. 

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

"Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus menyelenggarakan Pagelaran Sabang Merauke sebagai sarana pengenalan berbagai budaya Tanah Air kepada generasi muda,” kata Ferdinandus dalam keterangannya, dikutip Kamis 15 Juni 2023.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Pagelaran Sabang Merauke tahun ini mengambil tema Pahlawan Nusantara, serta digelar lebih megah dan spektakuler karena melibatkan lebih dari 300 seniman Indonesia. Selain itu, berbagai tarian tradisional dan modern yang dipertunjukkan secara kolosal akan mengiringi 31 lagu daerah dan nasional, yang akan dipersembahkan oleh musisi ternama Tanah Air, antara lain Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, dan yang lainnya.

Selain musisi, Pagelaran Sabang Merauke juga melibatkan desainer ternama yang akan menghadirkan karyanya dalam peragaan busana etnik Indonesia. Desainer itu salah satunya adalah Ivan Gunawan hingga Miss Grand Indonesia 2023, Ritassya Wellgreat juga akan ambil bagian.

“Pagelaran Sabang Merauke akan tetap mempertahankan konsepnya sebagai pertunjukan kolosal seni dan budaya Indonesia. Para desainer terkemuka di Indonesia seperti Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, Iwan Tirta, akan menghadirkan karyanya dalam peragaan busana etnik Indonesia, yang nantinya akan diperagakan oleh Miss Mega Bintang 2023 serta Miss Grand Indonesia Ritassya Wellgreat," beber Silvi Liswanda, Wakil Presiden Direktur iForte.

"Sehingga nantinya diharapkan dapat menimbulkan kebanggaan yang lebih besar terhadap budaya bangsa kita serta bermanfaat untuk kehidupan bangsa yang lebih harmonis,” sambungnya.

Di sisi lain, Isyana Sarasvati mengaku antusias dan bangga karena dilibatkan sebagai pengisi acara Pagelaran Sabang Merauke. Ia tidak sabar untuk memberi penampilan terbaik.  

Isyana Sarasvati

Photo :
  • instagram @isyanasarasvati

"Tentu senang dan bangga sekali bisa terlibat dalam Pagelaran Sabang Merauke. Saya pribadi jadi semakin mengenal lebih banyak lagi kekayaan seni dan budaya Indonesia yang luar biasa. Bersama teman-teman seniman lainnya tentu saya ingin memberikan penampilan yang terbaik dalam Pagelaran Sabang Merauke nanti,”  kata Isyana Sarasvati.

Rencananya, Pagelaran Sabang Merauke 2023 yang juga didukung BCA ini, akan diselenggarakan di JIEXPO Theater Kemayoran pada 19-20 Agustus mendatang dengan total 4 kali show.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya