Mimpi Tikus, Ustaz Khalid Basalamah Peringatkan akan Terjadi Hal Buruk Ini

Ustaz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Youtube KHB

JAKARTA – Tikus, hewan pengerat yang kerap mengganggu di rumah, ternyata juga dianggap buruk oleh agama Islam. Dalam agama Islam, tikus sendiri diberi istilah fuwaisiqoh. Apa artinya? 

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Pendakwah Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan, fuwaisiqoh artinya hewan yang buruk sehingga diperbolehkan untuk dibunuh. Yuk, scroll untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

"Bahkan dikatakan oleh Ibu Sirin Rahimahullah dalam buku beliau Takwil Mimpi, diambil dari hadis SAW, semua hewan yang boleh dibunuh dalam agama, termasuk tikus di sini, kalau seseorang mimpi melihat tikus berarti dia mimpi keburukan," jelas Ustaz Khalid dalam video yang diunggah di Youtube Al-Fadani, dikutip VIVA, Jumat 16 Juni 2023. 

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

"Dan Ibnu Sirin menekankan dalam banyak ashar yang shahih bahwasanya kalau laki-laki mimpi tikus, kalau dia mau menikah atau hidup dalam kehidupan sosialnya, berarti ada wanita yang buruk sedang mendekati dia," sambungnya. 

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Sebut Anak Perempuan Tak Boleh Beri Nafkah Ke Ayahnya Jika...

Ustaz Khalid menyimpulkan, dalam Islam, tikus adalah simbol buruk, bukan simbol baik. Lalu, bagaimana jika wanita yang bermimpi tentang tikus? 

"Kalau perempuan mimpi (tikus) dia mau nikah, kemudian dia mimpi misalnya istiqarah, dia mimpi tikus mendekati dia, apalagi menggigit bajunya, berarti laki-laki itu buruk. Begitu pemahamannya dalam Islam," tuturnya. 

Nabi Muhammad SAW bahkan memerintahkan untuk memadamkan lampu saat malam hari, agar fuwaisiqoh atau tikus tidak datang mengganggu. 

"Pernah Umar bin Khattab membawa kepada Nabi SAW, seekor tikus yang ditangkap di rumah beliau. Oleh Umar bin Khattab dipegang, dibungkus dan dibawa. Dikatakan, 'Ya Rasulullah ini tadi mengganggu di rumah saya boleh saya bunuh?' Kata Nabi SAW, boleh," ungkapnya. 

Ternyata pada saat itu, ketika Nabi sedang duduk ada sumbu atau lampu yang pakai api, kemudian tikus tadi ditaruh di depan Nabi Muhammad, dia berjalan bukan lari, lalu menarik sumbu tersebut. Apa yang terjadi? 

Ilustrasi tikus.

Photo :
  • Pexels/Ralph

"Jatuhlah api tadi membakar sajadah Nabi SAW, mengenai kain yang Beliau pakai salat. Lalu kata Nabi, 'Sesungguhnya tikus-tikus ini ditunggangi oleh syaiton untuk merusak barang-barang kalian sebagaimana kalian liat sekarang'," kata dia. 

Oleh karena itu, tikus dianggap sebagai simbol buruk dalam agama Islam, termasuk karakter kartun sekalipun seperti Mickey Mouse

"Apa yang antum ambil pelajaran dari kisah Mickey Mouse? Dari kisah kosong, bohong, fiktif, demi Allah ikhwan merusak akidah antum. Berapa banyak orang Islam yang buat kamar anaknya Mickey Mouse? Inu bukan main-main, masalahnya ini menjadi penghalang akidah. Antum jadi gak bisa memahami hal-hal gaib seperti ini, karena kita terkontaminasi dengan cerita fiktif, dongeng yang bohong," tutup Ustaz Khalid Basalamah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya