Pentingnya Portofolio, Bantu Masyarakat Dapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

ilustrasi bekerja
Sumber :
  • freepik/Drazen Zigic

JAKARTA – Pada Februari 2023, hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), menunjukkan adanya peningkatan dalam jumlah angkatan kerja di Indonesia, mencapai 146,62 juta orang. 

Halal Bi Halal Serikat Pekerja Pelindo, Serukan Semangat Konsolidasi

Selain itu, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) juga mengalami penurunan sebesar 0,38 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tentunya, hal ini menunjukkan tren positif atas kesiapan tenaga kerja untuk berpartisipasi dalam perekonomian Indonesia. Salah satu lantaran program prakerja. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Prakerja merupakan program berbasis pengembangan kompetensi kerja serta kewirausahaan bagi pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja yang memerlukan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha kecil dan mikro.

Prakerja membuka gelombang setiap dua minggu agar masyarakat mendapat kesempatan lebih besar untuk menjadi peserta. Melalui Prakerja, pemerintah memberikan kesempatan akses pelatihan bagi angkatan kerja di Indonesia.

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

ilustrasi multitasking/bekerja

Photo :
  • freepik/gpointstudio

Program ini juga merupakan bagian dari kolaborasi antara pemerintah dengan pihak swasta seperti Karier.mu dalam memberikan pelayanan akses kepada masyarakat dengan semangat gotong royong untuk sumber daya manusia yang unggul.

Executive Director, Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengungkapkan Program Kartu Prakerja hadir sebagai bukti bahwa Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk belajar sepanjang hayat, tidak hanya terhenti pada pendidikan formal. 

Ekosistem Prakerja menyediakan berbagai pelatihan hardskill dan softskill untuk pekerja maupun pelaku wirausaha, mendukung peningkatan literasi keuangan, serta mendorong gaya hidup sehat.

“Prakerja membawa angkatan kerja kita untuk naik level, sustainable dan bermartabat dengan memiliki pemahaman yang mendalam terhadap 3 hal penting tersebut sehingga dapat menjadi angkatan kerja yang produktif, baik mereka yang bekerja sebagai karyawan, pelaku UMKM, maupun yang saat ini menganggur. Dalam tiga tahun sudah 17 juta peserta di 514 kabupaten/kota mendapatkan manfaat Prakerja,” kata Denni mengutip keterangan resminya.

Ilustrasi Tenaga Kependidikan Sedang Bekerja (sumber : viva.co.id)

Photo :
  • vstory

Sementara itu dirinya juga mengungkapkan bahwa penting bagi angkatan kerja untuk membangun portofolio dengan kelengkapan sertifikat pelatihan informal yang sesuai dengan bidang terkait untuk melamar pekerjaan.

“Saya mengharapkan mengajak teman-teman membangun portofolio. Jika tidak hanya pendidikan formal, tapi yang nonformal itu menjadi bagian dari portofolio tentang diri kita sehingga kita bisa lebih siap untuk melamar pekerjaan atau saat berpindah pekerjaan,” kata dia.

Sementara itu, Najeela Shihab mengatakan konsep lifelong learning, menjadi pelajar sepanjang hayat, sangat lekat dengan Karier.mu.

“Itulah sebabnya, kami berkolaborasi dengan ratusan lembaga kursus maupun vokasi dari berbagai penjuru negeri, untuk mengembangkan kompetensi bekerja dan berwirausaha, yang dapat diikuti siapapun, kapanpun,” kata Najeela. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya