Setop Perkawinan Anak! Kehamilan Tak Diinginkan Picu Depresi Baru

Ilustrasi kekerasan
Sumber :
  • www.pixabay.com/Counselling

BALI – Pernikahan dini menjadi kasus yang dianggap serius oleh pemerintah terutama bagi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia. Meskipun dipicu oleh berbagai faktor, perkawinan anak dengan usia terlalu muda akan menimbulkan berbagai dampak buruk bagi anak yang bersangkutan.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Beberapa faktor pemicu perkawianan anak di bawah umur antara lain, faktor sosial, ekonomi, kurangnya kesadaran dalam pendidikan, pergaulan, bahkan konflik keluarga dan kehamilan yang tidak diinginkan. Yuk, scroll untuk info lengkapnya.

Ketua LSM Bali Sruti Luh Riniti Rahayu mengungkapkan, jumlah perkawinan anak di Indonesia tidak pernah terungkap di permukaan. Namun, kondisi seperti itu banyak ditemukan di tengah masyarakat, bahkan juga terjadi di wilayah Provinsi Bali.

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Riniti mengatakan, secara aturan, pernikahan di Indonesia hanya bisa dicatatkan pada usia di atas 19 tahun. Di bawah usia tersebut masuk dalam kategori anak-anak.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

"Tidak ada data yang jelas dan riil tentang perkawinan anak, karena tidak bisa didaftarkan. Maka, tidak pernah terungkap data pastinya berapa," kata Luh Riniti di Denpasar, Rabu, 12 Juli 2023.

Sebagai lembaga pendamping untuk perempuan dan anak, LSM Bali Sruti melihat, kondisi itu cukup memprihatinkan. Mengingat, anak yang menjalani pernikahan dan melahirkan akan mendapatkan banyak kendala saat menjalani kehidupan sosial mereka.

"Rata-rata itu terjadi akibat kehamilan yang tidak diinginkan dan itu jadi sumber depresi baru," jelasnya.

Secara legalitas, anak yang dilahirkan dari hasil pernikahan dini hanya tercatat nama ibu. Sedangkan nama bapak, dikatakan Riniti, akan dihilangkan karena aturan tidak membolehkan.

LSM Bali Sruti menggelar kampanye menghentikan perkawinan anak dengan menggandeng sepuluh organisasi kemasyarakatan. Termasuk, menghadirkan anak-anak yang mendapatkan pendampingan oleh sejumlah yayasan di bidang perempuan dan anak.

Pernikahan dini (Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Yasir

Ketua Yayasan Lentera Anak Bali Anak Ayu Sri Wahyuni mengungkapkan, dalam pendampingan masyarakat untuk wilayah Karangasem, pihaknya menemukan fakta bahwa pelaku pernikahan muda tidak menemukan kenyamanan. Bahkan, cenderung menemukan kesulitan.

"Orangtua tidak ada solusi karena mereka telah tiga generasi hidup di jalan. Circle-nya kembali ke tiga generasi dengan pernikahan muda dan pekerjaan yang paling mudah dilakukan," jelas Sri Wahyuni.

Sementara, Ketua Institut Kapal Perempuan Misiyah mengungkapkan, perkawinan anak menjadi bentuk dari kekerasan seksual. Menurutnya, banyak tantangan yang dihadapi untuk mencegah perkawinan anak terjadi di tengah masyarakat.

Dikatakan Misiyah, tantangan terbesar untuk mencegah perkawinan anak karena ada dispensasi yang diberikan oleh Pengadilan Agama dalam menghadapi kasus pernikahan dini.

"Si anak kemudian dikabulkan menikah karena mengaku telah hamil misalnya, tanpa pembuktian USG. Kemudian diberikan dispensasi untuk menikah," jelas Misiyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya