Rayakan Ultah ke-80, IKEA Telah Jalin Kerjasama dengan UMKM Indonesia Selama Lebih Dari 20 Tahun

IKEA.
Sumber :
  • Pexels/Alexander Isreb

VIVA Lifestyle – Masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing dengan toko kebutuhan rumah asal Swedia, IKEA. Bagaimana tidak, segala perabotan rumah, dengan toko yang mumpuni sert penjualan daring yang compact, membuat IKEA menjadi salah satu pilihan top tier untuk perabotan. 

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah

Nah baru ini, IKEA merayakan 80 tahun kehadirannya di dunia, sejak didirikan pada 28 Juli 1943 oleh Ingvar Kamprad di Smaland, Swedia. 

Seperti banyak diketahui awam, IKEA pertama kali membuka toko besarnya di Alam Sutera, Tangerang pada 2014 silam. Namun, yang jarang diketahui, bahwa sebenarnya IKEA telah hadir di Indonesia jauh sebelum itu, tepatnya lebih dari 20 tahun yang lalu pada 21 Agustus 1990, namun belum membuka toko sebesar kini. 

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Perayaan Ulang Tahun IKEA ke-80 tahun

Photo :
  • VIVA.coid/Tamara

"Kami sangat senang selama 80 tahun keberadaan IKEA di dunia dan lebih dari 20 tahun di Indonesia, IKEA telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang lebih baik di rumah," ungkap Ririn basuk, PR and Communication Manager IKEA Indonesia di IKEA Alam Sutera, Selasa, 25 Juli 2023. 

Pembakar Al Quran Salwan Momika Ditangkap di Norwegia, Bakal Dideportasi ke Swedia

Pada 1990 IKEA hadir melalui IKEA Supply yang mana menjalin kerjasama dengan mitra lokal yang akan menjadi pemasok IKEA. Bahkan, sejak 1992, produk Made in Indonesia masuk ke jaringan distribusi IKEA. 

Perayaan ke-80 IKEA juga dihadiri oleh Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg. Dalam kata sambutannya, Dubes Marina mengungkapkan bahwa IKEA menjadi salah satu jalinan kerjasama bisnis masif antara Indonesia dengan Swedia. 

"IKEA menjadi salah satu partner bisnis besar antara Swedia dengan Indonesia. Ini adalah sebuah kehormatan untuk saya bisa merayakan 80 tahun IKEA di sini," ungkapnya. 

Selain itu, hadir pula kepala Purchasing IKEA Southeast Asia Giafar Safaverdi, yang sempat menceritakan awal mula IKEA masuk ke Indonesia dan hanya memiliki satu suplier hingga kini bisa sebesar sekarang di Indonesia. "Kini kami memiliki 18 suppliers serta 500 articles," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya